5 Aplikasi Ekstrak File ZIP/RAR di Android yang Terbaik dan Tanpa Ribet

Iklan 728x90

5 Aplikasi Ekstrak File ZIP/RAR di Android yang Terbaik dan Tanpa Ribet

Mengekstrak file Zip/RAR kini dapat dilakukan di Android dengan aplikasi-aplikasi terbaik dan enggak bikin ribet. Dahulu, mengcompress file Zip/RAR di PC sering kali menggunakan software WinRAR dan WinZip. Tetapi kini karena kita aktif menggunakan smartphone dan bahkan segala aktivitas kita lakukan di telepon pintar, maka kebutuhan untuk mengekstrak file juga dapat dilakukanan di telepon genggam.

Aplikasi Ekstrak File ZIP RAR
Sumber gambar: Pixabay/raphaelsilva

Ketika kita bepergian atau tidak sedang membawa laptop dan kebetulan di saat itu juga kita butuh file yang terdapat di dalam Zip/RAR, maka kita hanya perlu mengekstraknya melalui smartphone. Oleh karena itu, kamu jangan khawatir jika sedang berada pada situasi tersebut karena kini banyak bermunculan aplikasi-aplikasi di smartphone yang dapat membantu mengekstrak file Zip/RAR dengan mudah.

Berikut di bawah ini, ZhinkaDiary.com rangkum beberapa aplikasi ekstrak file Zip/RAR khusus untuk Android. Yuk, disimak aplikasi apa saja yang dapat kamu install di telepon genggam kamu.

1. RAR

RAR

Aplikasi ekstrak file bernama RAR ini adalah aplikasi kompresi yang all-in-one, gratis, mudah dan cepat digunakan, sederhana, dan dapat menjadi ekstraktor, asisten sekaligus pengarsip file yang dapat membantu pekerjaan kamu.

RAR ini dapat membuat RAR/Zip dan membuka arsip file RAR, Zip, TAR, GZ, XZ, BZ2, 7z, ISO dan ARJ. Aplikasi ini dapat melakukan perbaikan pada file Zip dan RAR yang rusak, enkripsi, dan menggunakan beberapa inti CPU untuk mengkompres data.

Selain Zip standar, fungsi unzip juga mendukung file Zip dan ZIPX dengan kompresi LZMA, BZIP2, XZ, dan PPMd yang dilindungi kata sandi. Unrar tersedia dalam versi arsip RAR yang termasuk RAR5, pelindung kata sandi, dan file multibagian.

Baca juga: Aplikasi Penghemat Baterai Android Paling Ampuh dan Terbaik di Dunia

Aplikasi RAR ini berisi iklan untuk biaya pengembangan. Kecuali jika kamu membayar, maka terdapat opsi menonaktifkan iklan. Hingga saat ini, total install aplikasi RAR ini lebih dari 100.000.000. Aplikasi ini terakhir diupdate 24 Oktober 2019 dan dikembangkan oleh RARLAB (published by win.rar GmbH).

Berikut ini adalah beberapa ulasan pengguna aplikasi RAR di Google PlayStore. Kami ambil secara acak:
  • Jovan Subagio: "Aplikasi ini bagus untuk yang punya problem gagal ekstrak yang merupakan bawaan dari filenya."
  • Muhammad Hafiz: " Saya kompres folder menggunakan apps ini. Namun ketika dibuka justru tidak bisa."
  • The wy to 7: "Ini aplikasi kesukaan saya, tidak ketinggalan selalu saya unduh karena selalu membantu saya dalam mengekstrak file yang saya unduh. Hebat."
  • Aulia Habib Ramadhana: "Aplikasi yang sangat berguna untuk mengekstrak file-file besar. Saya sangat berterima kasih."
  • Misbah Nurfirdaus: "Bagus, sangat membantu, mudah digunakan. Andaikan warna temanya bisa diganti, pasti lebih bagus."

2. ZArchiver

ZArchiver

ZArchiver merupakan aplikasi yang berfungsi untuk melakukan manajemen arsip. Aplikasi ini mempunyai antarmuka yang sederhana tetapi sangat fungsional.

