Contoh Packaging: 11 Ide Kemasan Makanan Unik dan Kreatif

Iklan 728x90

Contoh Packaging: 11 Ide Kemasan Makanan Unik dan Kreatif

Ketika kita membeli produk apa pun, kemasan/packaging yang unik dan kreatif dapat menjadi daya tarik tersendiri. Tak hanya produk yang bersaing dengan produk sejenis dalam soal mutu dan harganya, pengemasan juga mendapat prioritas dalam penjualan. Dengan kata lain, jangan pernah menganggap remeh bentuk kemasan.

Apakah kamu pernah tertarik membeli suatu produk setelah melihat kemasannya yang bagus? Ini adalah salah satu trik penjualan produk agar dilirik calon pembeli. Meskipun barang/produk yang dijual bagus, tetapi tidak dikemas secara menarik, maka kemungkinan besar calon pembeli tak akan meliriknya. Seperti kalimat dalam iklan jadul ini: “Tatapan pertama sungguh menggoda....”

Contoh Packaging: 11 Ide Kemasan Makanan Unik dan Kreatif

Sebisa mungkin tatapan pertama calon pembeli harus benar-benar membuat dia “terpesona” sampai mengambil tindakan, yaitu membeli. Atau jika pun ada beberapa produk sejenis dengan harga yang kurang lebih sama, calon pembeli tidak akan melewatkan produkmu karena kemasannya lebih keren.

Contoh tersebut adalah tujuan akhir dari “pengemasan”. Sebab, jika pengemasan dilakukan dengan kreatif dan unik, pada akhirnya hal itu akan mendorong peningkatan penjualan produkmu. Pengemasan juga tak sekedar menempatkan logo di posisi yang tepat, melainkan juga tentang menarik perhatian atau tidak, memiliki makna filosofi yang kuat, dan membuat konsumen merasakan hal yang lebih dan berbeda dari produkmu.

Pada zaman modern ini, banyak perusahaan besar menggunakan kemasan sebagai alat pemasaran yang efektif karena beberapa faktor berikut ini:
  • Kemasan dapat meningkatkan kepuasan konsumen karena banyak dari mereka yang mau membayar lebih tinggi demi penampilan, kenyamanan, dan bentuk produk yang lebih bagus
  • Kemasan dapat membantu meningkatkan pengetahuan/pengenalan merek terhadap pelanggan. Karena itu, jika pelanggan melihat kemasan tertentu, mereka dapat langsung menghubungkannya dengan perusanaan atau identitas pada merek tersebut
  • Kemasan yang unik dan inovatif bisa membawa manfaat dan keberuntungan bagi perusahaan. Pasalnya, desain yang unik pada suatu produk dapat menarik perhatian pelanggan. Misalnya, botol minuman dalam satu merek berbeda desain dan bentuknya untuk pelanggan dewasa dan anak-anak
  • Kemasan berguna untuk keamanan produk dari faktor eksternal. Apalagi jika barang/produk yang dijual melalui jasa pengiriman pihak ketiga. Maka, agar barang sampai ke konsumen dengan aman, bahan kemasan juga harus bagus dan tahan terhadap kondisi terburuk
  • Kemasan dapat mencegah pencurian terhadap produk kamu. Karena itu, jika produk kamu tak memiliki kemasan khusus, pencuri bisa saja menjual produkmu secara eceran.
Faktor-faktor tersebut menggambarkan betapa pentingnya kemasan dan branding produk terhadap pelanggan. Itu sebabnya, dalam artikel ini, ZhinkaDiary.com akan membagikan sejumlah kemasan produk makanan yang unik dan kreatif serta semoga bisa menjadi inspirasi untukmu.

1. Kemasan dengan ilustrasi menarik

Contoh Packaging: Kemasan dengan ilustrasi menarik

 Kemasan kotak plastik untuk buah-buahan dapat diutak-atik sehingga menjadi lebih menarik menggunakan ilustrasi karakter tertentu.

Terlihat kemasan di atas sangat lucu karena menggunakan karakter kartun, tetapi tetap mempertimbangkan unsur kesederhanaan.

Ilustrasi tersebut juga tampak berinteraksi dengan produk karena menggambarkan karakter sedang memakan buah beri sembari mengacungkan jemari sebagai penguat kualitas produknya.

2. Kemasan berbentuk oven

Contoh Packaging: Kemasan berbentuk oven

Untuk produk camilan kue, kemasan yang paling unik merupakan suatu keharusan. Misalnya, kemasannya berbentuk oven seperti pada gambar.

Kemasan seperti itu sangat menarik hati calon pembeli tentunya. Pemberi akan segera menerka bahwa kemasan tersebut sangat mirip dengan oven untuk memanggang kue.

Bahan kemasan yang bisa digunakan adalah bahan kardus makanan. Sedikit kreatif dengan menambahkan ilustrasi, maka akan membuat kemasan yang satu ini menjadi menawan.

3. Kemasan bergambar karakter beruang

Contoh packaging: Kemasan bergambar karakter beruang

Produk sereal ini menggunakan ilustrasi karakter beruang madu yang memang identik menjadikan madu sebagai makanannya.

Ilustrasi karakter beruang ini juga tampak lucu karena mulutnya menganga lebar dan berisi penuh sereal yang lezat.

Kemasan sereal ini jadi lebih unggul karena mengasosiasikan karakter beruang yang rakus menyantap sereal rasa madu.

