Ide Bisnis: Usaha dengan Modal sebesar 300 Ribu!

Iklan 728x90

Ide Bisnis: Usaha dengan Modal sebesar 300 Ribu!

Memulai bisnis kadang tidak mudah karena banyak pertimbangan termasuk dalam mencari modal. Namun sebenarnya modal bisnis bisa kita sesuaikan dengan kemampuan finansial kita. Jangan sampai masalah modal membuat kita tak jadi memulai bisnis yang kita impikan.

Bermimpi berbisnis A, B, atau C juga boleh-boleh saja. Namun kenyataan ketika dompet tidak tebal juga perlu diperhatikan. Setidaknya, jika kamu sudah berniat menjadi pebisnis, meskipun dalam taraf kecil dan mencoba-coba, tak ada salahnya memulai dengan modal yang seadanya.

Ide Bisnis: Usaha dengan Modal sebesar 300 Ribu!

Katakan saja, modal yang kamu miliki hanya 300 ribu, maka jika kamu hendak memutarnya juga bisa kok. Asalkan kamu bisa menyesuaikan modal dan bisnis yang kamu jalani. Tetapi mungkin kamu bingung: bisnis apa yang bisa berjalan dengan hanya modal 300 ribu.

Namun, kamu juga bisa membaca artikel "Bisnis Online tanpa Modal" untuk kamu yang benar-benar tidak memiliki modal. Dalam artikel ini, ZhinkaDiary.com akan berbagi informasi tentang bisnis dengan modal sebesar 300 ribu rupiah. Apa saja bisnis yang tepat dengan modal beberapa lembar uang seratus ribuan? Yuk, disimak artikel ini selengkapnya.

Bisnis gorengan modern

Gorengan adalah salah satu makanan yang selalu diburu orang. Orang Indonesia tampaknya sangat menggemari makanan satu ini. Apalagi gorengan tersebut dimakan sambil ditemani cabai rawit dan minuman es segar. Khusus di bulan Ramadhan, gorengan kerap ludes dibeli orang-orang yang hendak berbuka puasa. Meski demikian, di luar hari Ramadhan, gorengan tetap menjadi camilan yang laris manis.

Kamu bisa memulai bisnis dengan menjual gorengan. Modal yang kamu perlukan tidak perlu sampai jutaan. Pasalnya, kamu tidak memerlukan lokasi tempat, etalase, dan tetek-bengek lainnya. Yang kamu butuhkan adalah tempat untuk membawa gorengan yang kamu jajakan kepada teman-teman sekolah, kampus, atau teman kantor.

Sebelum memulai setidaknya kamu harus riset terlebih dahulu, gorengan jenis apa yang kamu akan jual. Misalnya, jenis piscok goreng, tahu crispy, donat goreng, dan sebagainya. Ini penting, karena jatuh bangunnya usaha gorengan bergantung pada sejauh mana keahlian kamu dalam membuat camilan ini digemari pembeli.

Kamu bisa saja melakukan observasi di beberapa penjual, misalnya, piscok goreng. Kamu sendiri bisa menilai, mana piscok yang enak dan harga masih terjangkau. Kamu bisa memodifikasinya sendiri di rumah. Lagi pula, tutorial membuat makanan kini sudah banyak dijumpai di Google ataupun di Youtube.

Cara jualan gorengan biar laris

Laris tidaknya gorengan yang kamu jual bergantung pada sejauh mana konsumen menyukainya. Untuk itu, kamu harus membuat gorengan yang disukai semua orang. Caranya dengan membuat gorengan yang memiliki cita rasa yang enak dan khas sehingga pembeli bakal kangen dengan gorengan kamu.

Untuk sampai ke tahap ini memang tidak semua orang bisa lalui, tetapi dengan terus berusaha mencari resep yang tepat dan terus mencoba adalah salah satu cara menemukan keunikan dari gorengan yang kamu ciptakan. Bila perlu kamu memadukan resep yang belum pernah diterapkan orang lain. Mungkin saja orang-orang lebih menyukainya.

