10 Aplikasi Penghemat Baterai Android Paling Ampuh dan Terbaik di Dunia

Iklan 728x90

10 Aplikasi Penghemat Baterai Android Paling Ampuh dan Terbaik di Dunia

Aplikasi penghemat baterai Android merupakan suatu kebutuhan penting bagi pengguna smartphone. Apalagi smartphone merupakan alat komunikasi paling canggih pada masa kini yang tak hanya digunakan untuk berkomunikasi, tetapi juga berbagai macam fungsi lain.

Fitur-fitur smartphone dalam berbagai merek terus diperbarui sehingga semakin hari semakin canggih. Namun hal demikian menyisakan suatu problem bagi penggunanya, yaitu pemakaian baterai menjadi boros. Apakah kamu pernah mengalami baterai Androidmu lekas habis, padahal baru saja di-charger?

Aplikasi Penghemat Baterai Android
Sumber gambar: Pixabay/Siez18

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan baterai Andoridmu cepat boros. Di antaranya penggunaan internet yang berlebihan dan bermain game. Nah, kedua hal ini tentu saja menggunakan daya baterai lebih banyak dari penggunaan normal.

Untuk itu, pengguna aktif smartphone lebih baik menggunakan powerbank atau membawa charger sehingga bisa mengisi daya baterai di tempat-tempat umum seperti kafe, stasiun, atau tempat kuliah. Meski demikian, cara seperti ini tidak selalu praktis untuk mempertahankan daya baterai HP kamu. Pasalnya, kamu tidak selamanya berada di tempat yang memiliki colokan listrik.

Cara terbaik dan paling ampuh untuk mempertahankan daya baterai smartphone kamu salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi penghemat baterai. Menurut Zhinkadiary.com aplikasi penghemat ini sangat penting dan perlu kamu install agar rentang pemakaian ponsel kamu dapat bertahan lebih lama.

1. Kaspersky Battery Life

Kaspersky Battery Life

Kaspersky Battery Life merupakan penghemat baterai yang wajib kamu install. Aplikasi ini mampu meningkatkan daya tahan penggunaan smartphone dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Aplikasi ini juga dapat mempercepat waktu charger dan memaksimalkan penggunaan smartphone.

Selain gratis, Kaspersky Battery Life dapat digunakan dengan mudah untuk telepon seluler dan tablet Android lho. Ada kelebihan aplikasi ini, yakni secara otomatis dapat memonitor aplikasi yang aktif di Android sehingga kamu segera mengetahui aplikasi mana yang paling banyak memakan daya baterai dan kamu dapat langsung menonaktifkan aplikasi tersebut.

Kelebihan lainnya, aplikasi ini dapat memberi tahu kamu mengenai perkiraan daya baterai dalam waktu jam dan menit dengan akurat. Kaspersky Battery Life juga akan memberikan notifikasi jika terdapat aplikasi yang menggunakan energi baterai lebih dari biasanya.

2. Flip & Save

Flip & Save

Flip & Save adalah aplikasi penghemat baterai Android terbaik dan gratis yang mampu meningkatkan performa dan kinerja penggunaan baterai. Aplikasi ini dapat memberikan informasi yang akurat mengenai persentase penggunaan baterai harian kamu.

Aplikasi ini menawarkan kemudahan hanya dalam satu kali klik, maka optimasi daya baterai kamu akan bekerja. Flip & Save juga menggunakan mode hemat baterai yang kapan pun dapat kamu aktifkan.

Kinerja smartphone kamu akan terus terpantau Flip & Save seperti di antaranya:
  • Tegangan baterai
  • Status baterai
  • Indikator suhu baterai
  • Waktu tambahan setelah mengisi daya
  • Durasi layar selama mode hemat baterai

3. Battery Doctor

Battery Doctor

Battery Doctor merupakan aplikasi penghemat baterai yang dikembangkan oleh Clean Master. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis dan review dari banyak pengguna di Google PlayStore juga positif. Kamu bisa mencoba aplikasi ini dan lihatlah perbedaan dari sebelum memakainya.

