5 Peluang Usaha Sampingan Karyawan yang Terbukti Menambah Penghasilan

Iklan 728x90

5 Peluang Usaha Sampingan Karyawan yang Terbukti Menambah Penghasilan

Usaha sampingan adalah idaman bagi setiap karyawan. Betapa tidak, dengan memiliki usaha sampingan, maka kebutuhan bulanan kita akan tercukupi. Bahkan tak jarang bisa lebih besar dari gaji.

Pasalnya, kita tahu bahwa kebutuhan bulanan sangatlah besar. Dari tahun ke tahun, biaya rumah tangga akan terus naik. Apalagi jika kita sudah memiliki anak yang bersekolah. Sudah tentu biaya-biaya tak terduga akan terus berdatangan.

Kadangkala gaji hanya cukup untuk kebutuhan satu bulan saja. Makanya, uang untuk berlibur atau sekadar makan di luar rumah jadi tak ada. Setiap orang tentu ingin memiliki uang tambahan sehingga bisa membangun kualitas hidupnya lebih baik dari sebelumnya.

Meskipun kebahagiaan tak bisa diukur dengan uang, tetap saja uang diperlukan untuk menunjang “kehidupan” kita. Hal ini tak dapat kita pungkiri, bukan?

Peluang Usaha Sampingan Karyawan yang Terbukti Menambah Penghasilan

Selagi masih sehat, apalagi usia masih muda, tak ada salahnya kita mulai mencari peluang usaha di luar jam kerja.

Mungkin ini adalah saatnya bagi kita untuk mencoba mencari rezeki lain.....

Jika kamu sedang membaca tulisan ini, maka artinya sudah tebersit dalam hati untuk mencoba mencari peruntungan lain. Ya, setiap usaha keras tentu akan ada bayarannya.

Lalu, peluang bisnis apa yang bisa dilakukan, bahkan bagi karyawan yang super sibuk? Kamu bisa membaca daftar bisnis ZhinkaDiary.com yang bisa dijalankan seorang karyawan berikut ini.

1. Bisnis online

Bisnis online adalah salah satu cara mencari uang tambahan yang sedang tren saat ini. Semenjak berkembangnya teknologi internet dan media sosial, gelembung bisnis yang terjadi semakin membesar.

Berkat kemajuan teknologi pula, banyak bidang-bidang usaha yang offline gulung tikar. Pendek kata, kalaupun ingin berbisnis offline, maka harus cermat dan jangan sembrono.

Lalu, bisnis online apa yang bisa menghasilkan uang tambahan?

Apa saja. Segala hal bisa jadi uang di dunia maya. Asalkan kita tahu mutu produk yang kita jual dan bisa menjaga kepercayaan pembeli.

Bisnis online yang kamu jalankan bisa sesuai dengan hobi. Misalnya, kamu hobi memancing. Nah, kamu bisa menjual perlengkapan dan aksesoris memancing hingga umpan ikan. Jika kamu hobi memelihara burung, maka kamu bisa bisa menjual pakan burung secara online.

Baca juga: Contoh Usaha Sampingan di Desa yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Selain itu, misalnya, kamu hobi membaca buku, bisa saja kamu menjual buku secara online. Buku yang dijual ya tergantung buku apa yang kamu pahami, contohnya buku sastra dan kebudayaan. Atau bahkan buku-buku lawas yang sudah tidak dijumpai di toko buku.

Pelbagai jenis bisnis itu bisa menghasilkan uang tambahan loh.....

Karena semuanya online, maka kamu bisa menjual di marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak. Selain di marketplace, kamu juga bisa menjual melalui media sosial, seperti Instagram atau Facebook.

Jika ingin memilik situs web sendiri, maka kamu membutuhkan biaya bulanan/tahunan bergantung pada penyedia hostingnya. Maka, kalau kamu tidak bisa maintenance, ada biaya lain lagi untuk membayar jasa orang. Ini juga harus dipikirkan ulang lagi. Pasalnya, hanya cukup membuka lapak di marketplace atau media sosial, kamu sudah mengurangi biaya “tempat” karena kedua platform tersebut gratis.

Bagaimana, sudah mulai terpikir untuk membuka usaha online apa?

2. Bisnis kafe kecil-kecilan

kopi, kafe
Sumber gambar: Pixabay/Free-Photos

Kafe sepertinya banyak digemari orang-orang saat ini. Buktinya banyak bertumbuhan kafe di mana-mana. Orang-orang muda—begitupun orang dewasa—banyak yang menghabiskan waktu dengan nongkrong di kafe.

Kafe telah menjadi bagian dari gaya hidup orang-orang. Dari kafe yang murah-meriah hingga yang berharga mahal.

Ini bisa menjadi peluang bisnis yang dilakukan karyawan untuk menghasilkan uang tambahan.

Kamu bisa memanfaatkan garasi rumah atau setidaknya sebidang halaman untuk mendirikan kafe.

Setelah pulang kerja, malam harinya kamu bisa membuka kafe. Apalagi rumahmu persis di depan jalanan, kemungkinan besar ada orang-orang yang berdatangan. Barangkali untuk permulaan, pengunjung kafe bisa dari tetangga kamu.

