Cara Menampilkan Iklan Link (Tautan) di Adsense

Iklan 728x90

Cara Menampilkan Iklan Link (Tautan) di Adsense

Iklan link atau tautan merupakan salah satu bentuk unit iklan yang terdapat dalam Adsense. Iklan ini berbeda dari bentuk lainnya, seperti display, dalam feed, dalam artikel, dan konten yang sesuai, karena memiliki bentuk bersusun.

Penayang akan mendapatkan rupiah jika pengunjung mengeklik iklan yang terdapat dalam halaman topik. Jadi bukan klik pertama di topik tautan bersusun itu.

Iklan tautan ini dari segi user experience berbeda dari yang lainnya, karena pengunjung tidak langsung berhadapan dengan iklan.

iklan link, iklan tautan

Misalnya, kamu sedang mencari referensi mengenai bisnis dan perkembangan startup di Indonesia. Lalu, kamu berkunjung ke salah satu halaman artikel. Jika kamu menggunakan dekstop dalam berselencar internet, biasanya iklan tautan bersusun dua tingkat dengan empat topik yang berkaitan dengan isi artikel.

Kemudian, kamu mencoba mengeklik salah satu topik tersebut dan kamu akan diarahkan ke halaman iklan Google dengan URL seperti ini https://googleads.g.doubleclick.net........ Nah, di dalam laman tersebut ada empat topik artikel yang di atasnya terdapat iklan. Jika pengunjung mengeklik, maka kamu akan mendapatkan bayaran dari iklan tersebut.

Adanya tautan bersusun ini, slot iklan di blog kamu tidak terlalu dipenuhi iklan teks ataupun banner. Pengunjung pun tidak akan terlalu terganggu aktivitas membacanya karena kamu menggunakan variasi bentuk iklan dalam halaman artikel.

Baca juga: Cara Blokir Iklan Adsense yang Memiliki CPC Rendah

Akan tetapi, bagi blogger yang baru saja mendaftarkan Adsense, unit iklan tautan ini tidak serta-merta muncul begitu saja. Konon, menurut pengakuan beberapa teman blogger, bentuk iklan ini memang khusus untuk blog yang sudah bertraffik tinggi atau blog yang menggunakan akun Adsense tua.

iklan link, iklan tautan

Terlepas dari kabar tersebut, nyatanya admin ZhinkaDiary.com yang semula tidak mendapatkan unit iklan link, kini bisa menggunakannya setelah melakukan sedikit otak-atik. Beberapa hari setelah memasang iklan tersebut, unit iklan tautan muncul sendiri di Adsense seperti pada gambar.

Seperti biasa, caranya sangat mudah. Kamu bisa mengikuti tipsnya berikut ini.

Langkah-langkah memunculkan iklan link

  1. Masuk ke akun blogger.com
  2. Klik "Layout"
  3. Klik "Add a Gadget" di lokasi yang akan kamu tempatkan iklan link
  4. Tambahkan gadget "Adsense"
  5. Klik "Format", di situ ada pilihan bentuk iklan "Ad Units-Recommended", "Ad Units-Horizontal", "Ad Units Vertical", "Ad Units-Square", "Ad Units-Responsive", dan "Five Link Units". Kamu pilih yang terakhir. Sebelumnya, sesuaikan dengan tampilan yang menarik di layout blog
    iklan link, iklan tautan
  6. Kemudian klik "Save"
  7. Masuk ke akun Adsense
  8. Cek ke "Unit iklan"
  9. Cek "Unit iklan yang ada", di situ ada nama dan format iklan yang tadi kamu tambahkan di layout blogger
  10. Klik "edit"
    iklan link
  11. Ganti judul unit iklan dengan nama yang sesuai
  12. Kamu tinggal memilih bentuk iklan tautan, apakah persegi atau horizontal
  13. Pilih ukuran iklan yang Responsif agar bentuk iklan menyesuaikan tampilan di dekstop, mobile, atau tablet
  14. Klik simpan
  15. Masukkan kode script iklan di blogger
  16. Selesai
Sekarang kamu memiliki iklan tautan di blog. Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Memasang Video Youtube di Blog
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post