Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Peluang Bisnis Makanan Ringan Pedas

Zhinkadiary.com - Bisnis makanan ringan pedas tampaknya akan selalu moncer karena kebiasaan ngemil masyarakat kita dan gemar mengonsumsi rasa pedas seolah menjadi kesatupaduan yang tak bisa dilepaskan. Hampir tiap orang tentu memiliki kegemaran akan jenis makanan ringan. Begitu pun soal rasa pedas (meski tidak semua) umumnya gemar dengan tingkat rasa pedas yang berbeda-beda sesuai selera.

Bisnis makanan ringan pedas ini memiliki peluang yang terbuka lebar. Anda bisa bereksplorasi soal jenis dan rasa pedasnya. Dari sini Anda bisa menentukan jenis makanan apa yang laris dijual dan seberapa pedas rasanya cocok di lidah pembeli. Semua ini harus Anda pikirkan dan bila perlu lakukan obervasi di lingkungan sekitar dengan memberikan produk Anda secara cuma-cuma dan minta pendapat dari mereka. 

Bisnis Makanan Ringan Pedas
Source: Olichel/Pixabay

Berikut ini Zhinkadiary.com ulas beberapa jenis makanan ringan pedas yang cukup laku di pasaran. Tapi sebelumnya, Anda bisa membaca artikel Bisnis Makanan Ringan dan Contoh Ide Usahanya

1. Tahu gejrot pedas

Tahu gejrot adalah kuliner khas Cirebon. Rasanya sangat unik, karena perpaduan pedas, gurih, asam, dan manis. Ketika tahu disiram kuah pedasnya, maka selera makan kita akan tergugah. Meski berasal dari Cirebon, tahu gejrot sudah malang melintang dijual di mana-mana, sehingga masyarakat sudah sangat familiar dengan makanan ringan ini.

Jika Anda hendak mencoba berjualan tahu gejrot, maka harus tahu cara membuat tahu dan kuah gejrot yang enak agar disukai pelanggan. Di bawah ini ada panduan membuat tahu dan kuah yang maknyus!

Tips membuat tahu gejrot

  • Gunakan tahu pong. Agar tahu pong dalamnya kopong, gunakanlah tahu sutera atau tahu putih. Jangan gunakan tahu sumedang, karena teksturnya lebih padat sehingga tidak dapat mengembang secara sempurna
  • Untuk membuat tahu, masaklah minyak sampai benar-benar panas. Pasalnya, tahu memiliki kadar air cukup tinggi sehingga lebih tepat digoreng dengan minyak super panas. Minyak yang sangat panas ini dapat membuat tahu mekar.
  • Ketika tahu sudah masuk di kompor dengan minyak panas, atur kompor dengan api sedang
  • Ketika tahu terlihat sudah memiliki kulit dan bagian putihnya tertutup sempurna, angkat dan tiriskan
  • Kemudian, Anda juga bisa memasukkan tahu goreng panas ke air dengan es batu. Tujuannya agar dapat membentuk rongga di dalam tahu. Perendaman dilakukan 15 menit. Ingat ya, air es yang digunakan untuk merendam harus benar-benar dingin

Tips membuat kuah tahu gejrot

  • Rebus air sampai mendidih. Kemudian masukkan gula jawa dan asam jawa. Rebus gula dan asam jawa hingga larut. Angkat dan saring. Setelah itu, siapkan bumbu ulek
  • Untuk bumbunya, ulek bawang merah, cabai, dan garam secukupnya (jangan terlalu halus atau kasar)
  • Selanjutnya potong-potong tahu menjadi dua bagian dan siram dengan kuah. Tahu gejrot siap disantap!

2. Seblak kering pedas

Makanan tradisional yang berasal dari Jawa Barat ini masih memiliki banyak peminat. Biasanya seblak yang kita makan adalah yang berkuah, tetapi ada juga seblak kering yang dijual sebagai makanan ringan. Jika sudah menjadi makanan ringan, rasanya gurih dan renyah. Selain itu, tambahan bumbu tabur pedas akan membuat seblak kering ini semakin membuat lidah bergoyang.

Jika ingin berwirausaha menjual seblak kering, Anda wajib tahu bahan baku dan proses pembuatannya terlebih dahulu. Sebetulnya, cara membuat seblak kering tak berbeda jauh dari pembuatan kerupuk mi pedas, makaroni pedas atau basreng.

