Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Usaha Kuliner yang Bisa Dijadikan sebagai Bisnis Rumahan

Zhinkadiary.com – Peluang bisnis kuliner kini merambah hingga ke sektor rumah tangga. Bisnis kuliner dianggap memiliki peluang yang menjanjikan. Apalagi bisnis kuliner bisa dilakukan di rumah dengan modal yang tidak terlalu besar. Bukan hanya itu, bisnis kuliner skala rumahan juga bisa menjadi opsi yang paling sesuai untuk ibu rumah tangga yang ingin menghasilkan uang tambahan bagi keluarga tanpa harus keluar rumah dan tetap bisa mengurus anak.

Nah, jika kamu ingin memulai bisnis kuliner skala rumahan, kamu harus mempunyai kemampuan untuk membuat makanan yang unik dan tentunya rasanya enak. Di samping itu, kamu juga harus bisa memilah jenis makanan apa yang akan hendak dijual: apakah makanan ringan atau makanan berat. Sebab, hal demikian penting dilakukan lantaran jenis makanan yang akan kamu jual akan mempengaruhi jumlah modal yang dikeluarkan dan pangsa pasar yang akan ditargetkan.

Usaha Kuliner yang Bisa Dijadikan sebagai Bisnis Rumahan

Selain itu, kamu juga harus dapat mempertimbangkan cara memasarkan produk kuliner kamu. Pasalnya, dalam zaman serba digital sekarang ini, memanfaatkan media sosial atau platform online justru menjadi salah satu cara yang efektif untuk memasarkan produk-produk kuliner kamu.

Tak sekedar itu, kamu juga dapat memasarkan produk dengan memaksimalkan jejaring sosial kamu untuk memasarkan secara offline. Cara offline ini bisa dengan memanfaatkan bantuan keluarga atau teman untuk mempromosikan produk agar memperluas jangkauan pasar. Dengan demikian, bisnis kuliner rumahan dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan dan memungkinkan kamu mendapatkan uang tambahan dari rumah. Berikut ini jenis usaha kuliner yang bisa kamu coba di rumah. Simak terus, ya!

Susu murni varian rasa 

Usaha kuliner yang pertama adalah susu murni dengan varian rasa yang merupakan bisnis yang bisa dimulai dalam skala rumahan. Pada mulanya memang usaha susu kemasan berkembang di wilayah yang memiliki peternakan sapi perah, seperti Yogyakarta, Bandung, Medan, Solo, dan sebagainya. Namun bagi kamu yang berada di pusat kota atau pinggiran kota juga dapat melakukan usaha rumahan susu varian rasa.

Setidaknya bagi kamu yang tidak berada di wilayah peternakan sapi harus berlangganan susu murni sapi perah kualitas terbaik. Susu murni terbaik itu higienis, bergizi tinggi, steril, tidak berbau, dan rasa tidak berubah ketika diminum. Karena itu, kamu harus berhati-hati ketika susu murni berada di suhu kamar karena rentan terhadap pencemaran.

Usaha susu varian rasa ini tidak hanya berlaku pada susu sapi, melainkan juga susu kambing. Dari susu murni ini dapat diolah menjadi milkshake dengan berbagai rasa.

Setelah kamu memproduksi susu varian rasa ini, kamu dapat menjualnya mandiri dan menjual kepada reseller dengan harga yang kompetitif. Untuk reseller ini, kamu bisa menjual susu dengan merek atau tanpa merek kamu dan merekalah sendiri yang memberikan nama merek. Dengan kata lain, kamu hanya menjual olahan susu saja.

Untuk strategi penjualan, kamu bisa menjual secara langsung atau yang sekarang sedang booming adalah menggarap pasar online. Misalnya, dengan menjualnya di marketplace atau membuat website mandiri.


Ayam panggang khas Lumajang

Selintas dilihat ayam bakar ini mirip dengna ayam bakar pada umumnya. Tetapi ayam bakar Lumajang memiliki kekhasan sendiri. Di antaranya, ayamnya digeprek, rasanya pedas, dan dijepit dengan bambu. Dengan cara digeprek dan dijepit inilah yang membuat citarasa bumbu meresap kuat dalam ayam panggang Lumajang.

Keunikan proses pembuatan ayam bakar Lumajang membuat daya tarik tersendiri bagi konsumen. Kamu dapat mencobanya sebagai kuliner rumahan. Sebelum menjualnya, mungkin kamu perlu pendapat dari keluarga. Baru kemudian kamu tawarkan dari rumah ke rumah.

Jika penjualannya semakin banyak dan laris manis, kamu bisa mulai merambah menjual menggunakan media sosial. Terbukti, ayam panggang Lumajang kas WGW milik Ganda Rizkyanto menunjukkan tren peningkatan yang tinggi selama pandemi.

Kue basah dan kue kering

Usaha kue basah dan kue kering merupakan jenis bisnis kuliner yang mempunyai pangsa pasar terbesar di Indonesia. Jenis makanan ini adalah camilan yang biasanya dikonsumsi kapan saja, baik pagi, siang, atau malam hari. Kue basah dan kue kering juga sering menjadi oleh-oleh atau hadiah pada acara tertentu, seperti hari raya Idulfitri atau ulang tahun. Itu sebabnya, usaha kue kering dan kue bahasa mempunyai prospek yang menjanjikan sebagai bisnis rumahan.