Selain itu, kamu juga bisa memperhatikan packaging yang lebih modern. Misalnya, jika gorengan biasanya dibungkus dengan kertas atau koran bekas, kamu dapat menggunakan kemasan yang lebih bagus. Lebih dari segalanya adalah pelayanan yang prima kepada pembeli. Dengan pelayanan yang baik, pembeli akan selalu merasa dispesialkan dan ini penting untuk menjaga keberlangsungan bisnis.

Baca juga: Bisnis Rumahan Modal Kecil dan Menguntungkan

Bisnis pulsa elektrik

Berbisnis pulsa elektrik merupakan cara termudah dalam memulai usaha secara mandiri dengan modal yang kecil. Sebenarnya tak sampai 300 ribu, tetapi kamu bisa memulainya dengan deposit 50 ribu rupiah. Tetapi jika kamu ingin mendapatkan keuntungan lebih besar, deposit bisa kamu tambahkan lagi.

Usaha jasa pulsa cocok sekali dilakukan pelajar, mahasiswa, atau sambilan di tempat kerja. Kamu bisa memulainya dengan menawarkan kepada teman-teman kamu sendiri. Lama-kelamaan pelanggan kamu bisa bertambah banyak karena promosi dari mulut ke mulut. Jadi, berbisnis pulsa tidak harus memiliki tempat sewa, etalase, apalagi membayar orang yang menjaganya.

Hanya saja, kamu perlu memperhatikan beberapa poin penting berikut ini:
  • Usahakan tarif untuk semua operator tidak terlalu tinggi. Hal ini berguna untuk menjaga pelanggan kamu tidak kabur. Perhatikan juga harga yang ditetapkan agen pulsa tidak lebih tinggi dari harga jual kepada pelanggan kamu.
  • Mencari agen pulsa yang tepercaya agar segala transaksi kamu berjalan dengan lancar dan tidak ada masalah di kemudian hari. Kamu juga harus memperhatikan segi kepraktisan, seperti tidak perlu datang ke tempat agen pulsa untuk saat deposit.
  • Utamakan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Misalnya, pelanggan kamu minta dikirimi pulsa saat ini, maka jangan tunda-tunda lagi pengirimannya. Selain itu, layanilah setiap pelanggan dengan baik, termasuk ketika pelanggan yang mau berhutang. Kenalilah baik-baik, jika pelanggan adalah orang yang kamu kenal baik, maka perbolehkanlah. Tetapi ingat, jangan terlalu sering berhutang ya.

Menjadi blogger yang menghasilkan uang

Tidak semua blogger dapat menghasilkan uang. Artinya: ada orang yang menjadi blogger hanya untuk menyalurkan hobinya dalam menulis dan ada orang yang menjadi blogger untuk mendapatkan penghasilan. Pada pilihan kedua, yakni menjadi blogger untuk mendapatkan rupiah berarti kamu harus memonetisasi blog kamu.

Monetisasi ada banyak programnya, tetapi yang paling populer adalah Adsense. Hampir semua blogger yang mencari uang di internet, selalu memasangkan iklan pada halaman blognya. Makin banyak pembaca dan makin tinggi CPC-nya, maka rupiah yang dihasilkan juga semakin banyak. Namun, memang, tidak semudah yang dibayangkan. Kamu harus sabar dan konsisten dalam mengembangkan blog dengan artikel-artikel yang bermutu.

Tak hanya itu, kamu juga harus memperhatikan aturan atau pedoman, misalnya, dari Adsense. Jangan sampai akun Adsense kamu di-banned akibat kamu tidak memahami peraturan yang harus ditaati blogger.

Modal yang dikeluarkan menjadi blogger juga tidak mahal. Pertama, kamu perlu menyiapkan uang sekitar seratus ribu lebih untuk membeli domain. Kedua, jika mau menjadi blogger profesional, kamu harus menggunakan template yang responsif dan premium sehingga kamu harus mengeluarkan tambahan biayanya. Carilah template yang sesuai dengan kocek kamu. Ada banyak kok, kamu tinggal memilihnya saja.

Nah, itulah tiga bidang usaha yang bisa kamu jadikan bisnis dengan modal hanya 300 ribu. Setiap bisnis sekecil apa pun, jika kamu lakukan dengan serius niscaya akan membuahkan hasil yang sepadan dengan kerja keras kamu. Selamat mencoba!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post