Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Jitu Mengawali Bisnis Minuman Kemasan

Zhinkadiary.com – Memulai bisnis minuman kemasan adalah langkah bagus karena sampai sekarang masih terdapat banyak gerai minuman yang eksis dan bertahan di mana-mana. Coba saja misalnya, dari mulai perumahan hingga pusat perbelanjaan akan selalu kita temukan gerai atua booth minuman kemasan.

Potensi bisnis minuman yang besar ini sebenarnya membutuhkan tekad yang kuat dan bulat karena Anda harus berani melakukan inovasi pada produk atau jika tidak bisnis Anda akan mudah "tenggelam" karena pebisnis lainnya akan selalu melakukan modifikasi. Meski demikian, bukan berarti tidak ada harapan bagi Anda yang baru memulainya. Pasalnya, harapan akan selalu ada selama ada usaha.

Yang ada butuhkan sekarang adalah strategi tentang bagaimana cara mengawali bisnis minuman kemasan dengan tepat. Hal ini sudah Zhinkadiary.com ulas secara khusus untuk Anda. Selamat membaca…

Tips Bisnis Minuman Kemasan
source: jarmoluk/Pixabay

1. Mencari lokasi usaha yang ramai

Dalam strategi pemasaran, pemilihan lokasi usaha merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan berjualan minuman kemasan. Anda bisa melakukan riset dan membandingkan sejumlah tempat untuk memilih lokasi yang paling strategis.

Meski kita tahu bahwa tak mudah mencari lokasi strategis dan budget besar yang harus dikeluarkan untuk hal itu. Begitu pun jenis dan sifat usaha dapat menjadi pertimbangan untuk menentukan lokasi berbisnis Anda.

2. Desain outlet yang menarik

Dalam berbisnis minuman kemasan, Anda mungkin berfokus pada persaingan harga dengan penjual lain. Tapi ada hal lain yang harus Anda pikirkan, yaitu desain outlet yang menarik. Pasalnya, Anda harus melihat fakta bahwa banyak orang yang membeli minuman kemasan secara online. Untuk itu, agar jualan offline Anda tetap diminati, perlu membuat desain outlet yang menarik perhatian konsumen.

Ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk membuat tampilan outlet yang keren:
  • Membuat bagian depan (fasad) outlet-mu terlihat menarik, misalnya memajang produk minuman kemasan yang paling laris
  • Membuat pengalaman konsumen tak terlupakan di outlet Anda, misalnya menyajikan tema kreatif desain outlet yang disesuaikan dengan jenis produk Anda
  • Membuat pencahayaan interior yang optimal pada desain outlet Anda, misalnya menggunakan pencahayaan lampu yang dapat membuat tampilan produk contoh di etalase jadi lebih menarik

3. Spanduk/banner tentang manfaat minuman

Agar minuman kemasan terlihat makin menarik minat konsumen untuk membeli, Anda dapat membuat banner atau spanduk dengan menegaskan keunggulan atau manfaat dari minuman kemasan Anda. Misalnya, tertulis bahwa es batu yang digunakan berasal dari minuman air matang, gula yang digunakan asli, serta bahan baku minuman terbuat dari bahan alami dan bebas pengawet.

4. Membuat packaging minuman yang menarik

Packaging minuman yang menarik tentunya menjadi faktor utama dalam penjualan, di samping rasa minuman. Sebagai penjual minuman kemasan, Anda dapat mempertimbangkan pilihan warna, bentuk, informasi produk, dan desain grafis produk. Kemasan yang menarik akan membuat produk Anda semakin profesional.

