5 Masalah yang Jadi Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis/Drop

Iklan 728x90

5 Masalah yang Jadi Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis/Drop

Baterai laptop cepat habis, padahal baru dipakai, merupakan hal yang paling menjengkelkan. Apalagi sedang diburu-buru deadline atau tugas kantor yang saat itu juga harus dikirim. Masalahnya, jika di tempat kamu tidak ada colokan untuk charger baterai, maka serasa tamat riwayat kita jikalau baterai benar-benar habis.

Memang, baterai laptop awet atau tidak awet bergantung pada masa pemakaian dan bagaimana cara kamu merawatnya. Berbeda halnya jika kamu baru saja membeli laptop, maka rasanya baterai terasa lebih tahan berjam-jam ketika digunakan. Namun jika usia baterai sudah cukup berumur, maka tak pelak lagi bermunculan masalah seperti di atas.

Baterai Laptop Cepat Habis
Sumber gambar: Pixabay/mohamed_hassan

Pada dasarnya semua barang elektronik, termasuk baterai laptop, akan turun performanya jika semakin sering digunakan. Jadi, semua baterai laptop akan rusak pada waktunya. Akan tetapi, permasalahannya, apakah sebagai pengguna kamu mempercepat penurunan performanya/justru menjaganya agar performanya tidak menurun cepat.

Itu sebabnya, kamu harus mengetahui penyebab mengapa baterai laptop cepat habis/drop berdasarkan rangkuman Zhinkadiary.com berikut ini.

1. Pemakaian laptop di luar batas

Semua barang elektronik memiliki batas waktu pemakaian. Jika pemakaian tidak wajar, maka akan menimbulkan masalah. Begitu pun ketika kamu menggunakan laptop hingga berjam-jam tanpa henti, maka jangan heran jika masa pemakaian baterai lebih cepat.

Baca juga: Aplikasi Penghemat Baterai Android Paling Ampuh dan Terbaik di Dunia

Laptop mudah sekali panas, apalagi jika berjam-jam bekerja maka akan menyebabkan kerusakan pada komponen di dalam baterai. Nah, jika kamu menggunakan laptop secara jorjoran, mulai sekarang berilah jeda sesaat sebelum melanjutkan pekerjaan.

2. Menggunakan laptop ketika dicharger

Apakah kamu sering menggunakan laptop sembari men-charger-nya? Nah, mulai sekarang hentikan deh kebiasaan seperti ini. Akibatnya, jika kamu lakukan berulang-ulang akan membuat baterai lemah karena daya yang masuk tidak tersimpan, melainkan langsung terpakai.

Sebetulnya, pemakaian laptop yang benar adalah ketika baterai sudah terisi dengan sempurna. Namun banyak orang yang mengisi baterai sambil menggunakannya untuk bekerja. Tentunya alasan praktisnya adalah jika menunggu baterai penuh, waktu akan terbuang.

3. Menggunakan laptop sampai baterai kosong

Kebiasaan menggunakan laptop hingga baterai terkuras habis hingga 0% justru berakibat buruk pada masa pakai baterai. Usahakan sebelum baterai benar-benar habis, lakukan charger terlebih dahulu.

Sama halnya jika kita menggunakan smartphone, maka jika sering menghabiskan baterai sampai kosong justru akan membuat baterai tidak awet dan cepat merusak komponen yang ada di sekitarnya.

4. Laptop dibebani pekerjaan berat

Sebelum membeli laptop, kamu harus tahu pekerjaan apa yang akan kamu bebankan ke laptop. Apakah hanya untuk sekadar mengetik? Untuk mengedit foto? Atau mengedit video? Ini penting, karena jika pekerjaan dan spesifikasi laptop tak sejalan, maka berakibat buruk pada kesehatan laptop.

Baca juga: Ponsel sering Panas? Coba Aplikasi Pendingin HP Android Terbaik

Jika kamu menggunakan laptop untuk editing video, maka spesifikasinya harus besar, RAM/CPU harus menyesuaikan tingkat beban pekerjaan. Jika tidak sesuai spesifikasi akan menyebabkan laptop cepat panas dan merusak komponen-komponen yang terdapat di dalamnya. Termasuk juga kualitas baterai dapat lebih cepat boros.

5. Jangan letakkan laptop sembarangan

Cara meletakkan laptop juga harus kamu perhatikan dengan baik. Apakah kamu pernah meletakkan laptop dalam kondisi menyala di kasur? Nah, mulai detik ini jangan lagi ulangi hal tersebut.

Pasalnya, di laptop terhadap sistem pendingin yang berada pada bagian samping. Jika diletakkan di kasur, maka saluran pendingin yang membuang udara panas tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Akibatnya, baterai dan komponen lainnya mengalami overheat/panas berlebih.

Itulah beberapa hal mendasar yang sering dilakukan banyak orang sehingga membuat baterai laptop tidak tahan lama. Semoga membantu!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post