Bisnis Rumahan Modal Kecil dan Menguntungkan

Iklan 728x90

Bisnis Rumahan Modal Kecil dan Menguntungkan

Bisnis bermodal kecil yang bisa dilakukan di rumah merupakan dambaan semua orang. Apalagi bisnis rumahan tersebut bisa memiliki keuntungan dan omzet yang besar. Bila kita lihat keadaan sekarang memang kebutuhan harian dan rumah tangga semakin membesar. Bahkan nilai mata uang tampaknya sudah tidak berharga lagi. Ini membuktikan bahwa biaya hidup kita semakin mahal.

Biaya hidup yang semakin mahal idealnya harus dibarengi dengan peningkatan pendapatan bulanan. Jangan sampai pendapat bulanan rendah, sedangkan biaya kehidupan semakin tinggi. Ini sekali lagi menunjukkan ketimpangan atau dalam pepatah bisa dikatakan “besar pasak daripada tiang”. Kalau kenyataannya seperti itu, berarti kamu harus segera membenahinya, karena kamu tidak akan bisa mencukupi kehidupan kamu dengan layak.

Meskipun ada standar gaji UMR di setiap kota tampaknya untuk mencapai kesejahteraan hidup yang lebih baik dan bisa menikmati kehidupan belumlah cukup. Cukup dalam arti, misalkan kita ingin memiliki rumah atau membeli mobil. Kedua barang tersebut juga rasanya sulit sekali kita miliki kalau hanya menerima gaji UMR. Bukan berarti gaji UMR tidak bisa membuat kita bahagia. Bukan! Soal kebahagiaan pada setiap orang itu relatif. Namun dalam realitasnya apakah mungkin gaji UMR bisa membeli rumah dan mobil?

Bisnis Rumahan Modal Kecil dan Menguntungkan

Kalau kamu masih bujangan mungkin saja bisa: dengan membeli rumah yang bukan di daerah perkotaan atau mobil yang harganya paling murah. Akan tetapi, jika kamu sudah berumah tangga, dengan kebutuhan biaya rumah tangga yang tinggi, apakah masih mungkin gaji UMR kamu bisa menjangkau rumah dan mobil tersebut? Pada titik inilah, kamu harus mencari jalan keluar. Lalu apa jalan keluarnya? Tentunya, pendapatan (bukan hanya gaji) kamu harus besar.

Bagaimana memperolah pendapatan bulanan yang besar? Ada banyak caranya dan sudah banyak juga orang lain membuktikannya. Dalam artikel ini, Zhinka akan membocorkan bisnis rumahan dengan modal yang kecil tetapi bisa menguntungkan. Dari beberapa daftar bisnis yang disebutkan, kamu bisa mencobanya dan barangkali pula salah satu bisnis tersebut bisa menyumbangkan omzet yang besar bagi pendapatan kamu. Yuk, disimak satu per satu.

1. Bisnis air minum isi ulang

Sekarang ini, bisnis air minum isi ulang tidak hanya dikuasai korporasi-korporasi besar. Lihatlah di sekeliling kamu, ada begitu banyak usaha air minum isi ulang rumahan. Kalau kamu ingin memulai bisnis ini, kamu bisa memulainya dari rumah kamu. Apalagi rumah kamu masih terdapat ruangan yang tidak terpakai, maka bisa kamu gunakan untuk usaha tersebut.

Usaha air minum isi ulang versi rumahan bisa memberikan tambahan omzet yang lumayan besar. Apalagi kamu memiliki langganan yang banyak: kamu hanya perlu menunggu panggilan setiap kali galon mereka habis. Pada dasarnya, air merupakan kebutuhan manusia, sehingga bisnis yang berkaitan dengan air minum merupakan bisnis yang tidak ada matinya.

Untuk menjaga kesinambungan bisnis ini, kamu harus senantiasa menjaga kebersihan agar pelanggan berlangganan air minum isi ulang kamu. Soalnya, perbedaan harga pada produk air minum isi ulang korporasi besar dengan produk rumahan memang beda jauh. Kamu bisa memanfaatkan celah ini dengan baik!

