7 Usaha Rumahan Makanan Ringan Kekinian dan Bermodal Kecil

Iklan 728x90

7 Usaha Rumahan Makanan Ringan Kekinian dan Bermodal Kecil

Usaha rumahan makanan ringan adalah alternatif bisnis yang jika ditekuni dengan serius bisa menguntungkan dan menjanjikan. Bisnis seperti ini tidak ada matinya dan selalu berkembang mengikuti zaman.

Dari satu bahan pokok saja, misalnya, singkong, bisa dijadikan beraneka macam olahan makanan ringan. Itu bergantung pada kreatifitas dan inovasi seseorang.

Dahulu singkong dianggap jenis kuliner yang terpinggirkan, tetapi ketika ada singkong keju, orang-orang berbondong-bondong membelinya. Ternyata campuran singkong yang dianggap ndeso dan keju yang dianggap kekotaan bisa menghasilkan kuliner yang enak.

usaha rumahan

Begitulah, perpaduan dua jenis bahan makanan yang tidak pernah terpikirkan justru melahirkan kuliner yang digemari banyak orang. Apalagi yang namanya makanan ringan, tampaknya eksplorasi berbagai macam bahan sudah dicoba orang.

Salah satu eksplorasi yang berhasil adalah kripik singkong Maicih. Pada mulnya, keripik singkong pedas dikemas ala kadarnya dan dijual di warung-warung kecil. Namun setelah munculnya Maicih, kripik singkong pedas jadi diperhitungkan.

Apalagi kemasan Maicih yang menarik membuat kripik singkong pedas jadi terkesan produk yang premium. Nah, jadi bukan hanya soal rasa makanan, pengemasan yang menarik juga menjadi produk makanan terkenal.

Untuk mengetahui kemasan produk makanan yang menarik, kamu bisa membaca artikel "Ide Kemasan Makanan Unik dan Kreatif"

Namun sebelum memulai bisnis makanan ringan rumahan, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa tips dan trik berikut ini.
  • Disukai orang. Percuma kamu berjualan makanan kalau tidak disukai orang. Paling aman adalah dengan berjualan makanan ringan yang sedang trend. Tapi kalaupun kamu ingin memproduksi makanan sendiri, kamu harus melakukan survei kepada orang sekitar. Tanyailah apakah mereka menyukainya atau tidak.
  • Berkualitas. Kualitas yang bagus dari mulai bahan baku, pengolahan, hingga packaging akan lebih menarik ketimbang yang biasa-biasa saja. Mulai sekarang, hal-hal tersebut harus kamu perhatikan lebih cermat agar produk yang sampai ke tangan pembeli adalah yang terbaik.
  • Inovasi. Di zaman sekarang, segala hal termasuk makanan ringan harus diciptakan dari inovasi. Dengan berinovasi, produk makanan ringan kamu akan berbeda dan memiliki keunikan ketimbang produk lain yang hanya mengikuti saja. Pembaruan yang kamu lakukan bisa dari segi rasa, bahan baku, pengolahan, ataupun packaging.
Dalam tulisan ini, ZhinkaDiary.com mendata sejumlah makanan ringan yang trend dan laku di pasaran. Apa sajakah itu?

1. Keripik tempe

Keripik tempe atau dikenal juga sebagai tempe kriuk adalah makanan ringan yang cukup populer. Kripik tempe ini berasal dari modifikasi tempe goreng yang menjadi lauk pauk sehari-hari kita.

Rasanya gurih dan enak. Rasa ciamik ini karena menggunakan bumbu halus bawang putih, ketumbar, dan garam.

Kalau kita makan akan terdengar bunyi kriuk karena tempe diiris tipis-tipis dan digoreng menggunakan campuran tepung terigu, tepung beras, dan tepung tapioka.

Kripik tempe bisa kita jadikan camilan sehari-hari. Cocok juga untuk dibawa ketika bepergian ataupun teman ketika menonton film di rumah.

Modal untuk membuat keripik tempe tidaklah besar, karena bahan bakunya juga tidak tergolong mahal.

Baca juga: Contoh Proposal Usaha yang Lengkap

2. Keripik pisang

Camilan ringan ini berasal dari bahan baku pisang. Agar legit, kamu bisa menggunakan pisang kepok yang sudah tua. Cara pembuatannya sangat sederhana: siapkan pisang kepok tua, panaskan minyak goreng yang sudah ditambahkan margarin. Kemudian serut pisang kepok di atas minyak yang sudah panas.

Keripik pisang ini beraneka ragam rasanya. Ada keripik keripik pisang cokelat, pisang manis, keripik pisang balado, keripik pisang keju, dan keripik pisang asin. Selain aneka rasa keripik yang sudah disebutkan, kalau kamu ingin berinovasi dengan varian rasa baru, bisa saja kamu mencobanya sendiri.

Kripik pisang ini adalah camilan populer yang dikenal semua orang dan berkembang jenis variannya mengikuti trend di masyarakat.

