10 Aplikasi Android paling Berguna dan Canggih yang Bisa Kamu Unduh

Iklan 728x90

10 Aplikasi Android paling Berguna dan Canggih yang Bisa Kamu Unduh

Aplikasi Android di Google Play Store terhitung pada akhir tahun 2018 berjumlah sekitar 2,5 juta. Bukan main banyaknya pertumbuhan aplikasi sehingga kita sebagai konsumen kadang dibuat bingung karena ada banyak aplikasi yang memiliki fungsi yang sama. Apakah kamu ingat jumlah aplikasi apa saja yang pernah kamu gunakan? Apakah aplikasi-aplikasi tersebut membantu aktivitas keseharianmu?

Aplikasi Android merupakan aplikasi berperangkat lunak yang berbasis platform Android. Karena platform Android dirancang untuk perangkat seluler, maka aplikasi ini khusus diciptakan untuk ponsel pintar atau PC tablet yang menggunakan OS Android.

 Aplikasi Android

Aplikasi Android disediakan oleh pengembang lewat situs web dan sebagian besar aplikasi diunggah dan diterbitkan melalui Android Market, yakni toko online yang didedikasikan untuk aplikasi ini. Pada Andorid Market terdapat aplikasi yang berbayar maupun yang gratis.

Di bawah ini ZhinkaDiary.com uraikan sejumlah aplikasi Android yang terbaik. Ukuran terbaik ini berdasarkan pengalaman pengguna terhadap fungsi aplikasi tersebut. Sebagian aplikasi memang sudah familiar, tetapi sebagian yang lain mungkin belum pernah kamu gunakan. Karena itu, beberapa aplikasi penting yang dibahas sebaiknya kamu miliki.

1. Google Drive

Google Drive


Google Drive adalah penyimpanan berbasis cloud yang bisa diakses di Android dan tersedia 15 GB secara gratis dan permanen bagi pengguna Gmail yang telah terdaftar. Kamu bisa mendapat penyimpanan lebih dari 15 GB jika meng-upgrade atau berlangganan premium.

Google Drive merupakan aplikasi yang terbaik dan istimewa pada Android karena sangat membantu dan memudahkan pekerjaan siapa saja.

Sistem penyimpanan berbasis awan ini dapat menyimpan segala jenis file, mulai dari mp3, video, Word, Excel, PDF, PowerPoint, dan sebagainya. Dengan demikian, kamu tak memerlukan lagi alat semacam flashdisk karena semua data aman tersimpan dan selalu mobile.

Semua data yang kamu simpan bisa kamu kelompokkan sehingga tidak acak-acakan. Pasalnya terdapat beberapa fitur yang bisa kamu gunakan, seperti "Priority" yang hanya menampilkan data prioritas atau penting saja. Kamu, misalnya, dapat membuat folder yang khusus menyimpan data-data penting saja.

Data-data lain bisa kamu susun secara sistematis di fitur “My Drive” sebagaimana semudah mengelompokkan data di folder komputer.

2. WhatsApp

WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi berkirim pesan instan dan gratis. Dengan sambungan internet, pengguna bisa berkomunikasi satu sama lain di mana pun. Aplikasi ini digemari hampir di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia WhatsApp menduduki tempat teratas sebagai layanan komunikasi.

Selain untuk berkomunikasi melalui chatting, WhatsApp juga dapat mengirim pesan berupa pesan suara, tautan, gambar, lokasi, PDF, serta panggilan video. Karena kemudahan inilah yang membuat WhatsApp dipakai dari mulai pelajar hingga ibu rumah tangga.

WhatsApp kini juga merambah lingkungan kantor karena terdapat versi dekstopnya sehingga dapat memudahkan komunikasi dengan teman kerja atau klien. Dengan fitur grup, kamu bisa saja membuat grup berdasarkan minat atau hobi, atau grup dalam satu tim pekerjaan.

3. Google Maps

Google Maps

Aplikasi Android paling berguna bagi umat manusia ialah Google Maps. Aplikasi ini menawarkan layanan pemetaan navigasi, lalu lintas, transit, dan GPS secara real-time. Kiranya kamu tentu pernah mencari lokasi tempat tertentu menggunakan Google Maps, bukan?

Baca juga: Ponsel sering Panas? Coba Aplikasi Pendingin HP Android Terbaik

Google Maps memberikan pelayanan yang akurat lebih dari 200 negara dan teritorial. Dengan bantuan peta Google, kamu bisa mencari titik lokasi suatu tempat dengan sangat mudah. Karena itu, ke mana pun kamu pergi, maka kamu tidak akan nyasar, karena aplikasi ini akan mencarikanmu jalur tujuan.

Aplikasi Android ini sangat membantu sekali driver online, seperti Gojek dan Grab, dalam mencari lokasi penumpang dan mengantar hingga tempat tujuan. Nah, bagaimana jadinya jika tidak ada Google Maps?

4. Nova Launcher

Nova Launceher

Nova Launcher merupakan salah satu peluncur Android terbaik yang ada di Play Store. Aplikasi ini memiliki pelucur yang lembut, cepat, ringan, serta dilengkapi banyak kustomisasi. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi paket-paket ikon yang bisa kamu pilih sesuai selera di Play Store untuk mengubah tampilan.

Nova Launcher kini telah mendukung kustomisasi app-drawer, memiliki dock yang bergulir, lencana pemberitahuan, kutomisasi folder, dan ikon. Aplikasi peluncur ini dapat diunduh dengan gratis.

Mungkin saja, kamu ingin mencoba aplikasi peluncur ini karena terdapat fitur-fitur canggih untuk menyempurnakan layar beranda gadget. Kelebihan lain yang dimiliki aplikasi ini, antara lain, terdapat tema ikon kusom dengan ribuan tema ikon yang terdapat di Play Store serta mode malam yang aktif secara otomatis pada waktu tertentu.