ZArchiver antara lain dapat membuat arsip berjenis 7z (7zip), gzip (gz), XZ, tar, zip, bzip2 (bz2). Selain itu, aplikasi ini mampu mengkompres tipe arsip seperti img (fat, ntfs, ubf), 7z (7zip), zip, rar, rar5, bzip2, wim, ecm, lzip, egg, alz, gzip, XZ, iso, tar, arj, tgz, tbz, lha, lzma, cab, lzh, xar, Z, deb, rpm, zipx.

Keunggulan lain dari ZArchiver adalah mampu melihat isi arsip dari jenis seperti XZ, iso, tar, arj, cab, lzh, lha, 7z (7zip), zip, rar, rar5, bzip2, gzip, lzma, deb, rpm, zipx, mtz, chm, dmg, cpio, cramfs, xar, tgz, tbz, Z.

Jika kamu hendak membuat dan dekompres arsip yang dilindungi menggunakan kata sandi, maka gunakanlah ZArchiver. Segala urusan kamu dalam hal mengekstrak atau membuat file Zip/RAR terpecahkan dengan aplikasi ini. Hingga saat ini terdapat install sebanyak 50,000,000 lebih. Juga aplikasi ini terakhir diperbarui pada 7 Oktober 2019.

Berikut ini adalah beberapa ulasan pengguna aplikasi ZArchiver di Google PlayStore. Kami ambil secara acak:
  • Cohen: “ZArchiver adalah aplikasi Android yang sangat membantu dan tanpa iklan yang mengganggu terus-menerus. Manajerial Zip dan Unzip pada aplikasi ini lebih baik dibanding yang lain.”
  • Pro Gamer YT: “Aplikasi ini sangat pas dipakai untuk mengekstrak file dan saya sudah 4 tahun menggunakannya. Saya sangat menyukai aplikasi ini dan berharap pengembang dapat meningkatkan fungsinya lebih banyak dan suatu hari bukan tak mungkin aplikasi ini menjadi no 1 di PlayStore.”
  • Aditya Sharma: "Ini adalah aplikasi luar biasa untuk mengekstrak dan unzipping. Saya sangat senang sekali. Namun jika pengembang aplikasi ini dapat menambahkan lebih banyak fiturnya, maka akan lebih baik lagi."
  • Pushpa Valli: "Ini adalah penjelajak file terbaik! Aplikasi ini tidak memiliki iklan yang tidak penting. Aplikasi ini juga dapat membantu untuk melakukan banyak hal yang terkait dengan file. Dan, aplikasi ini dapat memberikan semua cara yang mungkin untuk me-maintain file."
  • Chris Nguyen: "Luar biasa! Ringan dan bebas dari iklan yang mengganggu. Seharusnya aplikasi ini bisa mengingat kata sandi selama 3-5 menit sehingga pengguna tidak perlu mengetik ulang kata sandi tiap kali."

3. Simple Unrar 

Simple Unrar

Simple Unrar adalah aplikasi yang ampuh untuk mengekstrak arsip RAR. Aplikasi ini dibangun menggunakan perpustakaan Unrar terbaru sehingga menyediakan decompression yang lebih cepat.

Fitur-fitur yang tersedia dalam Simple Unrar antara lain: ekstrak file RAR, ekstrak file RAR yang dilindungi kata sandi, ekstrak arsip RAr multi-bagian, ekstrak file dalam folder yang dipilih, dapat menyimpan file yang rusak, mendukung RAR versi 5, hingga dapat mengekstrak RAR langsung dari lampiran e-mail.

Nah, semua fitur yang ada di Simple Unrar adalah gratis!

Menurut pengembangnya, aplikasi ini masih dalam proses pengembangan sehingga akan lebih banyak fitur yang ditambahkan dan bug yang diperbaiki. Simple Unrar terakhir kali diperbarui pada 11 April 2019. Hingga saat ini, Simple Unrar sudah terinstall sebanyak lebih 5,000,000 kali.