Sebelum memulai usaha kue basah dan kue kering, kamu harus memilih jenis kuenya terlebih dahulu. Misalnya, jenis kue basah yang populer di Indonesia adalah onde-onde, klepon, atau lemper. Kemudian, jenis kue kering yang dikenali masyarakat seperti kaastengels, putri salju, atau nastar. Jika sudah tahu jenis kue apa yang akan dijual, kamu perlu memperhatikan bahan-bahan apa yang akan digunakan dan segi kualitasnya. Pastikan kamu menggunakan bahan-bahan yang berkualitas tinggi untuk menghasilkan kue yang benar-benar enak.

Tak hanya rasa yang enak saja, kamu juga harus memperhatikan proses produksi kue, misalnya soal kehigienisan. Selain itu, perhatikan pula kebersihan peralatan dalam memproduksi kue agar rasa yang dihasilkan tidak tercemar dan dapat kue dapat bertahan lama. Buatlah pelanggan menyukai setelah mencoba kue basah atau kue kering buatan kamu.

Keripik pisang madu

Keripik pisang adalah jajanan yang sering kita jumpai sebagai jenis makanan ringan. Namun jika ingin membuat varian yang berbeda dan unik, kamu bisa membuat keripik pisang madu.

Untuk bahan utamanya gunakan pisang kepok agar rasanya enak. Sebenarnya dalam proses pembuatan tetap sama saja seperti jenis keripik lainnya, hanya variannya yang berbeda. 

Rasa madunya juga tidak seratus persen madu, tetapi tetap ditambahkan gula agar rasa manisnya terasa. Agar keripik pisang tidak alot atau renyah, kamu bisa melakukan proses menggorengnya sebanyak dua kali.


Makanan ringan

Makanan ringan adalah jenis usaha rumahan yang banyak diminati lantaran permintaan pasar yang selalu meningkat. Makanan ringan ini gampang dijual dan mempunyai variasi rasa yang beraneka ragam sehingga dapat menarik minat konsumen. Orang banyak yang memilih makanan ringan sebagai camilan untuk menemani rutinitas sehari-hari, baik di waktu bersantai maupun saat bekerja. Kenyataan itulah yang membuat makanan ringan mempunyai potensi yang besar untuk berkembang dan tumbuh.

Makanan ringan yang dapat dijadikan bisnis rumahan adalah keripik. Keripik ini bisa dibuat dari berbagai bahan dasar, seperti pisang, singkong, kentang, ubi, dan sebagainya. Di samping itu, keripik ini bisa memiliki berbagai macam rasa, seperti pedas, asin, manis, atau campuran dari tiga rasa itu. Usaha keripik ini tergolong bisnis yang bermodal kecil dan tidak memerlukan peralatan yang mahal. Jika kamu tertarik mencoba bisnis keripik, makan kamu harus berani melakukan eksplorasi rasa dan membuat kemasan yang menarik.

Selain keripik ada pula camilan lain seperti kue cubit. Kue yang bentuknya mini ini masih diminati masyarakat, khususnya anak-anak. Bahan dasar untuk membuat kue cubit juga mudah didapat dan murah, sehingga kue cubit bisa menjadi pilihan usaha yang menguntungkan. Kue cubit ini umumnya bisa dijual dalam jumlah yang banyak dan harganya murah. Di samping itu, kue cubit bisa dipesan dalam berbagai macam rasa sehingga ada banyak pilihan rasanya. Agar dapat memenangkan persaingan, kamu harus menjaga kualitas dan inovasi produk.

Jajanan pasar

Jajanan pasar adalah makanan tradisional yang tidak ada matinya. Jajanan pasar tidak hanya dijual di kaki lima, melainkan juga di warung-warung kecil. Jajanan pasar juga bisa menjadi bisnis rumahan yang menguntungkan. Karena itu, berbisnis jajanan pasar dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan terutama jika kamu bisa menjual jajanan yang berkualitas, enak, dan harga terjangkau.

Keuntungan dalam menjalankan bisnis jajanan pasar ialah tak perlu modal besar dan pangsa pasarnya luas, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal kecil atau disesuaikan dengan budget yang tersedia. Ada berbagai jenis jajanan pasar seperti kue lumpur, risol, pastel, pisang goreng keju, donat, churros, bolu kukus, dan sebagainya. Asalkan kamu bisa menjaga kualitas dan mempertahankan rasa serta inovasi, jajanan pasar kamu akan terus diburu oleh pembeli.

Demikianlah beberapa jenis usaha kuliner yang bisa dijadikan sebagai bisnis rumahan. Pertimbangkanlah jumlah modal yang dikeluarkan, inovasi produk, serta jaminan rasa yang enak.

Posting Komentar untuk "6 Usaha Kuliner yang Bisa Dijadikan sebagai Bisnis Rumahan"