Baca juga: Aplikasi Android paling Berguna dan Canggih yang Bisa Kamu Undah

Fitur-fitur yang dimiliki Battery Doctor antara lain:
  • Cukup satu kali tekan tombol untuk menghentikan aplikasi yang menguras baterai
  • Memantau pengisian daya secara realtime
  • Memberikan informasi mengenai ketahanan baterai dalam berbagai macam kondisi, seperti main game, WiFi, dan lain-lain
  • Akses pengaturan sistem yang berhubungan dengan daya baterai terintegrasi dengan baik
  • Dapat mengatur jadwal mode penghematan baterai dalam situasi apa pun
  • Terdapat pengontrol kecerahan
  • Disupport dalam 28 bahasa
  • Sangat mudah digunakan

4. Battery Widget Reborn

Battery Widget Reborn

Battery Widget Reborn merupakan widget baterai yang juga berfungsi untuk mengatur daya pemakaian baterai. Mode penghematan ini dapat otomatis berfungsi pada malam hari lho.

Terdapat fitur tambahan pada aplikasi ini, seperti senter, jalan pintas pengaturan,  dan ekstensi DashClock. Namun aplikasi ini tersedia versi pro dan versi gratis. Perbedaannya, dalam versi pro tak ada iklan dan versi gratis terdapat iklan.

5. AccuBattery

AccuBattery

AccuBattery dapat melindungi kesehatan baterai Android kamu, menampilkan informasi mengenai pemakaian baterai, dan mengukur kapasitas (mAh) baterai.

Baterai yang kamu gunakan tentu memiliki masa pakai yang terbatas. Bahkan setiap kali kamu mengisi daya baterai, maka secara kontinu akan menurunkan kapasitas baterai. Berdasarkan penelitian ilmiah, masa pakai baterai dapat diperpanjang sampai 200% jika kamu mengisi daya hanya sampai 80% saja.

Untuk itu, jika kamu menggunakan AccuBattery, masa baterai kamu akan diperpanjang. Selain itu, kamu akan diinformasikan jika terdapat aus selama sesi pengisian daya baterai.

Kelebihan AccuBattery adalah dapat mengukur penggunaan baterai secara realtime dengan menampilkan informasi dari pengontrol pengisian daya baterai. Pemakaian baterai pada setiap aplikasi juga ditentukan dengan menggabungkan pengukuran dengan informasi setiap aplikasi.

6. Greenify

Greenify

Greenify adalah aplikasi penghemat baterai yang dapat membantu pengguna untuk mengidentifikasi dan menempatkan aplikasi penguras baterai ke mode hibernasi saat kamu tidak menggunakan aplikasi tersebut.

Berdasarkan review dari pengguna di Google PlayStore, Greenify dapat menghibernasi aplikasi yang secara diam-diam bekerja di latar belakang dan menghemat baterai 60% lebih hemat dari sebelumnya.

Reviewer lain mengatakan aplikasi ini sangat membantu saat bermain game PUBG tanpa adanya lag. Aplikasi ini juga dapat mengurangi suhu HP di saat bermain game. Ada juga reviewer yang menyebutkan bahwa Greenify ini bagus untuk menghentikan paksa aplikasi secara otomatis dan membersihkan RAM secara otomatis.

7. Baterai HD - Battery

Baterai HD - Battery

Baterai HD - Battery dapat digunakan untuk memantau daya baterai di ponsel atau tablet. Keunggulan yang dimiliki aplikasi ini adalah kamu dapat mengetahui berapa waktu yang tersisa saat mendengarkan musik, menonton video, berbicara di telepon, berselancar internet, sisa waktu charger, membaca buku, merekam video, dan lain-lain.

Baca juga: Pengertian Unicorn dalam Startup

Berdasarkan review dari pengguna di Google PlayStore, aplikasi ini memiliki pengaturan lengkap dan tak membingungkan pengguna. Baterai HD - Battery ini juga dapat memberi tahu pengguna jika tidak tersedia cukup data ketika hendak menginstall aplikasi.

8.  Battery Saver - Battery Doctor

Battery Saver - Battery Doctor

Battery Saver - Battery Doctor adalah aplikasi pintar dan sangat mudah digunakan untuk membantu memantau status baterai dan memperpanjang status pemakaian baterai.