2. Bisnis laundry kiloan

Bisnis yang tak kalah laku dari air minum isi ulang adalah laundry kiloan. Bisnis ini juga menjamur di mana-mana. Laundry kiloan cocok sekali untuk orang yang sibuk dan tidak sempat mencuci. Biasanya bisnis ini banyak terdapat di lokasi-lokasi yang ramai, seperti kampus, komplek, dekat pasar, dan tempat-tempat yang ramai lainnya.

Laundry kiloan juga banyak yang menawarkan harga rendah sehingga menarik konsumen untuk mencuci pakaian di tempat itu. Kamu bisa menjajal bisnis ini kalau, misalkan, lokasi rumah kamu strategis sehingga bisa mendatangkan banyak konsumen. Semakin canggih zaman, kamu bisa menawarkan jasa cuci pakaian kiloan dengan mengiklankan di media sosial, seperti Facebook atau Instagram, sesuai dengan wilayah yang menjadi target pasar kamu.

3. Bisnis cuci motor

Jasa cuci motor juga menjamur di banyak tempat saat ini. Bisnis ini memerlukan halaman rumah yang cukup luas. Kalau rumah kamu berada di pinggir jalan, ini adalah kesempatan bagus untuk mencoba bisnis ini. Mengapa cuci motor? Pertama, motor merupakan moda transportasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Kedua, banyak orang yang tak sempat ataupun malas untuk mencuci motor.

Baca juga: Ide Bisnis: Usaha dengan Modal Sebesar 300 Ribu

Yap, banyak orang malas mencuci motor. Pasalnya, jasa cuci motor terhitung murah dan tidak perlu merogoh kocek lebih dalam. Orang-orang rela mengantri berjam-jam menunggu antrian cuci motor dibanding mencuci motor sendiri. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka bisnis cuci motor sendiri.

4. Menjadi youtuber

Dalam era teknologi ini bisnis rumahan yang konvensional bisa digantikan dengan bisnis-bisnis yang baru, seperti menjadi youtuber. Kamu bisa menjadi konten kreator Youtube. Kalau kamu tidak punya kamera yang bagus dan mahal harganya, asalkan smartphone kamu mendukung, kamu bisa memulai menjadi seorang youtuber.

Akan tetapi, untuk menjadi seorang youtuber, kamu harus memiliki kelebihan sehingga video yang kamu upload merupakan konten-konten yang memang dibutuhkan orang banyak. Contohnya, kamu jago masak, maka video yang kamu rekam adalah tips memasak makanan tertentu dengan mudah. Atau kamu punya keahlian memetik gitar, maka kamu bisa merekam cara bermain gitar yang benar. Lainnya, misalkan, kamu pandai menyelesaikan soal matematika, maka kamu bisa merekam cara menyelesaikan soal-soal matematika yang sulit. Dan lain-lain.

Baca juga: Cara Ternak Lele Pemula hingga Menghasilkan Keuntungan

Itu hanya beberapa keahlian yang bisa mendatangkan uang melalui Youtube. Sebenarnya ada banyak cara menjadi konten kreator, kamu hanya perlu mengasah keahlianmu ada di bidang yang mana.

5. Menjadi blogger

Kamu suka menulis? Kamu pandai menyusun kata-kata dalam kalimat yang mudah dimengerti orang lain? Nah, tampaknya bisnis rumahan yang cocok untukmu adalah menjadi seorang blogger. Sebagaimana youtuber, seorang blogger mendapatkan pemasukan juga dari platform Google Adsense dan lain-lainnya. Kalau kamu ahli dalam niche tertentu, atau kamu hanya memiliki modal menulis yang baik, maka kamu bisa mencoba menjadi blogger.

Jadi seorang blogger memang membutuhkan kerja keras dan komitmen yang tinggi. Apalagi, waktu yang dibutuhkan seorang blogger tidak secepat bisnis rumahan lainnya. Namun kelebihannya jika blog kamu sudah memiliki artikel yang banyak dan mendapat penghasilan setiap bulan, bisnis ini bisa menjadi ladang penghasilan yang cukup menyenangkan.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post