Meski kafe yang kamu buku masih kecil-kecilan, bukan berarti tidak bisa menambah penghasilan. Asalkan kopi yang kamu buat enak, tempatnya apik, dan tidak terlalu bising, orang-orang tentu akan lebih suka.

Jika menurutmu modal membuat kafe kecil-kecilan terlalu besar, kamu bisa membuat warung kopi terlebih dahulu. Tapi kemaslah warung kopimu dengan lebih kekinian agar menarik pengunjung orang-orang muda.

Manfaatkan kesempatan ini jikalau posisi rumahmu mendukung untuk membuka kafe kecil-kecilan. Bagaimana, apakah pernah tebersit membuka bisnis kafe?

3. Usaha cuci sepeda motor

Sebagian besar pengendara di kota adalah pengendara motor. Pasalnya, sepeda motor menjadi moda transportasi yang murah meriah dan terhindar dari kemacetan. Apalagi kantor tujuan kamu letaknya cukup jauh dan di daerah yang selalu macet, maka moda transportasi yang cocok adalah sepeda motor.

Bukan hanya orang kantoran, pun orang dari berbagai usia: anak kualiahan, anak sekolah, dan ibu-ibu rumah tangga, banyak yang menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi harian.

Nah, membeludaknya jumlah motor ini bisa kamu jadikan lahan bisnis, yakni jasa cuci sepeda motor.

Tentu kamu sering kali melihat jasa cuci tersebut di daerah rumahmu ataupun di pinggir jalan. Atau kamu juga sering menggunakan jasa cuci motor tersebut?

Bisnis semacam ini memang tidak bisa kamu jalankan seutuhnya, karena kamu membutuhkan pekerja untuk menjalankan bisnis ini. Kamu bisa mencari orang yang kamu percayai untuk menjalankan usaha cuci sepeda motor.

Pada dasarnya, bisnis ini adalah bisnis yang bergerak pada jasa pelayanan. Maka, berikanlah pelayanan yang sebaik mungkin agar banyak berdatangan pelanggan.

4. Bisnis desain grafis

desain grafis
Sumber gambar: Pixabay/tookapic

Hobi menggambar dengan membuat desain-desain di komputer bisa menjadi peluang usaha sampingan yang legit. Tahukah kamu, di zaman sekarang jasa seorang desain grafis itu banyak dibutuhkan orang untuk berbagai keperluan.

Karena sudah banyak orang yang jago desain grafis, maka kamu harus menjadi yang terbaik dibanding yang lainnya. Pasalnya, mengingat kompetisi jasa desain grafis yang tinggi.

Kalau kamu sudah merasa bisa menjadikan desain grafis sebagai usaha sampingan, maka promosikanlah. Buatlah portofolio desain yang pernah kamu buat dan jelaskan juga bahwa kamu pernah membuat logo, banner, atau pesanan desain dari perusahaan tertentu.

Ada banyak kok situs web yang bisa menjadi tempat promosi kamu, baik dalam maupun luar negeri. Kamu bisa googling untuk mencari situs-situs tersebut.

Bahkan jika kamu sudah terbiasa menerima pesanan luar negeri, bayaran yang kamu dapatkan bisa dollar. Bahkan ada pula orang yang menjadikan freelance desain grafis sebagai pekerjaan utama karena bisa menghasilkan uang lebih banyak ketimbang hanya menjadi seorang karyawan.

Tapi sebagai seorang karyawan, kamu bisa menjadikan bisnis ini sebagai bisnis sampingan yang patut diperhitungkan. Sudahkan mula terpikir untuk menjadi seorang desain grafis?

5. Penulis freelance

Kamu termasuk orang yang piawai menulis? Suka menulis artikel di surat kabar? Atau suka membuat catatan diari? Ini adalah modal besar kamu menjadi penulis freelance. Setiap orang bisa menjadi penulis, tetapi tidak semua orang mau berlatih menulis. Namun jika menulis sudah menjadi hobi, kenapa tidak membuat hobi ini menjadi usaha sampinganmu?

Saat ini di dunia maya terdapat banyak situs web. Isinya macam-macam, dari berita seputar bayi hingga orang dewasa. Semuanya ada di internet. Komplet!

Baca juga: Bisnis Online Terlaris dan Beromzet Besar di Indonesia

Kalau kamu ingin serius menjadi penulis freelance, kamu bisa menawarkan jasa kamu ke situs web yang menyediakan kolom blog. Usahakan kamu menulis bidang yang kamu kuasai agar isi tulisanmu menarik dan bermutu.

Misalnya, kamu tahu banyak tentang dunia fashion, maka kamu bisa mencoba melamar ke situs web yang banyak membicarakan tentang fashion.

Menjadi penulis freelance bisa menjadi sampingan yang menghasilkan asalkan dilakukan dengan telaten dan kesabaran. Memang, menulis memerlukan waktu dan tenaga lebih untuk berpikir.

Sebagai seorang karyawan yang masih bekerja di sebuah perusahaan, kamu tentu bisa membagi waktu agar tidak keteteran ketika menjadi penulis freelance. Apalagi jangan sampai mengganggu pekerjaan utama kamu.

Bagaimana, kira-kira kamu tertarik mencari uang tambahan dalam bidang bisnis apa? Setiap orang tentu memiliki passion yang bisa digali lebih dalam agar bisa menjadi nilai tambah, khususnya dalam mencari peluang usaha sampingan.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post