5 Bisnis Online Terlaris dan Beromzet Besar di Indonesia

Iklan 728x90

5 Bisnis Online Terlaris dan Beromzet Besar di Indonesia

Bisnis online pada zaman sekarang telah berkembang dan tumbuh pesat. Di era industri 4.0, dunia internet telah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Revolusi digital berdampak besar bagi perubahan dunia karena sebagian besar sistem yang ada di dunia ini terintegrasi dengan internet. Dengan internet pula, berbagai kemudahan akan didapatkan manusia, seperti belanja online.

Belanja online terkait erat dengan pertumbuhan ecommerce yang menjual berbagai barang kebutuhan dari A sampai Z. Kita hanya perlu menggunakan smartphone untuk membeli barang kebutuhan yang kita inginkan. Tentunya, pembaca ZhinkaDiary.com juga sering atau terkadang membeli barang melalui situs belanja online, entah itu Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Jd.id dan sebagainya.

Bisnis online paling laris

Tak hanya kemudahan yang didapatkan pembeli, pun bagi penjual mereka dapat menjual barang dagangannya tanpa harus mendirikan toko offline. Pasalnya, memiliki toko offline berbiaya mahal dan tak cocok untuk pedagang kecil yang baru berjualan. Keberadaan ecommerce semacam Bukalapak atau Tokopedia inilah yang membawa dampak positif bagi pebisnis kecil atau UKM.

Dengan kemudahan ini, semua transaksi berlangsung melalui gadget. Tapi jika kamu hendak membangun brand produkmu melalui ecommerce seperti Tokopedia atau Bukalapak, kamu harus memperhatikan harga dan mutu produk. Pasalnya, harga di ecommerce sangat bersaing, sehingga jika kamu menjual produk yang serupa dengan harga lebih mahal, maka konsumen akan lebih memilih harga yang murah.

Akan tetapi, bisnis online yang kamu jalankan tidak hanya terbatas menjajakan dagangan di ecommerce saja, melainkan juga bisa menggunakan platform media sosial. Nah, di media sosial ini memiliki keleluasaan memperdagangkan produk kamu, karena kamu hanya cukup mengeluarkan modal untuk biaya kuota internet. Selebihnya, kamu harus menggunakan kreativitas untuk menarik minat pembeli.

Media sosial seperti Facebook dan Instagram sekarang ini menjadi wadah bisnis online yang cukup menjanjikan dan bisa menghasilkan omzet besar bagi pebisnis. Dalam artikel ZhinkaDiary.com ini, kamu bisa mengikuti tren bisnis online yang terlaris. Apa saja bisnis online tersebut? Terus baca artikel ini ya.

1. Bisnis busana muslim

Bisnis busana muslim
Sumber gambar: Instagram/busana_hijab_store

Bisnis busana muslim cukup menggiurkan karena omzetnya yang besar. Betapa tidak, industri busana muslim termasuk salah satu pembangun ekonomi kreatif di Indonesia. Bahkan jadi penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi dalam skala nasional. Potensi bisnis ini bisa berkembang lantaran daya beli masyarakat Indonesia terhadap busana muslim terus meningkat dan lagi semenjak jualan online berkembang, penjualan produk-produk ini juga bertambah dari tahun ke tahun.

Apalagi jika kita memperhatikan bahwa demografi penduduk Indonesia sebagian besar adalah muslim, sehingga bisnis online busana muslim tidak akan sepi peminat. Faktor inilah yang membuat banyak pebisnis yang memulai jualannya melalui platform media sosial Instagram. Lihat saja, jika kamu mengetik kata “hijab” atau “mukena”, maka akan bermunculan akun-akun yang menjual produk-produk tersebut.

Baca juga: Ide Bisnis: Usaha dengan Modal 300 Ribu

Jika kamu hendak membuat produk secara homemade tentu lebih menarik ketimbang menjual produk orang lain. Apalagi ditambah kreativitas dalam proses pembuatannya, produk kamu bisa laris manis. Kamu bisa mempelajari akun-akun penjual busana muslim yang laku keras, perhatikan produk yang mereka jual, termasuk inovasi apa yang mereka ciptakan. Namun jika kamu belum bisa membuat produk sendiri, kamu bisa mencoba menjual produk yang kamu ambil dari agen atau jadi supplier terlebih dahulu.