Secara lebih detailnya mengenai packaging, Anda dapat membaca ulasan berikut:
  • Struktur kemasan. Anda harus memastikan bahwa material atau bahan kemasan sesuai dengan produk minuman. Hindari pemilihan kemasan minuman yang lebih berat atau produk minuman yang terlalu berat yang dapat merobek kemasan
  • Identitas produk. Anda dapat menginformasikan identitas produk, nama, atau kategori produk agar konsumen tahu dengan jelas produk yang akan dibelinya
  • Informasi produk. Informasi di sini terkait dengan izin produk, seperti label halal dan BPOM
  • Narasi produk. Anda dapat menambahkan narasi atau cerita mengenai produk minuman, seperti alasan mengapa konsumen harus membeli minuman ini
  • Memanfaatkan sisi kemasan. Jangan sampai ada bagian ruang yang kosong pada kemasan. Anda dapat menambahkan, misalnya kode QR

5. Membagikan brosur

Brosur adalah salah satu alat pemasaran yang efektif untuk mengenalkan bisnis, merek atau brand minuman kemasan Anda. Anda dapat menggunakan desain brosur yang simpel serta dapat menarasikan produk dengan tepat. 

Perhatikan pula cover pembuka dan penutup pada brosur yang harus diakhiri dengan nomor telepon yang bisa dihubungi dan alamat atau akun media sosial atau website produk Anda--jika ada.


6. Sistem antar minuman

Anda dapat menggunakan sistem antar minuman untuk memudahkan distribusi produk ke konsumen di sekitar lokasi tempat berjualan. Cara seperti ini merupakan bagian dari pelayanan kepada pelanggan. Dengan memanjakan pelanggan, bukan mustahil mereka akan menjadi langganan tetap Anda. Oleh karena itu, diperlukan strategi pelayanan prima agar brand Anda semakin dikenal konsumen.

7. Kupon diskon

Strategi pemberian kupon diskon bisa menjadi cara mujarab dalam menggaet konsumen. Siapa pun orangnya jika mendengar potongan harga akan tertarik untuk membeli produk tersebut--bahkan jika sebelumnya tak berniat membeli produk itu.

Tapi sebelum memberikan potongan harga, Anda terlebih dahulu harus memeriksa struktur harga agar margin keuntungan Anda tetap aman. Jangan sampai diskon produk Anda tidak memberikan Anda keuntungan.

8. Barter produk dengan pedagang lain

Cara lain untuk memasarkan produk minuman kemasan Anda adalah dengan melakukan pertukaran produk dengan pedagang lain. Misalnya, karena Anda menjual produk minuman kemasan, maka Anda dapat menjualnya di pedagang makanan. Sebaliknya, Anda pun dapat mempromosikan juga produk makanan dari pedagang lain di outlet milik Anda. Artinya, sistem ini sama-sama memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.


9. Membuat inovasi produk

Bisnis minuman kemasan termasuk paling umum yang kita temui saat ini. Karena umum, persaingan dalam bisnis tersebut juga sengit. Jika ingin berkecimpung ke dalam bisnis minuman kemasan, maka bisnis Anda harus unik. Ya meski Anda meniru pebisnis minuman yang sudah tenar setidaknya tetap memberikan sentuhan modifikasi yang berbeda.

Keunikanlah yang akan membuat bisnis minuman kemasan Anda bisa bertahan. Berikut ini adalah alasannya:
  • Keunikan akan menjadikan bisnis minuman Anda minim dari pesaing
  • Keunikan dan inovasi pada bisnis minuman kemasan Anda akan meningkatkan kepuasan konsumen
  • Keunikan dapat menjadikan bisnis Anda mampu beradaptasi pada perubahan dan perkembangan zaman
  • Keunikan pada varian rasa minuman kemasan dapat memberikan konsumen pilihan rasa yang berbeda dari produk yang pernah dibelinya

10. Merekrut penjual/sales

Merekrut penjual atau sales adalah salah satu cara untuk membantu Anda berjualan. Mungkin jika skala bisnis minuman kemasan Anda masih terbilang belum menghasilkan untung yang cukup, Anda dapat bekerja secara mandiri. Artinya Anda menjadi pekerja sekaligus pemilik bisnis. Namun jika usaha minuman kemasan semakin berkembang, Anda dapat mulai berpikir merekrut tenaga penjual/sales.

Demikianlah tips memulai bisnis minuman kemasan yang semoga menjadi masukan berharga untuk Anda. Semoga sukses dan laris manis bisnis Anda!

Posting Komentar untuk "10 Tips Jitu Mengawali Bisnis Minuman Kemasan "

Berlangganan via Email