Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Cara Mengatasi Memori Penuh HP Android, Gak Bakal Lagging dan Lemot Lagi

Zhinkadiary.com - Pengguna Android sering kali mengeluh karena HP-nya penuh, padahal pemakaiannya belum lama. Memori di perangkat Android bisa dianggap sebagai fungsi otak pada manusia yang menyimpan file dan data. Meski berukuran kecil, memori ini dapat menampung data dan file dalam jumlah besar.

Meski demikian, memori internal perangkat Android nyatanya memiliki batas penyimpanan tertentu. Misalnya, untuk perangkat dengan penyimpanan 32GB, lokasi penyimpanan biasanya ditempati sistem operasi, aplikasi bawaan atau aplikasi yang sudah terinstal sebelumnya, serta ruang yang digunakan untuk menyimpan data-data lain,

Memori tersebut akan mudah penuh jika data dan file yang Anda simpan terlampau banyak sehingga sering kali terjadi lagging pada smartphone. Apalagi file seperti video beresolusi tinggi, foto, games AAA, akan cenderung membuat memori penuh.

Terkadang jika memori penuh, Anda tidak bisa memperbarui update aplikasi di sistem karena penyimpanan penuh atau "storage is full". Dalam kesempatan ini, Andro Tekno akan menunjukkan kepada Anda cara mengatasi masalah tersebut! Simak selengkapnya ya!

Tutorial Cara Mengatasi Memori Penuh HP Android, Gak Bakal Lagging dan Lemot Lagi

Tutorial Mengatasi Memori Penuh di Android

Sebelum Anda mengikuti tutorial Andro Tekno, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa terdapat aplikasi-aplikasi yang tidak benar-benar Anda gunakan. Perhatikan juga apakah aplikasi tersebut menggunakan memori terlalu terlalu banyak di storage HP Anda. Berikut di bawah ini cara mengatasi memori penuh HP Android!

1. Lakukan pembersihan cache secara rutin

Jika Anda pengguna aktif Android, maka sudah saatnya rajin membersihkan cache pada aplikasi yang digunakan. Cache merupakan bekas atau sisa data yang sudah tidak terpakai.

Biasanya, setiap aplikasi Android menggunakan tiga set, yakni penyimpanan untuk aplikasi itu sendiri, file data aplikasi, dan cache aplikasi. Apabila cache terlalu besar ukurannya, maka hal itu akan menempati sebagian besar ruang memori. Dengan kata lain, mengosongkan cache aplikasi adalah cara yang penting untuk memperbaiki kesalahan penyimpanan ruang Android yang tidak mencukupi.

Langkah-langkah menghapus cache
  • Buka pengaturan dari layar beranda, lalu buka Manajer Aplikasi atau Applications.
  • Di Applications Anda dapat melihat semua aplikasi yang diunduh di perangkat Android beserta berapa banyak ruang penyimpanan yang digunakan.
  • Klik Menu atau More untuk mengurutkan aplikasi berdasarkan aplikasi mana yang paling banyak menggunakan storage HP Anda.
  • Klik aplikasi tertentu untuk melihat ruang penyimpanan yang ditempati aplikasi tersebut, lihat bagian datanya (bagian penyimpanan) dan cache (bagian Cache).
  • Klik Clear Cache untuk mengosongkan cache di ruang penyimpanan.
  • Ulangi proses yang sama untuk setiap aplikasi di HP Android Anda.
  • Di samping itu, Anda juga dapat menghapus semua file cache untuk semua aplikasi Android secara bersamaan. Untuk melakukan hal tersebut, navigasikan ke Settings> Storage> Device Memory. Lalu klik data Cache dan Delete untuk menghapus semua data cache di semua aplikasi Anda.
Setelah melakukan hal di atas, HP Android Anda akan lebih fresh dan tidak lagi lagging dan masih memiliki ruang kosong di memori.

