Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Alasan Menggunakan Kemasan Makanan yang Halal

Zhinkadiary.com – Kemasan makanan ringan tidak hanya digunakan untuk membungkus makanan agar terlihat lebih cantik dan menarik minat pembeli. Anda pun harus memperhatikan “kemasan” yang digunakan tersebut, apakah aman untuk konsumen. Pasalnya, kini ada juga kemasan makanan berlabel halal yang tak membahayakan konsumen.

Kemasan (packaging) merupakan faktor penting dalam berjualan makanan. Dari kemasan pula rasa makanan bisa berubah jika mutunya kurang baik. Misalnya, penggunaan kemasan plastik yang murah meriah tetapi tidak jelas kualitasnya dapat menyebabkan makanan menjadi mudah basi, rasa makanan berubah, dan bahkan bisa menyebabkan hilangnya kandungan gizi.

Selain menjadi identitas sebuah produk, kemasan juga harus dibuat dari bahan-bahan yang aman. Di Indonesia sendiri kemasan makanan yang sering kita jumpai terbuat mulai dari bahan kaleng, gelas, kertas, plastik, styrofoam, hingga kemasan yang bisa kita konsumsi. Anda sering menggunakan kemasan yang mana?

kemasan makanan halal
Source: PaulBae/Pixabay


Tapi pada umumnya, kemasan yang sering digunakan untuk membungkus makanan ringan adalah kemasan dari plastik. Nah, masalahnya, tidak semua jenis plastik itu aman. Anda harus jeli dalam memilihnya. Misalnya, lebih baik menggunakan kemasan yang memiliki simbol "Food Grade" daripada "Non Food Grade".

Berikut ini, Zhinkadiary.com jelaskan alasan mengapa harus menggunakan kemasan makanan yang besertifikat halal.

1. Kemasan menjaga isi produk

Fungsi kemasan tidak hanya sebagai pembungkus makanan, tetapi juga berfungsi untuk melindungi isi produk agar tidak rusak, terjaga mutu dan nilai gizinya. Kemasan halal difungsikan untuk menjaga isi produk tetap bagus sebagaimana yang diharapkan konsumen.

2. Bebas bahan kimia

Kemasan besertifikat halal bebas dari bahan kimia. Ciri kemasan yang baik adalah jika dicium tidak berbau bahan kimia apa pun. Maka jangan pernah pilih kemasan plastik yang menguarkan aroma menyengat. Kemasan yang aman adalah yang tak menggunakan senyawa kimia seperti stirena, benzena, dan senyawa lainnya.

Baca juga: Usaha Makanan Kriuk yang Selalu Laris

3. Tidak ada butiran jika diraba

Dalam memilih kemasan makanan, Anda harus memperhatikan apakah kemsan tersebut jika diraba bagian dalamnya terasa seperti ada butiran-butiran halus atau kasar. Karena itu, Anda dapat menggunakan kemasan besertifikat halal untuk menghindari adanya butiran-butiran dalam kemasan.

4. Bebas dari bakteri

Kemasan halal bebas dari bakteri karena biasanya bahan baku kemasan makanan menggunakan kertas daur ulang. Sebelum diproses di pabrik, kertas-kertas tersebut ditumpuk di tempat terbuka yang terpapar sinar matahari, debu, hujan, dan kotoran lainnya. Apabila meragukan proses pembuatan kemasan tersebut, Anda lebih baik pilih kemasan berlabel halal.

Baca juga: Makanan Ringan Kriuk yang Bisa Menjadi Peluang Bisnis Anda

5. Penggunaan bahan campuran yang aman 

Kemasan plastik halal menggunakan bahan baku pembentukan plastik yang aman, seperti karbon hitam, batu gamping, tepung silica, pasir, talk, dan plimer sintetik.

6. Ramah lingkungan

Kemasan besertifikat halal sudah tentu ramah dengan lingkungan karena dapat terurai di alam bebas.

Namun untuk memilih produk kemasan halal, Anda harus cermat dalam memilihnya. Jangan asal memilih kemasan yang ada di pasaran. Anda pun jika ragu dapat mengecek kehalalan produk kemasan tersebut melalui LPPOM MUI.

Demikianlah informasi yang bisa kami jelaskan. Jika bermanfaat, jangan lupa bagikan ke orang lain.

Posting Komentar untuk " 6 Alasan Menggunakan Kemasan Makanan yang Halal"

Berlangganan via Email