3. Keripik singkong

Singkong adalah bahan baku yang bisa diolah menjadi banyak makanan. Kreasi camilan dari singkong sudah tidak kita ragukan lagi dan tak terhitung sudah berapa banyak camilan menggunakan singkong.

singkong
Sumber gambar: Pixabay/Brett_Hondow

Makanan ringan yang menggunakan umbi singkong antara lain menghasilkan keripik singkong balado, keripik singkong bumbu ayam merica, keripik singkong pedas manis, keripik singkong rasa gadung, keripik singkong renyah, keripik singkong tabur nori, keripik songkong sambal daun kunyit, keripik singkong teri pedas, keripik singkong gula merah, dan sebagainya.

Jika kamu ingin berjualan keripik singkong, kamu bisa memilih varian apa yang ingin dijual. Di Google ada banyak kok resep keripik singkong dari A ke Z dengan olahan yang berbeda-beda. Kamu juga bisa berkreasi dengan singkong untuk mencoba rasa baru.

Modal yang digunakan untuk membuat kripik singkong juga tak terlalu besar. Pasalnya, bahan baku singkong juga terhitung murah, sehingga kripik singkong yang dijual di pasaran juga murah. Camilan ini cocok untuk teman bersantai, minum teh, ataupun dibawa ketika liburan.

4. Keripik tahu

Keripik tahu adalah camilan yang renyah dan gurih. Bahan dasarnya dibuat dari tahun pong atau tahu sumedang. Agar dapat kering, isi tahu yang berwarna putih harus dikeruk terlebih dahulu. Setelah bersih dari isi tahu, campurkan tahu dengan tepung serbaguna. Lalu, digoreng di minyak panas hingga kering.

Camilan ringan ini enggak kalah enak dibanding dengan keripik tempe. Meski sama-sama dibuat dari kedelai, tahu memiliki cita rasa tersendiri. Serupa dengan tempe, bahan baku pembuatan keripik tahu juga membutuhkan modal yang tak terlalu besar.

Kamu bisa menjadikan keripik tahu sebagai usaha sampingan yang jika pemasarannya bagus, bisa mendatangkan omzet yang besar. Karena digoreng kering, keripik tahu bisa bertahan lebih lama.

5. Keripik kentang

Kripik kentang bukanlah camilan dari Indonesia, melainkan dari luar negeri. Keripik kentang adalah camilan yang sangat populer. Pernah mendengar camilan Chitato? Pastinya kamu tidak mungkin belum pernah mencobanya. Makanan ringan ini terkenal sampai ke mancanegara.

Cara membuat keripik kentang juga tidak sulit, kamu hanya perlu mengiris kentang tipis-tips. Lalu merendamnya dengan air kapur selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, angkat dan tiriskan sampai kering. Kemudian goreng di minyak panas hingga warna berubah jadi kuning. Setelah proses penggorengan, beri taburan bumbu sesuai dengan selera.

Keripik kentang juga termasuk camilan yang ngetrend sejak lama, sehingga kemungkinan besar bakal laku di pasaran.

Baca juga: Ide Bisnis dengan Modal 300 Ribu

6. Keripik sukun

Kamu pernah mencoba makanan ringan yang terbuat dari sukun? Bentuk buah sukun memang mirip dengan buah nangka atau cempedak, tetapi ia memiliki cita rasa yang unik. Buah sukun bisa disajikan basah atau kering. Biasanya, buah sukun yang dikukus dan dipotong agak besar, diberi taburan kelapa parut. Rasanya enak, empuk, dan lezat.

Jika dibuat camilan kering, bisa dibuat keripik sukun. Rasanya juga tak kalah lezat. Mau basah atau kering, itu bergantung kembali pada selera pembeli.

camilan, buah sukun
Sumber gambar: Pixabay/Juhele

Biasanya, keripik sukun digoreng hingga kering dan kriuk dengan rasa asin dan gurih. Makanan ini bersumber dari Cilacap dan Kepulauan Seribu. Jika ingin mencobanya, sukun bisa ditemukan di tempat-tempat jualan makanan ringan.

Kalau kamu ingin mencoba berjualan keripik sukun, maka kamu harus memiliki pengepul buah sukun. Pasalnya, pohon sukun kini sukar ditemukan dan harus membelinya di pasar-pasar atau pengepul buah sukun.

7. Keripik bayam

Tidak hanya umbi-umbian yang bisa dibuat makana ringan. Bayam pun juga bisa dibuat kripik lho. Bayam memang lebih sering disajikan sebagai sayur, karena tergolong sayur-mayur. Tetapi dengan sedikit inovasi, daun bayam bisa kita nikmati sebagai keripik.

Proses pembuatannya juga tidak sulit. Kamu hanya memerlukan tepung beras, tepung tapioka, bawang putih cincang, gula pasir, telur, kunyit bubuk, dan ketumbar bubuk. Siapkan daun bayam dan campur semua bahan jadi satu. Kemudian panaskan minyak goreng dan masukkan daun bayam yang sudah direndam adonan tersebut. Goreng dengan api kecil sampai bayam bewarna kekuningan.

Kripik bayam ini secara tak langsung juga menyehatkan tubuhmu, karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Keripik bayam ini bisa menjadi alternatif makanan ringan selain yang sudah Zhinka sebutkan di atas.

Nah, itulah beberapa jenis makan ringan yang bisa menjadi usaha rumahanmu. Kamu ingin mencoba yang mana?
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post