Lokasi Keren Liburan Murah Meriah di Bandung yang Kekinian

Iklan 728x90

Lokasi Keren Liburan Murah Meriah di Bandung yang Kekinian

Bandung adalah salah satu ibu kota Jawa Barat yang terkenal karena menjadi pilihan destinasi berlibur. Kota ini menjadi alternatif liburan warga Jabodetabek karena mungkin sebagian besar orang sudah “biasa” liburan di Puncak atau Jakarta.

Selain jadi alternatif, Bandung adalah tempat yang nyaman dan cocok bagi liburan keluarga. Udara di Bandung yang cukup sejuk serta banyaknya spot jalan-jalan membuatnya menjadi semakin populer, sehingga tak mengherankan membeludaknya turis-turis lokal ketika memasuki musim liburan sekolah.

Semenjak dibukanya akses tol Jakarta-Bandung, warga ibu kota jadi semakin mudah mengunjungi Bandung. Jarak menuju kota ini juga semakin cepat dan mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi, bus umum, maupun kereta api.

Liburan murah meriah Bandung

Bagi kamu yang hendak liburan di Bandung juga enggak perlu khawatir dengan tempat penginapan karena kota ini menyediakan banyak pilihan penginapan dari yang mahal hingga yang murah.

Pesona alam, kuliner, dan spot liburan di Bandung menjadi daya tarik tersendiri yang berbeda dari kota lainnya. Ada ungkapan bahwa mereka yang pernah ke Bandung suatu waktu akan datang kembali.

Namun bagi kamu yang ingin liburan murah meriah di Bandung tanpa menguras budget, inilah daftar tempat yang sudah ZhinkaDiary.com rangkum dan bisa kamu kunjungi.

1. Floating Market Lembang

Floating Market yang terletak di Bandung utara ini adalah tempat wisata keluarga yang menggunakan konsep wisata kuliner dan alam.

Keunikan Floating Market adalah perahu-perahu apung di tengah danau menjual berbagai barang untuk wisatawan, seperti cenderamata.

Di sana juga terdapat wahana permainan anak-anak dan orang dewasa, seperti sepeda air, kereta air, sampan, dan paddle boat.

Selain pasar apung, di Floating Market juga terdapat Rainbow Garden, yakni taman yang berisi bunga-bunga yang menawan dan memanjakan mata.

Kamu bisa berjalan-jalan santai mengitari taman ini sembari berfoto ria. Pokoknya instagrammable banget deh.

Baca juga: Tempat Liburan Murah di Jakarta yang Hits dan Instagrammable

Kemudian kamu dan keluarga bisa memberi makan puluhan kelinci di “taman kelinci”. Nah, bagi pecinta kelinci dan binatang, ini menjadi tempat paling favorit.

Selebihnya, kamu dapat menggunakan wahana permaianan becak dan mobil mini, serta melihat miniatur kereta api, kota mini, dan studio kostum Jepang-Korea.

Untuk tiket masuk ke Floating Market Lembang, kamu hanya perlu mengeluarkan kocek Rp 15.000 per orang (pada hari kerja); RP 20.000 per orang (pada hari libur).

Jika menggunakan kendaraan motor, maka kamu akan membayar biaya parkir Rp 5.000 dan Rp 10.000 untuk kendaraan mobil.

2. Maribaya Bandung

Maribaya Bandung merupakan spot wisata murah meriah yang terdapat di Bandung. Dengan harga tiket masuk Rp 35.000 per orang, kamu akan dimanjakan dengan pesona wisata alam yang tak terlupakan. Kesegaran air terjun yang berketinggian 25 meter ini bisa kamu nikmati sepuasnya.

Lokasi air terjun/curug ini dilewati dua sungai, yakni Sungai Cikawari dan Sungai Cigulung. Nah, air terjun di tempat ini ada tiga loh: Curug Cikoleang, Cigulung, dan Cikawari. Hanya di Cikawari, kamu bisa main air dan mandi.

Selain itu, di Maribaya kamu juga bisa menikmati kolam pemandian air panas. Kolam ini mempunyai kandungan belerang yang lumayan tinggi, sehingga bisa digunakan juga untuk pengobatan.

Harga pemandian kolam panas:
  • Deluxe Pool Rp 75.000 per orang
  • VIP Pool Rp 150.000 per orang
  • Foot Spa Rp 30.000 per orang
  • Tirta Raga Rp 90.000 per orang
Area wisata Maribaya dibuku pada hari Jumat-Sabtu-Minggu pukul 08.00-20.00.

