Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Jenis Makanan Ringan yang Bisa Dibakar

Zhinkadiary.com - Makanan ringan yang dapat dibakar menjadi jajanan yang mencuri perhatian publik. Menu bakaran ini tidak hanya Anda temukan di mall, tetapi ada menu warung kaki lima. Kira-kira menu bakaran apa yang terakhir Anda konsumsi? Bagaimana rasanya?

Pada dasarnya, makanan yang dibakar tentu mempengaruhi rasa dan menciptakan aroma yang unik. Karena itu, tak salah jika menu bakaran dapat menggugah selera. Contohnya, jika Anda kebetulan melewati gerobak sate madura dan mencium aroma asapnya tentu membuat sensasi lapar tiba-tiba membuncah dan ingin juga menikmatinya.

Menu bakaran makanan ringan cukup mudah dibuat. Anda bisa membuat yang ala rumahan. Berikut ini jenis makanan ringan yang dapat dibakar berdasarkan rangkuman Zhinkadiary.com.

Makanan Ringan yang Bisa Dibakar
Source: jarmoluk/Pixabay

1. Sate cumi bakar

Makanan ringan sate cumi bakar termasuk seafood yang sedang naik daun. Tidak hanya dijumpai di restoran, sate cumi bakar banyak juga ditemukan di pinggiran jalan. Meski dijual di pinggir jalan, memang harga sate cumi bakar berbeda dengan makanan ringan ala pinggiran lainnya.

Meski demikian sate cumi bakar tetap laris manis diserbu pelanggan. Rasa enak cumi dipadukan dengan bumbu saus tiram memang tak ada duanya! Anda dapat mencoba peruntungan dengan menjual sate cumi bakar.

2. Ubi bakar

Ubi bakar termasuk jenis ketela rambat yang tidak ada matinya. Makanan lokal Indonesia ini masih sering kita temui daerah perkotaan. Selain dikukus atau dibuat bahan baku makanan, ubi juga bisa dibakar.

Salah satu ubi yang terkenal adalah ubi cilembu. Ubi cilembu ini paling nikmati ditemani secangkir kopi saat cuaca dingin. Di wilaha destinasi wisata seperti Bogor dan Bandung ubi cilembu sering dijajakan sebagai oleh-oleh.

3. Sosis bakar

Sosis adalah makanan olahan berbahan baku daging yang digemari rumah tangga Indonesia. Sosis termasuk makanan ringan yang lezat dan disukai semua kalangan, terutama anak kecil. Daging campuran sosis beragam, seperti ayam, sapi, dan ikan.


Begitu pun cara memasak sosial bermacam-macam, bisa digoreng, direbus bersama sayuran, dan dibakar. Sosis bakar ini juga banyak peminatnya dan dijual di restoran sekaligus pinggiran jalan. Varian bumbu olesan sosis membuat citarasa sosis bakar memukau.

4. Bakso bakar

Bakso adalah makanan favorit hampir semua kalangan di Indonesia. Tapi bakso tidak hanya direbut saja, melainkan juga dapat dibakar. Bakso bakar biasanya disajikan dengan bumbu kecap, saus balado, dan olahan bumbu lainnya.

Bakso bakar bisa menjadi camilan dan teman minum teh atau kopi. Anda bisa juga menjadikan bakso bakar sebagai celah bisnis karena memang makanan ringan ini diminati masyarakat.

5. Jagung bakar

Jagung bakar termasuk makanan ringan yang laku keras di awal pergantian tahun. Memang paling enak makan jagung bakar di malam hari. Cara paling enak adalah dengan membuat BBQ bumbu pedas, manis, atau asin.

Asalkan racikan bumbu yang Anda gunakan pas, maka rasa jagung bakar akan menjadi enak. Cara membakar jagung bisa dengan berbagai macam teknik, yakni dibakar dengan kulit, tanpa kulit, dan menggunakan aluminium foil.

6. Pisang goreng bakar

Pisang goreng adalah makanan ringan murah meriah yang masih eksis sampai hari ini di Indonesia. Selain digoreng dan direbus, ternyata pisang bakar juga enak dinikmati. Anda bisa menggunakan berbagai macam topping atau juga bisa mencocol pisang bakar ke sambal roa.


7. Kebab bakar

Kebab adalah makana lokal yang bersal dari Timur Tengah. Jika umumnya kebab lazim dimasak dengan minyak atau margarin, maka kebab bakar dimasak dengan cara disangrai atau dibakar.

Kebab bakar dianggap lebih menyehatkan lantaran tak mengandung minyak. Meski tanpa minyak dan margarin, kebab bakar bisa tetap krispi asalkan Anda bisa mengolahnya dengan baik.

Selain itu, ada beberapa jenis lain makanan ringan yang dibuatnya dengan cara dibakar, seperti berikut:
  • Dumpling keju
  • Crab stik
  • Nugget kepiting
  • Otak-otak singapura
  • Otak-otak ikan
  • Tempura
  • Scallop
  • Fish roll  

Posting Komentar untuk "15 Jenis Makanan Ringan yang Bisa Dibakar"

Berlangganan via Email