2. Bisnis masakan rumahan

Bisnis masakan rumahan
Sumber gambar: Instagram/homade.indonesia

Kamu hobi masak? Semua yang kamu masak enak di lidah orang lain? Nah, inilah modal utama kamu untuk berbisnis masakan rumahan. Tren orang-orang kantoran yang mengonsumsi masakan rumahan bukanlah hal yang baru saat ini. Mereka mengurangi konsumsi junk food karena tak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang. Selain itu, masakan rumahan juga terjamin dalam mutu dan proses pembuatannya sehingga serupa dengan membawa bekal rumah untuk makan siang di kantor.

Kalau kamu berminat mencoba bisnis kuliner rumahan ini, kamu bisa dengan mendaftarkannya ke Go-Food atau GrabFood sehingga orang-orang di wilayah rumahmu bisa mendeteksi keberadaan warung masakanmu. Perhatikan juga cara pengemasan atau packing agar menarik bagi pembeli. Sebab, packing bukan hanya soal estetika saja, tetapi juga menjaga agar makanan yang dikemas jadi aman dan sampai ke tangan pembeli dengan selamat. Kamu juga bisa melihat beragam packing makanan yang menarik dengan membaca artikel “11 Ide Kemasan Makanan Unik dan Kreatif”.

Untuk skala besar, kamu bisa mempelajari bagaimana Homade.id berbisnis masakan rumahan. Ada banyak pilihan jenis makanan dan harga paketan yang bisa disesuaikan dengan kantong dan selera. Dengan demikian, bisnis kuliner bisa dimulai dari rumah. Asalkan kamu hobi masak dan rasa masakanmu enak, itu sudah cukup untuk memulai bisnis masakan. Selebihnya, jika kamu ingin meningkatkan skala bisnis, kamu bisa merekrut orang yang juga pandai memasak, seperti Homade.id yang juga memberdayakan ibu-ibu rumahan untuk berkreasi dan mendapatkan uang tambahan.

3. Bisnis minuman kopi

Bisnis minuman kopi
Sumber gambar: Instagram/kopiketje

Selain masakan rumahan, bisnis online yang laris dan beromzet besar saat ini adalah jualan minuman kopi. Minuman kopi ini berbeda dengan yang ada di kafe atau kedai-kedai kopi lainnya. Tetapi kopi yang dijual adalah minuman kopi homade alias racikan sendiri. Saat ini minuman kopi kemasan sangat menjamur sehingga kalau kita cari melalui GrabFood ataupun Go-Food di setiap wilayah ada saja yang menjual minuman kemasan kopi ini.


Baca juga: Bisnis Online Tanpa Modal? Yuk Intip Apa Aja sih!

Rasanya? Jangan ditanya, sebagian besar enak-enak loh. Kopi tidak hanya menjadi komoditas yang diperjualbelikan di tempat-tempat tertentu saja, tetapi kopi telah menjadi minuman yang sangat populer dan bisa diminum siapa saja serta kapan pun dan di mana pun. Packing kopinya juga sangat menarik, umumnya menggunakan kata-kata yang kocak dan menghibur, sehingga sembari menikmati rasa kopi dingin yang nikmat juga disuguhi kalimat-kalimat lucu dari kemasan kopi. Tren seperti ini juga harus kamu perhatikan bagaimana bisnis online minuman kopi telah menjadi gaya hidup anak-anak muda sekarang.

Lihat saja, contohnya akun Instagram @kopiketje yang tampak dari pilihan rasa dan tampilannya sungguh menggoda. Pemiliknya juga menamai pilihan rasa kopi dengan unik, seperti es kopi stella, es kopi hitam ndeso, es kopi susu ndeso, es kopi skico. Itu hanya satu contoh saja, kamu bisa menemukan banyak akun-akun penjual minuman kopi kemasan yang unik-unik dari segi rasa dan packing.

4. Bisnis kue ulang tahun anak

Bisnis kue ulang tahun anak
Sumber gambar: Instagram/bake.ground

Memiliki kepandaian membuat kue adalah sebuah berkah. Mengapa? Karena kamu bisa mencoba berbisnis kue ulang tahun. Pada dasarnya, semua produk apa pun yang berkaitan dengan kebutuhan anak-anak memang selalu diburu. Nah, begitu pun dengan kue ulang tahun, jika memang menarik, lucu, dan unik tentunya akan dicari-cari orang.

