Sumber Backlink Gratis Berkualitas yang Bagus untuk SEO Blog

Iklan 728x90

Sumber Backlink Gratis Berkualitas yang Bagus untuk SEO Blog

Backlink adalah tautan dari sebuah situs web yang terhubung dengan situs web lain. Dalam dunia SEO, backlink disebut juga inbound links atau incoming links. Backlink ini misalnya ketika kamu mengklik sebuah link di artikel yang mengarah ke halaman website lain. Tautan ke situs web eksternal demikian disebut dengan backlink.

Dalam dunia per-SEO-an, (baca juga: Pengertian SEO) backlink dianggap bagian paling penting untuk mengoptimasi situs web agar mendapat traffic yang tinggi lantaran situs web atau halaman artikel berada di halaman pertama mesin pencarian.

Tautan balik atau backlink ini bisa menandakan bahwa situs web kamu memiliki "kepercayaan" yang tinggi bagi pembaca sehingga link situs kamu ditautkan di situs-situs tersebut.

Sumber Backlink Gratis Berkualitas yang Bagus untuk SEO Blog

Jika situs web lain banyak yang menautkan link situs web kamu, maka situs web kamu di SERP akan mendapat posisi yang strategis lantaran konten-konten situs kamu layak mendapat tempat di mesin pencarian. Bisa dikatakan, backlink dapat memberikan dampak yang positif bagi situs web.

Karena itu, jika situs web kamu mendapatkan tautan backlink dari situs tepercaya, populer, dan memiliki otoritas yang tinggi, maka itu bisa menjadi backlink yang berkualitas.

Sebaliknya, backlink yang berasal dari situs web yang memiliki otoritas yang rendah dan tidak populer, bisa jadi itu berpotensi spam.

Sumber backlink berkualitas memang mudah didapatkan, tetapi biasanya kamu harus mengeluarkan kocek yang ditentukan oleh pihak pemberi backlink tersebut. Biasanya, harganya bergantung pada DA dan PA serta tingkat kepopuleran situs web tersebut.

Meski ada sumber backlink murah yang bisa kamu dapatkan, misalnya, di Fiverr yang harganya berkisar $,6 belum menutup kemungkinan kualitasnya bagus. Jadi, kamu harus lebih waspada dengan jasa-jasa backlink yang murah.

Untuk itulah, ZhinkaDiary.com akan memberikan tips mencari sumber backlink yang gratis, berkualitas, dan mudah digunakan seperti berikut ini.

1. Academia

Situs web Academia memiliki nilai DA yang tinggi, yakni 93, dan menggunakan atribut NoFollow. Situs ini bisa menjadi sumber backlink gratis berkualitas bagi situs web kamu. Lalu, bagaimana caranya untuk memasang backlink di situ?

Caranya: Mendaftar terlebih dahulu ke Academia dan buatlah artikel yang sudah kamu berikan link. Lalu, upload di Academia. Bentuk artikel bisa dalam bentuk PDF, Doc, dan sebagainya.

2. Medium

Medium adalah salah satu platform seperti blogger yang tujuannya adalah untuk menulis. Platform ini terhitung baru bagi para penulis. Meski begitu, Medium memiliki tampilan yang sangat unik dan sederhana, sehingga menjadi medium yang tepat untuk menuangkan pikiran maupun gagasan tentang topik apa pun.

Kalau kamu suka menulis dan ingin tulisan kamu cepat nangkring di page one, maka Medium menjadi tempat yang tepat untuk itu. Pasalnya, Medium adalah media yang kini jadi populer. Selain itu, karena kualitas konten yang ada di Medium bagus-bagus, maka mesin pencari pun memprioritaskan artikel-artikel Medium menduduki peringkat teratas di mesin pencarian.

Karena itulah, kamu bisa mempromosikan blog kamu di Medium. Kamu juga bisa menyisipkan link domain kamu di platform ini. Medium menggunakan atribut NoFollow.

3. Youtube

Siapa yang enggak kenal dengan Youtube? Hingga saat ini, Youtube bisa mengalahkan televisi. Pasalnya, video apa pun yang kamu butuhkan ada semua di media sosial terbesar di bumi ini. Belum lagi, banyak stasiun televisi yang melakukan streaming di Youtube, sehingga platform ini makin banyak disukai penonton.

Kamu pun bisa menyisipkan backlink di Youtube. Caranya dengan membuat akun Youtube terlebih dahulu. Lalu, kamu posting video dengan memberikan link domain kamu. Atribut yang digunakan Youtube adalah NoFollow.

4. Scribd

Scribd seperti juga Academia adalah platform penyedia artikel dalam bentuk Doc maupun PDF. Kamu bisa menyisipkan link domain kamu di PDF, sehingga ketika pembaca mengklik link tersebut akan langsung menuju blog kamu. Caranya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mendaftar dan kemudian mengupload artikel kamu.

5. Steemit

Apakah kamu pernah mendengar platform Steemit? Yup, seperti juga Medium, Steemit adalah wadah para penulis untuk menuangkan gagasan melalui tulisan. Hanya bedanya di Steemit setiap artikel yang kamu tulis bisa menghasilkan dollar. Wah, enak ya, menulis plus menghasilkan uang. Di samping menghasilkan uang, kamu juga bisa menyisipkan link domain kamu di artikel yang kamu tulis. Steemit menggunakan atribut NoFollow.

Itulah beberapa medium backlink yang setidaknya bisa membantu mendongkrak DA blog kamu. Dalam kesempatan yang lain, admin akan menambahkan lagi daftar sumber backlink gratis yang berkualitas.

Baca juga artikel menarik lainnya:
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post