Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Alasan Pekerjaan Freelance Bisa Memiliki Penghasilan Besar

Pekerjaan sebagai freelance di zaman sekarang ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Jika dahulu freelance dianggap pekerjaan sampingan yang tidak tepat jika dianggap pekerjaan utama, maka saat ini banyak orang yang menjadikan "pekerjaan sampingan" ini sebagai sumber finansial utama.

Tahukah Anda bahwa perkembangan teknologi semakin memudahkan mereka yang bekerja sebagai freelance. Adanya teknologi yang canggih, para freelancer dapat bekerja dari mana saja, misalnya sistem remote working. Dengan kata lain, tren penggunaan teknologi ini telah mengubah petak karier "freelance".

Terdapat banyak situs-situs besar bagi pekerja freelance yang bisa dijadikan sumber penghasilan besar. Sebenarnya, modal utama freelancer adalah profesional dan dapat mengatur waktu dengan baik. Bahkan ada pula freelancer yang bisa mengalahkan pendapatan dari gaji pegawai negeri.

Menjadi freelance kaya raya
Source: StartupStockPhotos


Karena sangat terkait dengan penggunaan teknologi, pekerjaan freelance juga cocok sekali jika diterapkan di masa pandemi seperti sekarang ini. Karena sistemnya remote working, maka seorang freelancer seharusnya tak terkena badai PHK. Justru ia tetap dapat bertahan dan terus memperluas jaringan yang ada.

Bagi Anda yang sedang menganggur atau bagi Anda yang sudah menjalani pekerjaan sebagai freelancer full time, berikut ini Zhinkadiary.com paparkan keuntungan menjadi freelance sebagai pilihan karier di masa depan.


Hobi dapat menghasilkan uang

Jika dikelola dengan baik, hobi Anda pun bisa menghasilkan uang. Misalnya jika Anda menyukai desain grafis, maka hobi Anda ini bisa dijadikan pekerjaan freelance. Anda bisa bayangkan jika hasil desain Anda diminati banyak orang atau perusahaan, maka bukan tak mungkin job akan terus berdatangan dan pundi-pundi uangmu semakin bertambah.

Baca juga: Kerja di Rumah Berpenghasilan Besar, Anda Bisa Mencoba 6 Bidang Pekerjaan Ini

Mungkin inilah waktu yang tepat bagi Anda untuk memikirkan kembali: "Passion atau hobi saya ada di bidang apa?" Galilah lebih jauh lagi jika belum ada hobi yang spesifik. Tentunya, setiap orang memiliki passion yang berbeda satu sama lain. 


Pekerjaan di masa depan

Tampaknya di masa depan, bisa saja kita bekerja semakin efektif dengan menggunakan teknologi. Karena itu, freelance dapat menjadi suatu pekerjaan tetap di masa depan. Apalagi sekarang ini fenomena bekerja dari jarak jauh sudah semakin menjamur di mana-mana. Asalkan pekerjaan dapat selesai tepat waktu dan hasilnya bagus, maka freelancer tersebut akan selalu dibutuhkan jasanya. Bahkan tidak hanya dari negara kita saja, melainkan dari negara lain membutuhkan jasa kita.

Sudah jelas bahwa bayaran menggunakan dollar jika dirupiahkan lebih besar. Jadi, jika ada banyak proyek yang dibayar menggunakan dollar, maka Anda perlu mengalikannya saja....


Selalu ada peluang

Apakah Anda seorang karyawan sebuah perusahaan dan bingung dalam mencari penghasilan tambahan? Nah, Anda harus mencari peluang untuk memulai pekerjaan sampingan ini. Misalnya, di waktu pulang kerja, manfaatkanlah waktu untuk mengeruk pundi-pundi pendapatan dengan menjadi seorang freelancer.

Tak selalu harus berkaitan dengan bidang pekerjaan utama Anda. Justru Anda dapat mengeksplorasi bakat-bakat terpendam yang Anda miliki. Misalnya, Anda memiliki keahlian dalam menyunting naskah, maka Anda bisa menjadi seorang editor buku. Jika pekerjaan menyunting naskahnya dianggap memuaskan, maka bukan tak mungkin tawaran akan selalu berdatangan.

Baca juga: 10 Tips Ampuh Lolos Interview PT

Karena itu, Anda juga perlu membuat portofolio secara online, seperti Linkedin, agar profesionalitas Anda mendapatkan tempatnya. Dan ini juga menjadi peluang besar untuk meraup keuntungan yang lebih banyak.


Melatih kreativitas dan jiwa berbisnis

Sadar atau tidak, menjadi seorang freelance artinya Anda sedang membangun branding personal untuk diri Anda. Selain itu, menjadi seorang freelancer dapat membuat Anda harus kreatif dan meningkatkan kemampuan dalam soal berbisnis.

Pasalnya, seorang freelancer tidak bekerja untuk orang lain dan ia harus mampu bertahan di tengah persaingan dalam dunia freelancer yang semakin ketat. Tanpa memiliki kreativitas, profesionalitas, dan jiwa berbsinis, maka Anda tidak akan pernah menjadi seorang freelancer. 

Demikian beberapa poin keuntungan menjadi seorang freelancer. 

Posting Komentar untuk "4 Alasan Pekerjaan Freelance Bisa Memiliki Penghasilan Besar"

Berlangganan via Email