Tips Optimasi SEO Blog Terbaru yang Wajib Diketahui para Blogger

Iklan 728x90

Tips Optimasi SEO Blog Terbaru yang Wajib Diketahui para Blogger

Optimasi SEO adalah teknik untuk membuat situs web kita eksis di search engine Google, sehingga traffic blog kita bisa mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Jika kamu mencari teknik optimasi SEO di Google, maka sudah tak terhitung banyaknya. Mungkin kamu terlebih dahulu akan mempelajari teknik SEO di blog yang sudah mendapatkan rangking teratas.

Tips Optimasi SEO Blog Terbaru yang Wajib Diketahui para Blogger

Tetapi apakah tips optimasi SEO yang banyak bertebaran di Google sudah benar-benar valid? Bisa iya, juga bisa tidak. Mengapa? Sebabnya, tidak ada aturan atau teknik baku yang 100% SEO banget. Google juga tidak pernah menjelaskan secara detail ihwal per-SEO-an yang harus dikuti para blogger. Google hanya sebatas memberikan kisi-kisi, misalnya desain blog yang mobile friendly, loading blog cepat, atau konten artikel yang orisinal. Selebihnya, sebagai seorang blogger, kamu harus mencari sendiri optimasi yang paling cocok.

Baca juga: Pengertian SEO

Inilah sebenarnya misteri yang harus dipecahkan oleh seorang blogger: ia mencari teknik optimasi blog dengan melakukan percobaan demi percobaan. Kamu juga perlu ketahui bahwa Google juga setidaknya melakukan update algoritma sebanyak beberapa minggu sekali. Dengan demikian, bisa dikatakan tidak ada orang yang benar-benar disebut dewa dalam per-SEO-an. Mereka mungkin lebih tepat disebut “pandai” dalam membaca kondisi algoritma Google.

Lalu SEO itu apa?

Sampai di titik ini, pengertian SEO secara sederhana ialah cara bagaimana kita bisa membaca traffic yang dibutuhkan oleh Google. Paling tidak, unsur yang terpenting dalam urusan traffic blog adalah keyword atau kata kunci yang kamu gunakan dalam menulis artikel. Nah, di sini kamu bisa bermain dengan optimasi kata kunci dalam konten blog.

Kamu bisa menggunakan sistem piramida. Jadi, judul makro berada paling atas, kemudian disusul subjudul (H2) hingga kesimpulan berada paling bawah. Misalnya, kamu mencoba menulis artikel dengan keyword “bahasa Indonesia”, maka kamu harus mengulas secara komprehensif keyword tersebut.

Baca juga: Sumber Backlink Gratis Berkualitas untuk SEO

Mengulas secara komprehensif artinya: kamu membuat artikel berdasarkan kata kunci tersebut secara panjang lebar dan lengkap. Misalnya, kamu buat subjudul sejarah bahasa Indonesia dari masa kolonial Belanda, bahasa Indonesia pada saat Sumpah Pemuda tahun 1928, bahasa Indonesia pada masa Jepang, dan bahasa Indonesia pada masa kemerdekaan dan seterusnya secara berurutan. Kemudian, kamu ulas juga tentang seluk-beluk bahasa Indonesia, perkembangannya, perubahan kosakatanya, dan sebagainya. Intinya kamu bahas secara lengkap dan mendalam tentang “bahasa Indonesia”.

Peringkat page one Google

Setelah kamu berhasil menulis keyword tersebut menjadi sebuah artikel yang panjang dan lengkap, kamu jangan berharap artikel kamu langsung ditempatkan di urutan pertama Google. Apalagi, blog kamu termasuk pemain baru dalam mesin pencarian Google dan keyword yang kamu tulis juga sudah banyak yang ditulis oleh blogger-blogger lain.

Namun yang harus kamu selalu ingat adalah: jadikanlah kata kunci yang kamu tulis menjadi artikel itu sebagai pintu masuk ke “search engine”. Ini adalah cara untuk meyakinkan Google bahwa blog kamu memang layak dipertimbangkan mendapat posisi teratas dalam mesin pencarian lantaran serius dalam menggarap artikel yang bermanfaat bagi pembaca.

Pengandaiannya adalah sebagai berikut: sebagai pemain baru blog kamu harus menunjukkan keseriusan dengan menyajikan artikel-artikel yang super lengkap dan komprehensif tentang niche yang kamu bidik. Barulah setelah kamu bermain dalam keyword-keyword makro tersebut, kamu bisa menulis artikel menggunakan keyword-keyword mikro dan turunannya, misalnya, “tips menulis artikel ilmiah bahasa Indonesia”.

Itulah sedikit ilmu yang ZhinkaDiary.com dapatkan dari forum blogger dan kami kembangkan dalam artikel ini. Semoga ada manfaatnya.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post