3. De Ranch

De Ranch merupakan tempat wisata di Bandung yang berkonsep ala western dengan kuda dan koboinya. Didukung pemandangan alam yang indah dan luas, De Ranch menjadi salah satu lokasi wisata yang wajib dikunjungi jika datang ke Bandung.

Makanya, belum lengkap rasanya ke Bandung tidak mampir ke sini...

Harga tiket masuk ke De Ranch Rp 15.000, sedangkan di musim liburan harga akan sedikit naik berkisar Rp 25.000.

Area De Ranch memiliki tema menarik, yakni "Food, Leisure, and Knowledge". Sampai saat ini, ada puluhan ekor kuda yang siap untuk kamu tunggangi.

Selama menunggang kuda, kamu akan menikmati suasana khas Bandung: sejuk, dingin, dan segar. Selain itu, kamu juga akan berpenampilan lengkap seperti cowboy dan berkeliling ke peternakan kuda dan sapi, perkebunan, padang rumput, dan lain-lain. Ada juga aktivitas outbond yang bisa kamu coba di De Ranch.

Jika berniat mampir ke De Ranch, kamu perlu memperhatikan jam operasionalnya, yakni Selasa-Jumat mulai buka pukul 09.00-17.00 WIB; sedangkan Sabtu-Minggu mulai buka pukul 08.00-18.00 WIB.

4. Jendela Alam

Jendela Alam adalah tempat wisata edukasi di Bandung yang paling cocok untuk mengajak serta anak-anak liburan. Selain refreshing, anak-anak akan mendapatkan pengalaman dan pengetahun. Itu sebabnya, lokasi ini menjadi incaran sekolah-sekolah yang mengadakan field trip di Bandung.

Kegiatan edukasi yang bisa anak-anak lakukan adalah tur ditemani guide. Nah, guide ini akan menjelaskan panjang lebar mengenai berbagai hal saat berkeliling di lokasi tersebut.

Tujuan tur bersama guide antara lain area tanaman hidroponik, rumah jamur tiram, tanaman obat, peternakan kuda poni, kambing etawa, ayam, kelinci, dan lain-lain.

Di Jendela Alam, anak juga diajari cara bercocok tanam. Dengan dipandu guide, anak akan dibimbing cara berkebun secara tradisional.

Aktivitas anak lainnya adalah berburu harta karun, memanen tomat cherry, memanen telur, dan juga diajari cara membuat yoghurt, cingcau, telur asin, dan memberi makan hewan.

Selebihnya, masih banyak kegiatan-kegiatan positif dan menarik yang bisa dilakukan anak di Jendela Alam. Harga tiket masuk Rp 20.000 (weekday), Rp 25.000 (weekend & hari libur). Biayar parkir motor Rp 5.000 & parkir mobil Rp 10.000.

Waktu operasional Jendela Alam pada pukul 09.00-15.30 WIB (Senin-Jumat); pukul 09.00-16.00 WIB (Sabtu-Minggu & libur nasional).

tebing keraton
(Ilustrasi tebing) Sumber gambar: Pixabay/LUM3N

5. Tebing Keraton

Berswafoto dengan latar hutan yang terbentang luas adalah salah satu keistimewaan yang dimiliki Tebing Keraton. Terletak di Dago Bandung, areal wisata ini paling cocok untuk foto-foto karena background-nya yang indah.

Bermula dari tahun 2014, Tebing Keraton booming dan dipromosikan oleh muda-mudi yang menggunggah foto di media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Path.

Tebing ini berbentuk terjal dan berhadapan dengan Taman Hutan Raya Juanda, Bandung, dan Gunung Tangkuban Perahu...  (Indah banget, bukan?)

Baca juga: Wisata Pulau Maluku: Jelajah ke Empat Desa Terpencil

Pada pagi hari, kamu bisa melihat awan kabut yang menutupi hutan dan ketika harga akan berganti kamu akan melihat keindahan panorama sore yang menakjubkan.

Untuk mendapatkan foto-foto yang bagus, kamu hanya perlu membayar biaya tiket Rp 11.000 per orang dan biaya parkir motor Rp 5.000.

Saat ini, di Tebing Keraton terdapat fasilitas penunjang, seperti pagar yang kuat, yang membuat pengunjung merasa aman saat menikmati keindahan alam. Jika hendak ke Tebing Keraton, kamu harus memperhatikan jam operasionalnya, yakni pada pukul 05.00-18.00 WIB.

Bagaimana, tertarik lokasi wisata yang mana?
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post