Diterima Adsense, Segera Lakukan 4 Hal ini!

Iklan 728x90

Diterima Adsense, Segera Lakukan 4 Hal ini!

Blogger mana pun, ketika mendapat e-mail cinta dari Adsense, tentu akan berbahagia. Diterima Adsense menjadi penyemangat para blogger untuk terus menulis. Pasalnya, Adsense merupakan program periklanan nomor wahid di dunia dan semua blogger yang ada di mana pun menjadikan Adsense sebagai sumber penghasilan.

Meski banyak program periklanan, hanya Adsense-lah yang berani membayar lebih tinggi. Karena itu, jika kamu serius menjadi seorang blogger, yuk bangun strategi dari sekarang. Jadikan hobi kamu menghasilkan dollar, kan enak menulis plus dibayar?

iklan Adsense

Namun jika ingin berkecimpung di per-Adsense-an, hobi menulis kamu tak hanya sekadar menulis dan memposting saja. Ada banyak hal yang harus kamu optimasi, baik itu dalam menulis artikel maupun penggunaan tampilan dan template blog kamu.

Untuk sekadar pemanasan, kamu bisa membaca artikel “Tips Optimasi SEO Blog Terbaru” sebagai panduan dasar dalam penulisan artikel.

Bagi kamu yang baru pertama kali mendapat e-mail cinta dari Adsense, pasti bingung mau ngapain. Apalagi tidak ada orang yang mengajari. Tapi enggak usah khawatir, karena kamu bisa mendapatkan segudang informasi dari Google kok.

Termasuk informasi yang kamu baca dalam artikel ini.....

Jadi, enggak usah bingung lagi, langusng saja ikuti tips berikut ini.

1. Mengecek Gmail dan situs

Jika kamu mendaftar Adsense dari nol—bukan membeli akun Adsense—maka kamu harus melewati dua tahap review. Tahap pertama antara lain blog kamu direview berdasarkan performa situs web di search engine, penggunaan navigasi, kualitas konten, serta template blog yang mobile friendly dan responsif.

Dalam review tahap dua, sudah muncul iklan tetapi kadangkala masih blank. Pada tahap ini, blog antara lain dinilai dari konsistensi postingan artikel. Buatlah artikel original yang bermutu, lengkap, dan bermanfaat bagi pembaca. Tempatkan posisi iklan dengan tepat agar tidak mengganggu kenyamanan visitor. Kemudian, gunakan Webmaster Google untuk mengindeks setiap kali selesai memposting artikel.

Jika review tahap dua lolos, kamu akan mendapatkan e-mail cinta yang sesungguhnya dari Adsense.....

Cek kembali e-mail yang kamu terima. Apabila terdapat kata-kata “Selamat! Situs Anda (https://www.zhinkadiary.com/) sudah bisa menampilkan iklan AdSense dan mulai menghasilkan uang”, itu tandanya akun Adsense kamu sudah sepenuhnya bisa menayangkan iklan di blog.

Cek juga kesiapan situs kamu di akun Adsense. Caranya: masuk ke Adsense, klik “Situs”, jika ada tulisan “Siap” berwarna hijau, maka blog kamu sudah siap ditempelkan iklan.

2. Melengkapi data akun Adsense

Setelah situs sudah siap, hal yang perlu kamu lakukan adalah melengkapi data di akun Adsense.

Buka akun Adsense. Klik "Akun", lalu "Setelan", dan "Setelan pribadi". Di Setelan pribadi, isi yang masih kosong, seperti nama lengkap, e-mail, dan nomor kontak pada "Detail kontak". Lalu sesuaikan "Preferensi email" sesuai kebutuhan kamu.

Adsense

Kemudian klik "Pembayaran", pada tabel Setelan, klik "Kelola Setelan".

Lengkapi "Nama dan alamat bisnis" sesuai dengan KTP kamu agar ketika saldo mencapai jumlah tertentu, Adsense akan mengirimkan PIN ke alamat rumah kamu. PIN ini berguna untuk memverifikasi kesahihan kepemilikan Adsense kamu.

Usahakan jangan sampai salah mengisi karena bisa menyebabkan PIN tak sampai ke alamat rumah.

3. Menambahkan ads.txt

Ads.txt atau “authorized digital sellers” digunakan untuk memverifikasi blog yang menayangkan iklan Adsense. Ads.txt diatur sedemikian rupa oleh IAB (Interactive Advertising Bureau), yakni suatu perusahaan yang bermitra dengan Google dan khusus menangani dunia periklanan.

Dengan memasang ads.txt, penayang yang dalam hal ini blogger dan pengiklan jadi terlindung secara hukum ataupun penyalahgunaan iklan.

