Bisnis Online tanpa Modal? Yuk Intip Apa saja sih!

Iklan 728x90

Bisnis Online tanpa Modal? Yuk Intip Apa saja sih!

Bisnis online pada zaman ini menjadi pilihan bagi sebagian besar orang. Perkembangan dunia internet semakin memudahkan para pebisnis meraup keuntungan melalui bisnis online. Tidak hanya perusahaan-perusahaan besar saja, tetapi juga banyak perusahakan kecil atau UMK atau bahkan usaha perorangan yang memanfaatkan internet.

Tak disangkal lagi, bisnis online pada mulanya dipicu oleh maraknya media sosial. Pasalnya, media sosial dapat menjadi lapak jualan sehingga penjual tidak perlu melakukan promosi yang cukup melelahkan sebagaimana berjualan menggunakan lapak fisik, seperti toko, untuk menjual dagangan. Media sosial memberikan dampak yang signifikan bagi pebisnis. Dampak positif itu karena media sosial tidak memungut bayaran sepeser pun untuk pebisnis.

Bisnis Online tanpa Modal

Salah satu media sosial yang sering digunakan untuk berbisnis online adalah  Instagram. Instagram merupakan media sosial yang sangat populer untuk berjualan. Dari bentuknya saja, Instagram termasuk platform yang user friendly sehingga memudahkan calon pembeli untuk memilih barang yang hendak dibelinya secara mudah. Bahkan bisa dikatakan, ibu-ibu yang bukan pengguna aktif internet bisa dengan mudah menggunakan platform ini.

Selain Instagram, ada juga Facebook, yang melalui fan pages bisa membuat kita leluasa berjualan. Hanya, kalau kita menggunakan Facebook ini butuh yang namanya follower atau calon pembeli yang bisa didatangkan secara organik maupun berbayar melalui Facebook Ads. Biaya yang harus dikeluarkan untuk Facebook Ads ini juga bisa disesuaikan dengan budget kita. Jadi, dengan modal yang minim, kita dapat mengiklankan produk-produk dagangan kita di Facebook.

Itu sebabnya, sekarang ini tidak hanya orang-orang yang terbiasa berbisnis saja yang berjualan di media sosial. Pun para ibu-ibu rumah tangga banyak yang menjual produk-produknya menggunakan platform media sosial ini. Dengan kata lain, bisnis apa pun bisa dilakukan oleh setiap orang dan di mana saja. Tidak perlu sewa tempat dan jangkauannya sangat luas lantaran online.

Dalam artikel ini, ZhinkaDiary.com akan membocorkan beberapa bisnis online tanpa modal yang bisa kamu jalankan sendiri.

1. Menjadi reseller atau dropshipper

Pilihan bisnis menjadi reseller atau dropsihpper adalah contoh bisnis online tanpa modal. Reseller artinya kita menjual produk orang lain, sedangkan dropshipper artinya kita menjual barang orang lain dengan memakai nama pribadinya.

Kamu bisa menentukan produk apa yang mau kamu jual. Misalnya, produk-produk yang sedang ngetren yang tentunya akan cepat melipatgandakan omzet yang kamu dapatkan. Kamu hanya perlu menjual produk tersebut bisa melalui website, akun media sosial, atau membuat akun di marketplace seperti Tokopedia, Bukapalak, Shopee, dan sebagainya.

Perlu kamu ketahui bahwa konsep bisnis ini tidak akan merugikan kamu, karena tidak mengeluarkan modal sepeser pun!

Namun yang harus kamu perhatikan, meski menjadi reseller atau dropshipper itu enggak mengeluarkan modal, adalah kualitas produk yang kamu jual harus bersaing dengan produk-produk sejenis.

2. Menjadi penulis lepas

Kamu yang memiliki hobi menulis juga bisa menghasilkan uang tambahan dengan menjadi penulis lepas. Meski penulis lepas tidak terikat sebagai karyawan, tetapi jika dijalani dengan sungguh-sungguh justru malah bisa mendatangkn income yang bisa menunjang hidup kamu.