Soal kecepatan? Nova memiliki kecepatan yang bisa diandalkan dengan tampilan animasi yang lembut dan tajam, yang akan membuat ponsel lawas terasa lebih cepat tanpa gangguan.

5. Swiftkey Keyboard


Swiftkey Keyboard

Swiftkey Keyboard adalah aplikasi tepercaya lebih dari 250 juta pengguna di seluruh dunia. Aplikasi ini menggunakan kecerdasan buatan yang memungkinkannya untuk memprediksi secara "memuaskan" apa yang ingin diketik oleh pengguna.

Aplikasi ini dapat mengoreksi secara otomatis dan menginput lebih cepat. Namun, Swiftkey tidak menyimpan segala informasi terkait kata sandi atau nomor kartu kredit.

Keyboard Swiftkey selalu belajar dan beradaptasi agar mengikuti cara kamu mengetik, termasuk ketika menggunakan bahasa gaul, nama panggilan, dan emoji yang sering kamu gunakan.

Aplikasi ini akan meningkatkan pengalaman kamu dalam mengetik. Dengan demikian, kamu pun bisa menyampaikan maksud dengan cepat dan tepat tanpa kesalahan.

Kini Swiftkey dilengkapi dengan 100+ tema keyboard berwarna warni, serta keyboard multilingual yang mengaktifkan hingga lima bahasa sekaligus, serta keyboard yang mendukung lebih dari 300 bahasa.

6. Evernote

Evernote

Evernote adalah aplikasi yang berfungsi untuk membuat catatan dalam berbagai format, seperti teks, foto, audio, video, sketsa, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Mudah Download Video Youtube di HP/Dekstop

Aplikasi ini mempunyai widget layar utama yang bisa mengakses cepat ke catatan kamu. Pasalnya, Evernote sudah disinkronkan di semua perangkat untuk memfasilitasi workflow pengguna.
Di samping itu, Evernote bekerja dengan membantu kamu fokus pada hal yang paling penting dan mempunyai akses ke informasi tersebut ketika kamu membutuhkannya.

Singkat kata, Evernote adalah notepad digital, perencana, pengingat, sekaligus pemroses kata-kata yang mudah diformat untuk semua gagasan yang kamu miliki.

7. Google News

Google Berita

Google News termasuk aplikasi yang mengirimkan berita yang relevan ke dalam umpan sehingga menampilkan berita yang serupa oleh media yang berbeda dan menyoroti semua persfektif yang ada.

Aplikasi ini mempunyai basis data sumber berita yang sangat besar, sehingga media-media yang tak terkenal dapat ditemukan dalam aplikasi Google News.

Bisa dikatakan bahwa Google News merupakan aplikasi berita yang cerdas karena bisa mengatur apa yang terjadi di dunia. Itu sebabnya, Google News dapat membantu kamu mempelajari lebih lanjut mengenai peristiwa penting yang sedang terjadi.

Sekalipun koneksi internet sedang lemah, Google News akan menyesuaikannya dengan mengurangi ukuran gambar dan mengunduh lebih sedikit data.

8. WPS Office

Office

WPS Office adalah aplikasi gratis dari Office Suites dengan fitur all-in-one. Karena itu, aplikasi ini sangat kompatibel dengan Excel, PowerPoint, Word, PDF, spreadsheet, memo, Google Docs, dan sebagainya.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan konverter PDF, reader, editor, serta fitur berbagi file, serta pendukung mode multi-window, enskripsi data, dan lain sebagainya.

Bagi pelajar ataupun karyawan kantoran, aplikasi ini sangat mudah digunakan dan membantu pekerjaan. Misalnya, WPS Office dapat terhubung langsung dengan Drive Cloud secara otomatis untuk menyimpan dokumen.

9. PicsArt

PicsArt

Hingga saat ini, PicsArt diunduh lebih dari 500 juta kali dan termasuk salah satu aplikasi pengedita foto Android yang paling populer.

Aplikasi ini bisa kamu unduh dengan gratis. Fitur-fiturnya ada beragam, seperti menggambar foto, stiker, bingkai, pemotongan, clone tool, pengubah perspektif, tilt-shift, dan lain sebagainya.

Selain itu, PicsArt juga menyediakan 100-an font untuk menambahkan teks pada gambar dan membuat meme. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengeditan foto jadi lebih mudah dan menyenangkan!

10. Foxit Mobile PDF


PDF Reader

Foxit Mobile PDF merupakan aplikasi Android terbaik untuk pembaca PDF. Aplikasi PDF ini ringan sehingga memungkinkan kamu untuk melihat, membuat notes, dan memproteksi PDF di perangkat Android.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa langsung membagikan dokumen yang sudah diedit ke media sosial seperti Twitter dan Facebook. Untuk berbagi, kamu bisa menggunakan fitur Connected PDF yang berfungsi untuk berbagi komentar, diskusi, dan melihat siapa yang membaca ataupun mengedit file PDF.

Foxit Mobile PDF dapat memudahkan pekerjaan kamu dalam melihat dan membuat anotasi file PDF di Android ketika bepergian. Sudahkah kamu menggunakan aplikasi ini?

Kesimpulan

Berbagai aplikasi Android yang kami himpun menunjukkan bahwa teknologi berperan penting bagi kehidupan manusia. Bahkan teknologi kini banyak yang bisa kita akses secara gratis dan mudah. Untuk itulah, kita harus memanfaatkan teknologi secara benar sesuai dengan kebutuhan kita. Apalagi, aplikasi Android seperti yang disebut di atas merupakan aplikasi di Play Store yang paling berguna bagi keseharian dan berteknologi canggih. Semoga artikel ini membantu!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post