Kepandaian membuat kue tidak semua orang miliki, tetapi bukan halangan untuk kamu mencoba bisnis ini. Bisa saja kamu sebelum memulai bisnis bisa mengikuti kursus membuat kue. Hasil dari kursus inilah yang menjadi modal utama kamu dalam mendirikan bisnis kue ulang tahun.
Bisnis kue ulang tahun anak bisa kamu mulai di Instagram. Untuk itu, perlu kreativitas berlebih agar hasil kreasimu benar-benar dilirik calon pembeli. Sebab, jika kue buatanmu biasa-biasa saja, tentu tak ada orang yang meliriknya. Apalagi kue ulang tahun tersebut ditujukan kepada anak-anak, jadi tampilan kue memang harus menarik si anak.

Kalau penasaran, kamu bisa mengecek terlebih dahulu di akun-akun Instagram penjual kue ulang tahun anak dengan mengetikkan hastag, seperti #kueulangtahun atau #kueulangtahunanak. Perhatikan bagaimana mereka memberikan tampilan yang istimewa pada kue, apakah menggunakan karakter yang sedang tren, ataukan memadukan warna-warna yang menarik minat anak-anak.

5. Bisnis smartphone dan aksesorisnya

Bisnis smartphone dan aksesorisnya
Sumber gambar: Instagram/triwulancell

Membuka usaha jual smartphone dan aksesorisnya adalah pilihan bagus pada saat sekarang. Namun bisnis HP dan barang elektronik lainnya selain membutuhkan modal yang tidak sedikit, juta mengandalkan kepercayaan yang besar dari pembeli. Bisa saja sih, misalnya, kamu menjual melalui Instagram. Namun belum terlalu laris, karena kamu harus menciptakan kepercayaan pembeli terlebih dahulu agar mereka tertarik untuk membeli.

Berbeda halnya jika kamu sudah siap membangun brand toko online HP kamu dengan membuat situs web ecommerce secara mandiri, atau kalau belum punya modal besar bisa menumpang di lapak-lapak semacam Tokopedia atau Bukalapak. Perlu kamu ketahui bahwa bisnis jual-beli HP cukup berat karena begitu banyaknya pesaing dan perusahaan besar yang menjualnya. Kalau harga yang kamu tawarkan tidak kompetitif, maka kamu harus siap barang jualan kamu menganggur begitu saja.

Lihat saja, contohnya pusatgrosiraksesorishp.com yang membuka toko online tetapi tetap membuka toko di lapak-lapak Tokopedia dan Bukalapak untuk memperoleh kepercayaan pembeli yang masih ragu membeli di situs web-nya. Padahal, jika kita lihat situs web pusatgrosiraksesorishp.com sudah profesional karena sudah memenuhi standar ecommerce.

Bisnis smartphone dan aksesorisnya bisa mendatangkan omzet yang besar jika terdapat kepercayaan yang besar dari pembeli. Akan tetapi, jualan online barang elektronik agaknya gampang-gampang susah, karena kerap terjadi kasus penipuan: uang sudah ditransfer, tetapi barang tidak dikirim. Karena itu, situs ecommerce seperti Tokopedia dan Bukalapak dapat menjembatani pembeli dan penjual agar tidak terjadi kasus penipuan.

Kamu yang ingin mencoba menjual HP dan aksesorisnya bisa memulai berjualan online melalui situs ecommerce karena jika menjualnya langsung di Facebook atau Instagram, orang belum bisa percaya membeli atau memastikan tidak adanya kasus kecurangan atau penipuan. Untuk itu, bagi pemula disarankan membuat lapak di situs ecommerce yang sudah tepercaya dan ramai aktivitas jual-belinya.

Kesimpulan

Kelima bisnis online terlaris dan beromzet besar di atas merupakan beberapa contoh bahwa dunia bisnis sekarang ini tumbuh dan bergerak bersama dengan kemajuan internet dan munculnya platform media sosial. Kamu pun harus dapat menerapkan strategi penjualan online agar kunjungan pembeli dapat meningkatkan konversi penjualan. Manfaatkan hobi kamu di rumah dengan menciptakan bisnis online yang sesuai dengan passion kamu. Selamat mencoba!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post