Sebelum menjadi penulis lepas, kamu harus memperhatikan passion kamu agar di kemudian hari tidak memberatkan kamu. Misalnya, passion kamu adalah otomotif, tetapi kamu menjadi penulis lepas di sebuah situs web bertema kuliner. Ini mungkin bisa membuat kamu kerja dua kali. Pertama, mempelajari tentang dunia kuliner. Kedua, merangkainya menjadi sebuah artikel yang menarik. Namun jika kamu hendak mencoba di segala tema juga boleh, asalkan hasil tulisan kamu benar-benar bagus, unik, dan disukai pembaca situs web yang kamu jadikan platform menulis.

Ada banyak pilihan tempat kamu untuk menjadi penulis lepas. Kamua hanya perlu googling saja dan lihat apakah situs web tertentu sedang membutuhkan lowongan penulis lepas. Atau kamu bisa mencarinya di situs penyedia pekerjaan seperti Jobstreet. Cara lainnya ialah menawarkan diri langsung ke email perusahaan. Intinya ada banyak jalan menuju Roma. Kamu hanya perlu menyiapkan diri sebagai penulis lepas, taat pada deadline, hasil tulisan kamu layak terbit, dan yang terpenting tidak copas.

3. Menjadi blogger

Sejalan dengan penulis lepas, menjadi seorang blogger termasuk salah satu bisnis online tanpa modal. Yang kamu tawarkan sebagai blogger adalah informasi kepada publik. Di sini, kamu juga harus menentukan niche blog kamu apa. Misalkan kamu adalah pecinta otomotif, maka tulislah hal-hal yang berhubungan dengan dunia otomotif atau review produk otomotif. Intinya, kamu menjual informasi yang berguna bagi orang yang sedang mencari informasi.

Selain menjual informasi, kalau traffic blog kamu bagus, kamu juga bisa memasang iklan. Misalnya, menggunakan Google Adsense. Hobi menulismu akan lebih lengkap karena bisa menghasilkan pundi-pundi dollar dari tayangan iklan Adsense. Di samping itu, bisa saja blog kamu dilirik oleh perusahaan otomotif sehingga kamu diminta untuk mereview produk terbarunya. Nah, bukankah ini termasuk uang tambahan lagi?

4. Menjadi penerjemah

Sebenarnya ini masih berhubungan dengan dunia tulis-menulis. Namun seorang penerjemah pada dasarnya adalah orang menerjemahkan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. Kalau kamu merasa memiliki keahlian menerjemahkan, kamu bisa nih menawarkan diri menjadi seorang penerjemah. Atau kalau mau serius, kamu harus menjadi penerjemah yang besertifikat. Kalau kamu sudah berpengalaman menerjemahkan buku, misalnya, kamu bisa menawarkan hasil terjemahan kamu di penerbit-penerbit buku. Kalau mereka tertarik tentu kamu akan direkrut menjadi penerjemah lepas.

5. Menjadi fotografer

Kamu hobi memotret? Nah, mungkin ini bisa menjadi jalan kamu untuk menghasilkan uang tambahan. Sekarang ini ada banyak situs-situs penyedia foto yang berbayar ketika diunduh. Namun kamu harus bisa menghasilkan foto yang bermutu, angle yang bagus, dan kualitas gambar yang bagus juga. Kebutuhan foto di zaman internet ini penting. Pasalnya, situs web-situs web memerlukan gambar-gambar yang menarik dan berkualitas untuk menarik perhatian pembaca.

Bukankah enak menghasilkan uang dari hobi? Ini juga bisa menjadi ladang bisnis online tanpa modal ataupun mengeluarkan modal angkanya tidak besar. Selamat mencoba!
***

Baca juga artikel menarik lainnya:
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post