Meskipun sifatnya opsional, sangat disarankan untuk memasang ads.txt agar iklan-iklan dapat tayang secara utuh di blog kamu.

Apalagi, jika di akun Adsense kamu sudah ada pemberitahuan "Penghasilan Anda berisiko - satu atau beberapa situs Anda tidak memiliki file ads.txt....." maka sebaiknya segera dilakukan pemasangan. Untuk tips memasangnya, sudah banyak artikel yang mengulas hal tersebut, jadi googling saja.

4. Memasang iklan

Cara memasang iklan sebenarnya tidak sulit. Ada dua pilihan pemasangan iklan, yaitu "Iklan Otomatis" dan "Unit iklan".

Bagi kamu yang bingung banget dan ingin iklan tampil otomatis di blog, kamu bisa memilih iklan otomatis.

Dalam iklan otomatis ada beberapa jenis, seperti iklan display, iklan dalam feed, iklan dalam artikel, konten yang sesuai, serta iklan overlay, seperti iklan anchor dan iklan vinyet.

Cara memasang iklan otomatis

iklan otomatis adsense

  • Klik iklan, pilih Iklan Otomatis, klik tanda pensil "Ubah setelan global". Kalau ingin otomatis semua bentuk iklan, berarti tak ada yang kamu ubah setelannya, kecuali ingin unit iklan tertentu tak tampil, maka wajib dinonaktifkan.
  • Setelah itu, klik "Simpan".
  • Kembali ke "Iklan Otomatis" lagi.
  • Klik tulisan "Siapkan iklan otomatis", maka akan tampil jendela berupa kode iklan. Di situ kamu diminta untuk menempelkan kode di antara tag <head> dan </head>.

Cara memasang unit iklan manual

unit iklan adsense

  • Klik "Iklan", lalu klik "Unit iklan".
  • Untuk akun Adsense terbaru terdapat tiga unit iklan, yakni "Iklan Display", "Iklan dalam feed", dan "Iklan dalam artikel".
  • Untuk memunculkan iklan link/tautan, kamu bisa membaca artikel "Cara Menampilkan Iklan Link di Adsense".
  • Cara memasang unit iklan secara manual, klik saja gambar iklan. Misalnya, klik gambar iklan display.
  • Maka kamu akan diarahkan ke laman. Di situ kamu diminta untuk "Beri nama unit iklan Anda".
  • Namailah dengan kata-kata yang mencerminkan jenis iklan dan posisinya. Misalnya, "Iklan display sticky responsif".
  • Tentukan "Pratinjau iklan Display". Di sini kamu dapat menyesuaikan bentuk iklan dengan lokasi di Layout blog: apakah iklan berbentuk "horizontal, vertikal, atau persegi". Untuk bentuk iklan sticky, pilihlah yang ukuran vertikal.
  • Lalu pilih ukuran iklan, sebaiknya pilih "Responsif". 
  • Klik "Buat"
  • Salin kembali kode iklan dan kembali ke blogger untuk menempelkan di bagian "Layout" atau "Tata Letak" dengan cara "Tambahkan Gadget". Pilih "HTML/JavaScript", lalu masukkan kode iklan dan klik Simpan. Ulang cara tersebut untuk menempatkan kode iklan lainnya. Usahakan jangan terlalu berlebihan dalam penempatan iklan, perhatikan user experience pembaca. Jadikan diri kamu sebagai pembaca blog.
  • Tunggu beberapa saat. Tak lama kemudian, blog kamu sudah terpasang iklan-iklan Adsense.

Kesimpulan

Setelah kamu melakukan empat hal tersebut, mulai saat ini giatlah menulis artikel original dan jangan pernah sesekali copas. Suatu saat akan merugikan diri kamu sendiri. Buatlah artikel yang bermutu dan lengkap. Pasalnya, kamu harus meningkatkan visitor. Usahakan setiap hari memposting artikel. Setelah diposting, lalu submit ke Webmaster.

Kerja keras tidak akan mengkhianati hasil. Terus fokus pada niche yang kamu garap. Jika bukan bidang yang kamu kuasai, banyak membaca dan menggali informasi yang lebih akurat agar pembaca mendapatkan informasi yang benar-benar mereka butuhkan. Kalaupun kamu membuat blog gado-gado, buatlah blog yang bermanfaat.

Janganlah terpaku pada penghasilan Adsense, karena akan membuat kamu menyerah di tengah jalan. Menulislah sebagaima kamu berbagi informasi yang dibutuhkan visitor. Lakukan terus-menerus hingga kerja keras itu berbuah hasil yang manis!

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post