Cara Mengecek Broken Link di Blog dengan Mudah

Iklan 728x90

Cara Mengecek Broken Link di Blog dengan Mudah

Broken link atau tautan mati adalah tautan pada halaman web yang sudah rusak atau sudah dihapus. Dengan kata lain, tautan mati adalah tautan yang sudah tidak berfungsi lagi.

Tautan mati bisa disebabkan:
  • Situs web sudah tidak ada lagi
  • Halaman web dipindahkan tanpa melakukan redirect
  • Struktur URL situs web telah diubah
Apabila kamu mengklik tautan mati tersebut, maka kamu akan diarahkan ke "404 page error" atau pesan sejenis yang menjelaskan bahwa halaman web tersebut tidak lagi tersedia.

Broken Link

Broken link di mata SEO

Perlu ditekankan di sini bahwa mesin pencari melihat tautan sebagai penjamin kualitas suatu situs web. Karena itu, tautan yang terdapat dalam situs web kamu secara langsung dapat mempengaruhi peringkat dalam hasil pencarian di search engine. Jika kamu mengetahui ada tautan mati di website, maka segeralah dihapus atau diperbaiki.

Dengan memperbaiki tautan mati, kamu akan meningkatkan pengalaman pengguna dan menjadikan konten dalam situs web kamu mudah ditemukan user dan search engine.

Sebaliknya, situs web yang memiliki banyak tautan mati/rusak dapat menandakan bahwa website tersebut berkualitas rendah di mata search engine.

Memperbaiki tautan mati secara teratur adalah cara yang paling baik dan aman. Mengapa?

Baca juga: Domain: Pengertian, Jenis, dan Cara Memilihnya

Berdasarkan hasil analisis Maciej CegÅ‚owski, link rot atau link yang membusuk dapat terjadi secara alami. Kira-kira setiap tujuh tahun, kata Maciej, terdapat seperempat tautan mati di sebuah website.

Alasan paling masuk akal mengapa banyak tautan mati bisa jadi karena situs web tersebut sudah tidak aktif lagi di internet. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti situs web itu ditinggalkan user-nya karena minat mereka telah berubah, dan lain-lain.

Meskipun broken link mempengaruhi situs web kamu dalam hasil penelusuran, tetapi hal itu tidak akan mempengaruhi SEO secara keseluruhan. Tetapi tetap saja, broken link harus dibersihkan di blog kamu.

Berikut ini, Zhinkadiary.com jelaskan cara mengecek broken link di situs web kamu!

Brokenlinkcheck.com

1. Kunjungi situs https://www.brokenlinkcheck.com

broken link

2. Masukkan alamat situs web di kolom merah

Broken Link

3. Isi kolom "Security code" dengan kode yang tersedia. Misalnya, digambar terdapat kode r6b7f

4. Kemudian klik tombol "Find broken links now!". Sedangkan untuk pilihan "Report all occurrences ….." hasil yang kamu dapatkan lebih komprehensif tetapi proses pemindaiannya memakan waktu lebih lama

5. Tunggu beberapa saat hingga proses pemindaian broken link usai. Lamanya proses ini tergantung dari jumlah halaman yang terdapat dalam situs web kamu

6. Jika proses pemindaian sudah selesai, maka akan terlihat tabel yang isinya adalah tautan mati/rusak beserta link halaman sudah tak tersedia.

Broken Link

7. Perbaiki/hapus tautan mati yang terdapat pada tabel tersebut. Di kolom "Page where found" terdapat URL yang menjadi lokasi tautan mati dan jika ingin lebih spesifik melihat letak tautan mati tersebut dapat mengklik "SRC".

Baca juga: Ditolak Google Adsense, Segera Lakukan 6 Hal Ini

Demikianlah cara mengecek broken link atau tautan mati/rusak di dalam blog kamu. Janga lupa segera diperbaiki dan selamat mencoba!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post