Pengertian SEO

Iklan 728x90

Pengertian SEO

SEO (search engine optimization) adalah teknik atau strategi meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas sebuah situs web dari hasil pencarian organik di search engine. Situs yang sudah teroptimasi dengan baik akan memiliki lalu lintas organik yang bagus. Misalnya, kamu menulis artikel tentang tutorial membuat video Youtube. Berdasarkan keyword yang menjadi core dalam artikel kamu ternyata banyak orang yang mencarinya, sehingga situs kamu jadi sering dikunjungi mereka yang sedang belajar membuat video Youtube.

Pengunjung situs kamu bisa menemukan web kamu berkat optimasi yang kamu lakukan. Optimasi ini adalah artikel yang kamu posting melalui situs telah melalui pengoptimalan, misalnya, pemberian title tag dan meta description yang tepat. Apabila artikel yang kamu buat adalah artikel original dan memiliki kadar kelengkapan yang memadai dibanding artikel serupa di situs lain, maka bisa saja artikel kamu yang naik di page one mesin pencarian.

Pengertian SEO

Sebenarnya ada cara kerja tertentu yang dilakukan oleh mesin pencari terhadap artikel-artikel di web kamu. Secara singkat, mesin pencari ini mempunyai sistem perayap yang mengumpulkan informasi seluruh konten yang ada di internet. Perayap tersebut juga bertugas membuat indeks dan dimasukkan ke dalam algoritma yang mencoba mencocokkan semua data berdasarkan kueri di situs Anda.

Bicara soal mesin pencari, di dunia ini memang tak hanya Google yang menjadi mesin pencari. Ada juga Bing dan Yahoo. Namun Google-lah yang paling terkenal dan sering digunakan umat manusia untuk melakukan hal apa saja: mengiklankan produk dan mencari informasi dari A sampai Z. Kehebatan Google inilah yang membuat setiap pemilik situs wajib mendaftarkan situs mereka ke Google Webmasters. Tanpa Google Webmasters rasanya sebuah situs tidak akan berfungsi dengan normal.

SEO sendiri merupakan alat marketing paling penting pada masa sekarang ini. Usaha kamu yang bergerak dalam ranah online akan percuma saja jika tak memainkan peran penting SEO dalam situs kamu. Pasalnya, pengelolaan SEO yang buruk akan berdampak buruk pula pada situsmu, seperti target pasar tak sesuai, kurang populer, lalu lintas di situs jauh dari ramai, dan lain sebagainya.

Meskipun mesin pencari semacam Google merupakan produk yang canggih, tetapi tetap masih membutuhkan bantuan dengan pengoptimalan SEO. Pasalnya, penggunaan SEO yang optimal dapat meningkatkan jumlah pengunjung situs kamu.

Baca juga: Manfaat Google Search Console untuk Bisnis Online
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post