Bahan-bahan baku seblak kering

  • 1 kilogram kerupuk bawang
  • 1/2 liter minyak goreng
  • 4 siung bawang putih
  • 5 siung kencur kecil
  • 4 sdm bubuk cabai aida
  • 5 lembar daun jeruk segar

Langkah-langkah membuat seblak kering

  • Rendam kerupuk di wajah selama satu jam dengan minyak goreng. Setelah satu jam, nyalakan kompor dengan api sedang. Lalu aduk-aduk agar kerupuk tidak mengembang terlampau lebar
  • Goreng selama 10-15 menit. Jika sudah matang angkat dan tiriskan. Setelah tiris, masukkan kerupuk ke toples
  • Untuk membuat bumbu seblak, irislah kencur, daun jeruk, dan bawang putih. Kemudian goreng bawang putih sampai berubah warna jadi cokelat keemasan. Lalu goreng kencur sampai cokelat keemasan. Selanjutnya goreng juga daun jeruk sampai cokelat keemasan
  • Goreng semua bumbu sampai benar-benar garing. Setelah matang, angkat, dan tiriskan
  • Selanjutnya campur bawang putih dan kencur untuk dihaluskan dengan memakai plastik dan ulekan. Setelah diulek sampai halus, aduk-aduklah ke dalam toples bersama bumbu lainnya.
  • Kerupuk seblak kering pedas siap disajikan!

3. Makaroni pedas kriuk

Makaroni adalah camilan yang juga masih eksis sampai sekarang ini. Peluang usaha makanan ringan makaroni juga terbilang masih legit. Omzet yang dihasilakn para penguasaha makaroni dapat mendongkrak hingga miliaran rupiah. Contohnya, makaroni Ngehe.

Varian makaroni memang sangat beragam. Anda pun bisa bereksperimen dalam soal rasa, seperti rasa keju, keju pedas, barbeque, dan sebagainya. Untuk harganya masih cukup terjangkau dibeli berbagai kalangan.

Agar makaroni pedas Anda bisa kriuk, maka harus memperhatikan cara pembuatannya seperti berikut ini:

Bahan-bahan makaroni pedas kriuk

  • 3 sdm tepung terigu
  • 2 genggam makaroni
  • 1 sdm minyak
  • 0,5 sdt garam
  • bumbu balado

Langkah membuat makaroni pedas kriuk

  • Masak air, kemudian masukkan garam dan minyak. Lalu masukkan makaroni: rebus 5-6 menit
  • Setelah itu, angkat dan tiriskan. Tunggu hingga makaroni tidak panas
  • Selanjutnya taburi makaroni dengan tepung terigu, aduk-aduk dan ratakan
  • Minyak goreng dipanaskan menggunakan api kecil. Masukkan makaroni yang telah ditepungi. Nah, saat menggorengnya, Anda harus selalu mengaduk-aduk agar tak gosong dan tunggu hingga makaroni berwarna kecokelatan dan renyah ketika dikunyah. Jika sudah selesai, angkat dan tiriskan
  • Sekarang Anda taburi bubuk balado dan kemudian kocok-kocok pada wadah toples
  • Makaroni pedas kriuk siap disajikan!

4. Cireng isi ayam pedas

Cireng merupakan singkatan dari aci digoreng dan berasal dari Bandung, Jawa Barat. Makanan ringan ini juga digemari tidak hanya di tempat asalnya, tetapi juga oleh banyak orang. Nah, cireng ini sudah bertransformasi dalam soal isian. Anda pun dapat menjual cireng yang berisi, misalnya, ayam pedas. Makanan ringan ini sangat lezat karena pas dinikmati bersama-sama anggota keluarga.

Untuk berbisnis cireng isi ayam pedas ini Anda bisa menjual secara online ataupun menggunakan jasa ojek online untuk pesan antar makanan. Kini banyak pengusaha kuliner yang berfokus berbisnis cireng dengan mendirikan gerai cireng di berbagai daerah.

Anda pun dapat mencari paket bisnis cireng ini dengan nilai investasi tertentu dan Anda tinggal terima beres semua bahan baku dan bumbu. Tapi jika pun ingin membuka usaha cireng sendiri juga tidak masalah. Asalkan Anda dapat membuat cireng yang rasanya lezat dan membuat pelanggan terus melakukan pembelian.

5. Tahu mercon

Pernah mencoba tahu isi? Biasanya isinya sayuran, tetapi apa jadinya jika isinya cabai? Tahu jenis ini disebut tahu mercon. Penggunaan cabai lebih dominan di dalam isian tahu. Tentunya kita tahu bahwa masyarakat Indonesia sebagian besar merupakan penggemar makanan pedas. Nah, tahu mercon juga dapat menjadi salah satu peluang bisnis Anda.

Untuk mencoba berbisnis tahu mercon, Anda harus menemukan rasa tahu yang pas terlebih dahulu. Dengan kata lain, Anda harus mencoba hingga isian tahu tak sekadar pedas saja, tetapi juga enak untuk dinikmati.

Demikian informasi mengenai bisnis makanan ringan pedas yang semoga bisa menjadi inspirasi Anda dalam mencari peluang usaha. Semoga membantu.....

Posting Komentar untuk "5 Peluang Bisnis Makanan Ringan Pedas"

Berlangganan via Email