Tempat Liburan Murah di Jakarta yang Hits dan Instagrammable

Iklan 728x90

Tempat Liburan Murah di Jakarta yang Hits dan Instagrammable

Sebagai kota yang selalu ramai dan jadi pusat bisnis, Jakarta sekaligus menjadi tempat liburan. Ada banyak destinasi liburan murah di ibu kota negara ini yang bisa menjadi tujuan akhir pekan. Meskipun kehidupan di Jakarta terlihat lebih mahal ketimbang di kota lain, ada juga tempat liburan yang tidak menguras dompet dan sesuai dengan budget.

Jakarta sendiri terbagi menjadi lima kota administrasi, yakni Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan. Nah, perlu kamu ketahui bahwa tiap-tiap kota administrasi tersebut memiliki tempat wisata yang unik dan bisa menjadi tujuan destinasi dan jalan-jalan di waktu senggang.

liburan murah

Di bawah ini adalah destinasi yang bisa kamu jadikan rujukan jalan-jalan. Selengkapnya bisa kamu baca artikel ZhinkaDiary.com berikut ini.

1. Monumen Nasional

Siapa yang enggak tahu Monas atau singkatan dari Monumen Nasional? Tentu semua orang Jakarta dan sekitarnya tahu apa itu Monas.

Monas ini dibangun pada zaman Bung Karno dan menjadi identitas negara untuk mengenang jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Di dalam Monas, kamu bisa mengunjungi Museum Sejarah Nasional Indonesia. Terdapat 48 diorama yang menggambarkan deretan sejarah bangsa Indonesia dari masa ke masa.

Ongkos masuk ke Monas untuk dewasa adalah Rp 5.000, anak-anak Rp 2.000, dan pelajar Rp 3.000.


Baca juga: Wisata Pulau Maluku: Jelajah 4 Desa Terpencil

Kamu juga bisa naik ke puncak Monas yang setinggi 115 meter untuk melihat panorama Jakarta, khususnya Jakarta Pusat. Kamu pun bisa menikmati Jakarta di malam hari dengan mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 10.000, anak-anak Rp 2.000, dan pelajar Rp 5.000.

Selain itu, di Monas kamu bisa melihat air mancur yang menari dengan iringan lagu asli Indonesia pada hari Sabtu dan Minggu malam dengan dua sesi, yakni pukul 19.30 serta pukul 20.30. Untuk menonton air mancur ini kamu tidak akan dikenakan biaya.

Jika kamu punya rencana jalan-jalan ke Monas, kamu harus tahu waktunya, yakni dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00 dan Monas buka setiap hari sekalipun hari libur nasional. Sedangkan untuk jam malam, kamu bisa datang antara pukul 19.00 hingga pukul 22.00.

2. Ragunan

Ragunan adalah tempat liburan yang paling populer di Jakarta. Bahkan di hari libur tertentu, Ragunan menjadi destinasi liburan keluarga. Banyak orang dari luar Jakarta berbondong-bondong ke Ragunan sehingga terjadi kemacetan parah.

Karena itu, kamu dan keluarga harus datang lebih pagi atau jika ingin tidak mengalami kepadatan jumlah pengunjung bisa berkunjung ke Ragunan pada akhir pekan, bukan hari libur besar, seperti libur Lebaran.

Sebagai tempat liburan, Ragunan adalah tempat yang cocok jika membawa anak-anak. Pasalnya, ada banyak sekali hewan-hewan yang menjadi daya tarik mereka. Selain membuat anak mengenal jenis-jenis hewan, kita pun juga bisa memberikan wisata edukasi agar anak memiliki empati terhadap satwa-satwa yang hampir punah.

Dengan jam buka pukul 09.00 - 18.00 WIB, Ragunan beralamat di Jalan Harsono No 1, Kelurahan Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun binatang ini dibangun pada tahun 1966 dengan luas 140 hektare. Wow, luas banget bukan? Enggak kebayang menjelajahi seluas itu dalam satu hari!

Harga tiket masuk Ragunan:
  • Dewasa Rp 4.000
  • Anak-anak Rp 3.000
Harga tiket masuk berdasarkan jenis kendaraan:
  • Sepeda Rp 1.000
  • Sepeda motor Rp 3.000
  • Minibus dan sejenisnya Rp 6.000
  • Truk kecil, bus kecil, mobil box Rp 12.500.000
  • Truk besar, bus besar, mobil box besar Rp 15.000
Harga tiket masuk wahana di Ragunan:
  • Sepeda ganda Rp 15.000
  • Sepeda tunggal Rp 10.000
  • Kuda bendi Rp 15.000
  • Perahu angsa Rp 18.000
  • Kereta keliling Rp 7.500
  • Taman satwa anak Rp 2.500
  • Kuda tunggang Rp 5.000
  • Onta tunggang Rp 7.500
  • Gajah tunggang Rp 7.500
Fasilitas lain yang terdapat dalam kebun binatang Ragunan adalah taman margasatwa, pusat Primata Schmutzer dengan harga tiket Rp 6.000, weekend Rp 7.500, teater Rp 150.000; dan Taman Satwa Anak dengan harga tiket Rp 2.500.

3. TMII

Taman Mini Indonesia Indah atau disingkat TMII merupakan taman miniatur bertema bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Dengan luas wilayah 150 hektare, rasanya kamu juga tidak akan cukup berkeliling jalan kaki selama satu hari. Saking luasnya, setidaknya kamu memerlukan kendaraan untuk meringkas waktu dan menikmati fasilitas yang ada.

Menurut kisahnya, TMII terilhami dari Disneyland di California tatkala presiden Soeharto dan ibu Tien berkunjung ke negara Amerika Serikat pada tahun 1970-an.