4. Kemasan berbentuk gantungan pakaian

Contoh packaging: Kemasan berbentuk gantungan pakaian

Produk-produk minuman teh biasanya menggunakan kemasan kotak. Umumnya hampir semua produk teh seragam dalam hal packaging.

Perbedaannya mungkin hanya pada gambar sampul dan merek, tetapi ketika dibuka kemasan dalamnya juga serupa.

Nah, bentuk produk di atas menggunakan cara yang inovatif karena menggunakan hanger sebagai penggantung teh celup tersebut.

Teh-teh celup tersebut diperlakukan seperti pakaian yang digantung di dalam lemari pakaian. Sangat estetis, bukan?

5. Kemasan berbentuk burung

Contoh packaging: Kemasan berbentuk burung

 Tidak ada orang yang tidak menyukai keindahan! Nah, jika sebelumnya kantong teh celup digantung sebagaimana pakaian di dalam lemari, kali ini kantong tehnya serupa dengan burung...

Jika cangkir teh transparan, maka penampilan kantong teh berbentuk burung itu tampak lebih menarik. Sembari menunggung warna air panas berubah, kita juga bisa menikmati proses perubahan warna itu.

6. Kampanye dalam kemasan roti

Contoh packaging: Kampanye dalam kemasan roti

Kemasan roti kering di atas memang sangat sugestif dan menarik perhatian pembeli. Pasti kita asosiasi kita langsung tertuju pada bagian tubuh perempuan.

Yup, selain tampilan seperti ini menarik perhati, sebagai penjual kita juga bisa ikut berkampanye tentang kesadaran kanker payudara.

Sembari berjualan, kemasan produk roti juga bisa memiliki dampak besar bagi pembeli.

7. Kemasan rambut kribo

Contoh packaging: Kemasan rambut kribo

Produk camilan ini berasal dari negara Jepang. Ilustrasinya bergambar orang yang memiliki rambut kribo.

Padahal rambut kribo yang super lebat dan rimbun tersebut bertujuan untuk menampilkan tekstur makanan yang dijual.

8. Kemasan yang imajinatif

Contoh packaging: Kemasan yang imajinatif

Makanan ringan ini berasal dari Portugis. Produk ini terinspirasi dari kegembiraan anak-anak makan camilan sehat.

Selain itu, karakter pada ilustrasi bukan sosok binatang, monster, atau seseorang, melainkan sesuatu yang tak terbatas pada imajinasi anak-anak.

Karakter tersebut juga tampak hidup, bergairah, dan bahagia ketika memakan camilan sehat yang terbuat dari bahan-bahan alami ini.

9. Kemasan karakter prajurit

Contoh packaging: Kemasan karakter prajurit

Kemasan cokelat ini sangat unik karena menggambarkan sejarah tentang enam ksatria yang gigih melindungi Modica Chocolate.

Desain unik ini diilhami dari tradisi Sisilia yang menggabungkan Modica yang diproses secara sempurna dengan Opera dei Pupi yang merepresentasikan nilai historis dari puisi legendaris, seperti Song of Roland dan Orlando Furioso.

Jadi, kemasan produk makanan juga bisa berilustasi tentang masa silam atau sejarah dari suatu negara. Jika dikemas secara menarik, tentu akan menarik perhatian pembeli!

10. Kemasan pastel yang cantik dan cerah

Contoh packaging: Kemasan pastel yang cantik dan cerah

Sirup Hansells ini lahir dan besar di Selandia Baru. Sirup ini berasal dari kebudayaan negara tersebut dan digunakan untuk bahan pembuat kue-kue dan sirup buah.

Sebagai produk warisan Selandia, kemasan sirup ini dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga tampilannya menjadi cantik berlatar belakang pastel yang cerah dan segar sehingga ilustrasi alaminya lebih terlihat.

Kemasan baru Hansells ini termasuk unik dan berani dengan ekspresi retro yang modern sehingga menampilkan kesan yang premium.

11. Kemasan yang sederhana, tetapi subtil

Contoh packaging: Kemasan yang sederhana, tetapi subtil

Produk buah kering dan kacang-kacangan justru menggunakan kemasan yang sederhana. Kesederhanaan ini mengambil konsep dari Mediterania, sehingga setiap warna dan bentuk tekstur camilan ini tampil dalam wujud yang paling asali.

Warna yang hangat dan ramah pada penampilan camilan ini meningkatkan daya tarik bagi calon pembeli. Kemasan yang sederhana terkadang memiliki makna yang halus tetapi memiliki kedalaman makna.

Kesimpulan

Dari berbagai kemasan yang sudah ditampilkan di atas memiliki konsep dan sudut pandang yang berbeda-beda. Kita harus menggali lebih dalam filosofi dari produk yang dijual, bisa diambil dari sudut bahan-bahan pembuatnya, efek yang ditimbulkan ketika dikonsumsi, nilai sejarah yang melatari produk tersebut dan sebagainya.

Selain itu, kemasan yang memperhatikan isu sosial juga dinilai unik karena produk yang dijual sangat peduli dengan masalah di sekitar. Ini dapat meningkatkan kepercayaan dari pelanggan. Kita dapat belajar banyak dari 11 kemasan produk makanan/camilan yang berasal dari berbagai negara tersebut. Semoga membantu!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post