Berikut ini adalah beberapa ulasan pengguna aplikasi Simple Unrar di Google PlayStore. Kami ambil secara acak:
  • mahla mahla: "Sangat bagus dan berguna. Kadang-kadang saya tidak bisa membuka beberapa subtitel, tetapi sekarang dengan menggunakan aplikasi ini, saya dapat dengan mudah membuka file Zip apa pun."
  • R. S. Tade: "Saya suka sekali aplikasi ini karena dapat bekerja dengan baik. Saya berharap iklan yang ada memiliki lebih banyak variasi meskipun iklan yang sama muncul 3 kali berturut-turut dan itu membosankan."
  • Yasmin: "Aplikasi ini memunculkan iklan yang mengganggu dan bahkan ketika Anda tidak sedang menggunakan aplikasi."
  • Si Leath: "Persis seperti namanya, sederhana dan mudah."
  • Jose Sandoval: "Sempurna... Mudah sekali digunakan. Cepat dan saya sangat merekomendasikan aplikasi ini."

4. B1 Archiver

B1 Archiver zip rar unzip

B1 adalah aplikasi Android pengarsip terlengkap karena dapat mengkompres Zip, RAR, B1 dan 34 format lainnya. Aplikasi ini juga dapat membuat arsip Zip dan B1 yang dilindungi kata sandi.

Keunggulan B1 adalah mampu menjelajah file arsip tanpa ekstrak dan mengekstrak sebagian file yang dipilih tanpa mengkompres seluruh arsip.

Baca juga: Aplikasi Efek Bokeh Terbaik yang Ada di Android

Aplikasi ini berisi iklan, tetapi kamu dapat menghilangkan iklan jika menggunakan versi yang pro. B1 juga didukung oleh 30 bahasa sehingga sangat memudahkan pengguna dari mancanegara.

Berikut ini adalah beberapa ulasan pengguna aplikasi B1 di Google PlayStore. Kami ambil secara acak:
  • W Joe Westfall: "Cukup praktis untuk penyimpanan internal dan dapat digunakan pada penyimpanan SD eksternal di ponsel/tablet."
  • Ajay Kumar: "Aplikasi ini sangat berguna. Jika Anda dapat meningkatkan tampilannya, maka akan menjadi luar biasa."
  • Sue Gordon: "Aplikasi ini dapat mengekstrak cepat file dari Zip."
  • Sasa Marici: "B1 dapat bekerja dengan file menggunakan aplikasi lain yang tidak berfungsi. Gratis lagi. Ponsel yang saya gunakan Sony Xperia z 4 sekitar 5 tahun."
  • Orlando Stephenson: "Aplikasi unzip terbaik sepanjang masa. Sangat keren! 100% berfungsi semua."

5. 7Zipper


7Zipper adalah aplikasi yang dapat membantu kamu menjelajah. Aplikasi ini berfungsi sebagai pengarsip/ekstraktor dan manajemen file.

Fitur yang dimiliki 7Zipper ialah memiliki penampil gambar (termasuk animasi gif), penampil teks, klien ftp, server ftp dan http (kamu dapat mengelola file di ponsel dengan WiFi), terdapat penyimpanan SDCard, pengubah ukuran gambar, mendukung jaringan lan, dan mendukung akses untuk penyimpanan eksternal dan lain-lain.

Berikut ini adalah beberapa ulasan pengguna aplikasi B1 di Google PlayStore. Kami ambil secara acak:
  • Mehedy Hasan: "Ini adalah aplikasi terbaik. Tidak perlu kompromi lagi. Saya suka kalkulator atau pemilih warna."
  • KingLEGO10: "Aplikasi ini bekerja dengan sangat baik. Satu-satunya masalah adalah agak sulit dalam menavigasi menu. Tetapi selain itu, aplikasi ini diciptakan dengan baik."
  • Laura Clark: "Aplikasi terbaik yang pernah ada. Ini adalah aplikasi pertama yang saya instal di ponsel baru saya. 7zip dapat melakukan pekerjaan dengan baik dan gratis."
  • Robie: "Aplikasi hebat dan sangat mudah digunakan. Saya tidak akan pernah menggunakan aplikasi penjelajah file lain. Terima kasih guys."
  • Attila Krajcsi: "Saya menyukainya. Aplikasi ini sangat cepat dan terperinci. Bekerja dengan sangat baik."

Nah, itulah beberapa palikasi ekstrak file RAR/Zip untuk pengguna Android. Kamu dapat mencobanya satu per satu agar dapat membedakan performanya. Semoga membantu!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post