Aplikasi ini bisa dengan mudah memantau aplikasi yang menyebabkan suhu ponsel panas dan file sampah. Dengan menggunakan Battery Saver, kamu dapat dengan mudah menghemat daya baterai, mendinginkan ponsel, dan membersihkan file sampah hanya dengan satu kali ketukan.

Fitur utama yang terdapat dalam Battery Saver antara lain:
  1. Optimasi dengan satu kali ketukan. Fitur ini untuk memonitor baterai dengan menunjukkan peringkat aplikasi yang sedang kamu gunakan. Dengan satu kali ketukan, aplikasi yang menguras baterai secara otomatis akan dimatikan.
  2. Analisis profesional. Battery Saver dapat secara efektif mendeteksi suhu CPU dan melindungi perangkat dari panas berlebihan ataupun pengisian daya yang berlebihan. Bahkan aplikasi ini juga dapat menunjukkan berapa lama ponsel kamu bertahan dalam berbagai pengaturan sistem telepon.
  3. Mode hemat baterai yang dapat disesuaikan. Aplikasi penghemat baterai ini memungkinkan kamu menyesuaikan mode hemat daya seperti WiFi hidup/mati dan kecerahan layar. Kamu pun dapat menghemat dan memperpanjang waktu penggunaan sesuakamu.
  4. Charging monitor dan perlindungan panas berlebih. Ketika ponsel kamu sedang diisi daya, aplikasi ini akan membantu kamu memantau status pengisian dan memberikan kamu tips ihwal pengisian yang benar. Hal ini dapat mengoptimalkan status pengisian daya untuk melindungi ponsel kamu dari panas berlebih/pengisian berlebih.
  5. Junk files cleaner. Memori ponsel perlu dibersihkan secara teratur. Nah, aplikasi ini dapat dengan cepat menemukan file sampah yang terdapat dalam memori, sistem, dan aplikasi hanya dalam satu kali ketukan. 

9. Battery Saver - Bataria Energy Saver

Bataria Energy Saver

Battery Saver/Bataria Energy Saver merupakan satu di antara aplikasi pemanjang masa pakai baterai terbaik dan berani memberikan jaminan usia baterai yang lebih tahan lama.

Dengan sekali sentuh/ketuk, aplikasi cerdas ini akan memungkinkan kamu mengontrol kapan dan bagaimana perangkat di Android menggunakan daya baterai.

Fitur utama dalam aplikasi ini antara lain:
  • Penghematan baterai yang terjadwal
  • One-tap battery saver
  • Pemantauan suhu baterai
  • Task manager
  • Power saver mode yang disesuaikan
Bataria juga mempunyai semua tools penting untuk penggunaan baterai yang efisien dan semuanya gratis lho!

10. Power Battery - Battery Life - Saver and Cleaner

Power Battery - Battery Life - Saver and Cleaner

Power Battery adalah penghemat baterai yang dalam penggunaannya tak memerlukan konektivitas online. Aplikasi ini dapat bekerja dengan baik pada Android. Masa pemakaian ponsel kamu akan lebih lama karena terdapat mode sleep ketika ponsel tak digunakan.

Aplikasi ini juga mampu membersihkan memori RAM dan mengoptimalkan kecepatan dengan cara menghapus tugas latar belakang yang berlebihan. File cache yang merupakan sampah secara otomatis dibersihkan untuk meningkatkan kinerja perangkat ponsel.

Di samping itu itu, Power Battery secara canggih akan selalu memonitor smartphone secara realtime dan memberikan informasi akurat mengenai aplikasi yang menyebabkan suhu panas ponsel. Analisa ini memungkinkan proses pendinginan suhu pada CPU agar menjaga suhu ponsel pada kondisi normal.

Kesimpulan

Dari kesepuluh aplikasi penghemat baterai terbaik di Android di atas, kamu dapat mencobanya satu per satu. Pasalnya, tidak ada aplikasi yang sempurna dan karena itu kamu dapat melihat ada banyak berapa bintang yang diberikan pengguna terhadap aplikasi tersebut. Kalau banyak keluhan dari pengguna, berarti aplikasi tersebut sebaiknya tak perlu kamu install di Android. Indikator ini dapat menjadi petunjuk tentang performa sebuah aplikasi ketika masyarakat menggunakannya. Selamat mencoba!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post