Pengertian Domain Authority dan Cara Meningkatkannya

Iklan 728x90

Pengertian Domain Authority dan Cara Meningkatkannya

Domain authority adalah salah satu metrik optimasi mesin pencari untuk menilai kualitas suatu situs. Dengan adanya domain authority, situs web atau blog kamu menjadi lebih tepercaya. Semakin besar domain authority blog kamu, maka tingkat kepercayaan pengunjung serta traffic blog kamu juga semakin bagus.

Dalam dunia SEO, skor domain authority bukanlah suatu hal yang baru. Meski demikian, ada banyak pula blogger yang tidak menyadari signifikansi dari DA tersebut. Baca juga artikel "Pengertian SEO".

Pengertian Domain Authority dan Cara Meningkatkannya

Perlu kamu ketahui bahwa DA merupakan faktor penting untuk menentukan seberapa baik peringkat situs blog kamu di mesin telusur, seperti Google atau Bing.

Pasalnya, sebelum muncul istilah domain authority, situs web atau blog diukur berdasarkan page-rank. Namun hal tersebut kini sudah tidak berperan penting dalam menentukan peringkat domain kamu.

Mulai sekarang, lebih baik kamu berfokus pada domain authority untuk membuat sebuah blog yang memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi.

Pengertian Singkat Domain Authority

Domain authority (DA) adalah metrik yang diciptakan oleh MOZ, yakni sebuah perusahaan teknologi perangkat lunak yang berada di Seattle, untuk memberikan peringkat sebuah situs web dengan menggunakan skala 1-100 (angka 1 berarti terburuk, sedangkan 100 ialah terbaik). Dengan demikian, semakin tinggi otoritas situs web, maka semakin tinggi pula peringkatnya di search engine.

Penggunakan peringkat ala MOZ sekarang ini cukup kompetitif dan populer, apalagi digunakan untuk membandingkan dengan situs kompetitor. Misalnya, kamu membandingkan situs kamu dengan situs kompetitor yang menggunakan satu niche yang sama. Maka, jika situs kompetitor peringkat DA-nya tinggi, sudah otomatis traffic-nya lebih tinggi di search engine ketimbang situs kamu. Begitu pun sebaliknya.

DA dapat mengukur otoritas domain kamu secara komprehensif. Begitu pun halnya dengan pages authority (PA) yang mengukur per halaman dari situs kamu.

Baca juga: Tips Optimasi SEO Blog Terbaru

Cara mengecek domain authority

Kalau kamu searching di mesin telusur, maka terdapat sejumlah pemeriksa DA yang tersedia secara gratis ataupun berbayar. Misalnya, kamu bisa menggunakan Moz untuk mengecek dan mengetahui skor dari domain atau subdomain situs.

Contohnya, kamu bisa langsung mengeceknya di web https://www.checkmoz.com/, kamu hanya perlu memasukkan domain situs kamu dan tunggu analisisnya . Dari situ kamu bisa mengetahui berapa skor DA dan PA situs kamu.

Kalau kamu menggunakan browser Chrome atau Firefox, maka kamu bisa menggunakan ekstensi MozBar secara cuma-cuma untuk melihat skor DA dan PA. Untuk lebih jauh memahami apa yang membuat DA baik, kamu juga wajib mengetahui lebih jauh tentang MozRank dan MozzTrust.

Apa itu MozRank?

MozRank dinilai berdasarkan tautan link domain lain ke domain milikmu. Penilaian ini dihitung dari jumlah setiap halaman website yang menuju domain kamu.

Karena itu, kualitas halaman tautan kepada domain tujuan menjadi penting. Kalau domain tautan memiliki DA dan PA rendah, tidak populer, apalagi tak berkualitas, maka akan mempengaruhi peringat MozRank yang kurang baik terhadap situs kamu.

Dalam memilih backlink berkualitas, maka kamu harus memperhatikan faktor DA dan PA situs tersebut. MozRank memiliki skala ukuran 0-10, dengan 0 sebagai paling rendah dan 10 sebagai paling tinggi. Rata-rata peringkat MozRank di internet berkisar pada angka 3.

Apa itu MozzTrust?

MozTrust juga serupa dengan MozRank yang menilai suatu situs berdasarkan kualitas tautan atau backlink. Namun bedanya di MozTrust yang menjadi ukuran ialah keterhubungan situs kamu dengan situs lain yang tepercaya. Conto situs web yang tepercaya berasal dari web pemerintah yang berakhiran go.id atau situs pendidikan yang berakhiran ac.id atau .edu.

Jika situs blog kamu mendapatkan tautan link atau backlink dari salah satu situs web tepercaya tersebut, maka predikat blog kamu di mesin telusur juga semakin baik. Itulah sebabnya, terdapat jasa pemasangan backlink dari situs-situs tepercaya itu dengan jumlah pembayaran tertentu.

Sebagaimana MozRank, MozTrust juga diukur menggunakan skala 0-10. Kamu bisa meningkatkan peringkat MozTrust kamu asalkan situs kamu mendapatkan backlink dari situs web tepercaya seperti situs pemerintah, universitas, Wikipedia, dan lain-lain.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post