2. Jangan menginstal aplikasi dengan ukuran file besar

Bagi penggemar game ataupun Anda yang hobi menggunakan berbagai macam aplikasi di Playstore, mulai sekarang Anda harus lebih cermat lagi dalam memilih aplikasi. Hindari aplikasi dengan ukuran file besar, misalnya yang mencapai 1GB atau lebih. Aplikasi yang berat akan memakan ruang memori di HP Android Anda. Bayangkan, jika ada beberapa aplikasi dengan penyimpanan di atas 1GB dengan ruang penyimpanan Anda yang pas-pasan? Pastinya HP Anda sering mengalami lagging. Karena itulah, sangat disarankan Anda memilih aplikasi sejenis dengan ukuran file yang lebih kecil.  

3. Menonaktifkan auto-download di WhatsApp

Pengguna smartphone di seluruh dunia tentunya menggunakan aplikasi WhatsApp untuk berkomunikasi. WhatsApp ini juga salah satu aplikasi yang turut menyumbang penumpukan file dan data di HP Android. Untuk itu, agar tidak semua bentuk file terunduh di WhatsApp, Anda harus menonaktifkan fitur auto-download agar ketika orang mengirim file tidak langsung terunduh, melainkan file tersebut harus Anda klik terlebih dahulu. 

Selain menonaktifkan fitur auto-download, Anda juga bisa mem-backup seluruh file di WhatsApp, termasuk chat, ke Google Drive. Dengan cara demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi jika memori HP Anda penuh gara-gara data WhatsApp. Apabila Anda ingin mencari file, maka cukup cek langsung di Google Drive yang sudah tersambung ke WhatsApp. Anda tak perlu khawatir lagi jika data akan hilang, karena sudah aman tersimpan secara cloud.

4. Transfer foto dan video dari Android ke komputer

Jika perangkat Android Anda memiliki penyimpanan yang tidak mencukupi, salah satu cara terbaik untuk menyimpan adalah dengan memindahkan sejumlah file besar, termasuk foto, video, audio, dan lain-lain, ke komputer Anda agar penyimpanan di Android kosong. Untuk melakukan hal tersebut, Anda memerlukan alat transfer data pihak ketiga.

Salah satu perangkat lunak terbaik untuk pemulihan data Android gratis adalah MiniTool Mobile Recovery yang dikembangkan oleh tim MiniTool. Tool gratis ini tidak hanya dapat menjadi perangkat lunak pemulihan data Android untuk pemulihan file yang terhapus, tetapi juga sebagai alat transfer data untuk menyimpan file HP ke komputer.

Untungnya, aplikasi tersebut dapat digunakan di semua OS Windows termasuk Windows 10/8/7 dan mendukung beberapa ponsel dan Android, seperti Huawei, Samsung, Sony, LG, dan Google.


5. Pindahkan data dari memori internal ke eksternal

Jika Anda jarang mengutak-atik Android, biasanya Anda tidak ngeh jika Android penuh karena semua data terpusat di memori internal. Maka sebaiknya gunakan dua cara ini agar HP Android Anda tidak terlalu penuh. Pertama, unistall aplikasi yang tidak jarang atau tidak pernah digunakan dan kedua pindahkan aplikasi ke memori eksternal. Jika memori internal tidak cukup lagi, Anda harus beli memori eksternal sesuai kebutuhan pemakaian. 

6. Mengatur lokasi penyimpanan foto kamera

Langkah terakhir untuk mengatasi memori penuh di HP Anda adalah dengan mengatur tempat lokasi penyimpanan pada foto kamera. Seperti cara kelima, Anda perlu memindahkan lokasi data foto ke memori eksternal. Dengan demikian, setiap kali Anda memfoto, maka secara otomatis hasil jepretan Anda akan tersimpan di memori eksternal atau SD Card. Caranya sangat mudah: buka aplikasi kamera, lalu cari menu Setting dan pilih atau ganti lokasi penyimpanan dari internal ke SD Card.

Demikian, tutorial ini kami sampaikan kepada Anda. Semoga cara tersebut bisa bekerja dengan baik di HP Android Anda. Semoga membantu!

Posting Komentar untuk "Tutorial Cara Mengatasi Memori Penuh HP Android, Gak Bakal Lagging dan Lemot Lagi"