Sampai saat ini, ketika masuk musim libur sekolah atau setidaknya pada akhir pekan, TMII selalu dibanjiri pengunjung yang tidak hanya berasal dari negeri sendiri, melainkan juga dari mancanegara.

TMII tidak hanya sekedar tempat hiburan, tetapi juga menjadi wisata edukasi karena kita bisa belajar tentang budaya, adat istiadat, sumber daya alam, dan semua hal yang terkait dengan bangsa Indonesia.

Sebagai tempat wisata TMII hadir dengan berbagai wahana yang lengkap untuk liburan keluarga. Rasa keindonesiaan pun dihadirkan melalui 34 anjungan rumah adat dari Sabang sampai Merauku, 10 taman flora fauna, 16 musemu, serta bangunan-bangunan keagamaan.

Bagaimana, ingin menghabiskan liburan atau akhir pekan bersama keluarga di TMII? Nah, di bawah ini kamu bisa mengecek harga tiket masuk beserta tiket-tiket lainnya.

Harga tiket TMII


  • Tiket pintu masuk Rp 20.000   
  • Mobil Rp 15.000
  • Bus/truk Rp 35.000
  • Motor Rp 10.000
  • Sepeda Rp 1.000   
Catatan:
  • Harga berlaku Senin - Jumat, Sabtu-Minggu, dan hari libur
  • Perorangan (usia 3 tahun dikenakan biaya)
  • Jam operasional pintu masuk TMII pukul 07.00-22.00 WIB hari Senin-Minggu
ancol
Sumber gambar: Pixabay/maid_bot

4. Dunia Fantasi

Pastinya kamu familiar dengan nama Dufan atau Dunia Fantasi? Dufan adalah salah satu tempat wisata yang merupakan bagian dari Taman Impian Jaya Ancol.

Sejak diresmikan pada tahun 1985, Dufan menjadi tempat wisata populer di Jakarta. Selain Dufan, di Taman Impian Jaya Ancol juga terdapat wahana wisata Gondola, Putri Duyung Cottages, Gelanggang Samudera, Pasar Seni, Marina, dan masih banyak lagi.

Semua anak-anak tentu menyukai Dufan karena mereka akan dimanjakan dengan wahana modern yang memanjakan mata dan imajinasi.

Namun tak hanya itu, wahana permaianan di Dufan juga diperuntukkan bagi remaja dan orang dewasa.

Jika kamu dan keluarga hendak berakhir pekan atau jalan-jalan, alamat Dufan terletak di Komp. Taman Impian Jaya Ancol, di Jalan Lodan Timur No 7, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Waktu berkunjung ke Dufan antara lain:
  • Senin-Jumat mulai dibuka pukul 10.00-18.00 WIB
  • Sabtu-Minggu mulai dibuka pukul 10.00-20.00
Tiket masuk Dufan:
  • Tiket regular Weekday Rp 200.00
  • Tiket premium Weekend Rp 550.000

Wahana yang Terdapat di Dufan

1. Children Rides

Wahana permainan ini khusus diperuntukkan anak usia 5-12 tahun. Anak-anak di usia tersebut tentu akan menyukai wahana Ubanga-Banga. Tenang saja, wahana ini aman untuk mereka karena dilengkapi pengamanan yang kuat. Untuk anak yang ingin menaiki mobil-mobilan harus memiliki tinggi minimal 125 sentimeter.

2. Family Ride

Wahana yang terdapat dalam Family Ride bisa diperuntukkan untuk keluarga, tidak hanya anak. Kamu bisa memiliki permainan yang ada di Family Ride, seperti Bianglala, Perang Bintang, Rumah Miring, Istana Boneka, Hello Kitty Adventure, Treasure Land Temple Fire, dan sebagainya.

3. Water Ride

Water Ride bisa menjadi pilihan bagi kamu yang menyukai permainan air. Nah, pernah menonton film Ice Age? Wahana ini berkonsep seperti film tersebut, sehingga dapat memicu adrenalin. Permainan yang bisa kamu coba antara lain Niagara-gara, Arum Jeram, dan Ice Age Arctic Adventure.

4. Thrill Ride

Wahana permainan di Thrill Ride ini juga menantang adrenalin kamu. Apalagi bagi kamu yang punya nyali besar bisa mencoba wahana Halilintar, Tornado, Kicir-Kicir, Kora-Kora, Pontang Panting, dan Histeria.

5. Kota Tua

Kota Tua merupakan salah satu sudut kota tertua di Jakarta. Kota Tua berasal dari warisan penjajah kolonial Belanda, sehingga jika kita berkunjung ke sana banyak ditemui bangunan-bangunan bersejarah pada masa Batavia.

Karena itu, jalan-jalan di Kota Tua serasa kembali ke zaman penjajahan Belanda. Kita akan dibawa ke masa lampau dengan pernak-pernik yang di beberapa bagian masih terjaga dengan apik.

Baca juga: Lokasi Keren Liburan Murah Meriah di Bandung yang Kekinian

Mengunjungi Kota Tua memang paling seru di malam hari. Kita dapat menikmati Kota Tua sembari menikmati kuliner-kuliner yang enak. Apalagi ditemani teman, kekasih, ataupun keluaga. Pokoknya dijamin seru deh buat kongkow.

Ada beberapa spot jalan-jalan di Kota Tua, seperti Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Stasiun Kereta Api Kota, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Wayang, Museum Bahari, dan Museum Seni Rupa dan Keramik.

Itulah tempat-tempat wisata dan liburan yang populer yang terdapat di Kota Jakarta. Kamu ingin mengunjungi yang mana?
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post