Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Bisnis Minuman Sehat Kekinian yang Menggiurkan

Zhinkadiary.com – Tren minuman sehat sekarang ini mengakar di perkotaan dan sekitarnya. Kesadaran masyarakat untuk menjalani hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan mulai tumbuh sehingga fakta ini menjadi peluang bisnis yang sayang jika dilewatkan.

Sebagian masyarakat agaknya mulai menyadari bahwa konsumsi minuman tidak lagi berdasarkan pada rasa yang enak saja, melainkan apakah minuman tersebut baik bagi tubuh. Apalagi jika minuman tersebut akan dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Meski demikian, banyaknya minuman kemasan yang beredar di pasaran juga membuktikan bahwa soal "rasa" masih unggul ketimbang mutunya.

Di zaman modern ini hampir setiap orang ingin yang serba instan, termasuk dalam mengonsumsi minuman. Mungkin karena kesibukan sehingga masyarakat kita menginginkan yang serba praktis. Dengan kata lain, minuman sehat yang instan dapat menjadi pilihan bagi kultur masyarakat kita saat ini. Berikut ini Zhinkadiary.com berikan gambaran tentang bisnis minuman sehat.

Peluang Bisnis Minuman Sehat


Minuman sehat press juice

Press juice memang belum banyak dikenal masyarakat Indonesia. Keunikan minuman ini adalah tidak menggunakan gula dan es batu sebagaimana minuman jus pada umumnya. Press juice merupakan jus perasan murni dari bahn-bahan sayur dan buah tanpa tambahan apa pun.

Semenjak menjadi tren di kalangan anak milenial, permintaan press juice meningkat pesat. Minuman ini seakan menjadi bagian dari rutinitas masyarakat milenial dan kelas menengah. Pangsa pasar ini terbuka luas di wilayah-wilayah perkotaan dan sekitarnya sehingga menjadi peluang emas bagi Anda jika tertarik bergelut dalam bisnis press juice.

Namun dalam memilih bahan-bahan jus Anda harus memperhatikan tingkat pH atau keasamannya. Semakin pH-nya tinggi, maka jus buah tersebut semakin tahan lama. Sebaliknya untuk buah dengan kadar pH rendah, maka akan lebih cepat basi. Karena itu, buah apel yang memiliki pH rendah lebih cepat basi ketimbang lemon. Pada dasarnya, Anda harus mampu meracik sayur dan buah berdasarkan tingkat keasaman.

Karena tidak menggunakan bahan tambahan seperti gula, maka Anda harus pandai meraciknya agar rasanya tetap "enak" di lidah. Apalagi yang membelinya adalah orang terbiasa mengonsumsi minuman serba manis. Inilah tantangan Anda untuk berbisnis press juice. 


Selain itu, press juice ini juga cocok dikonsumsi tidak hanya untuk orang dewasa, tetapi juga anak kecil. Karena benar-benar murni jus, maka aman diminum secara rutin oleh anak kecil. Kemdian jus ini tepat bagi orang yang tidak menyukai sayur atau buah. Setidaknya press juice bisa menjadi minuman alternatif.

Mengenai harganya di atas harga jus yang dengan tambahan gula, yakni per botol bisa dibanderol Rp 40.000. Untuk itu, pangsa pasar press juice adalah bagi kalangan masyarakat perkotaan, perkantoran, dan kelas menengah.

Salah satu produk press juice ini adalah Naked Press Juicery. Dalam per bulan mereka menghasilkan omzet menggiurkan, yakni Rp 120.000.000 (mungkin angka ini semakin bertambah dari waktu ke waktu). Harga per botol Rp 40.000 yang per hari bisa terjual 100 botol sehingga omzet hariannya mencapai Rp 4.000.000. Bagaimana tertarik mencoba bisnis press juice?  

Minuman sehat jamu modern

Indonesia dikenal sebagai penghasil rempah-rempah nomor wahid di dunia. Dari rempah-rempah ini terciptalah jamu. Jamu adalah minuman tradisional masyarakat Indonesia. Jamu sudah kenal cukup lama dari zaman lampau. Hingga saat ini, banyak masyarakat yang rutin mengonsumsi jamu untuk berbagai tujuan, tetapi yang pasti tujuan utamanya adalah kesehatan.

Minuman kesehatan jamu terbagi menjadi dua, yaitu jamu tradisional dan modern. Sebenarnya komposisi di kedua jamu tersebut sama saja. Namun perbedaannya adalah jamu modern rasanya disesuaikan dengan citarasa anak milenial dan kemasan jamunya juga lebih modern dan unik. Soal rasa memang jamu tradisional bukan untuk pemula, apalagi yang belum pernah minum jamu. Jadilah jamu modern yang ditujukan untuk mereka yang kurang familiar dengan pahitnya jamu tradisional.

Biasanya jamu tradisional kita minum langsung di gelas yang dituangkan dari botol tukang jamu. Nah, jamu modern kemasan botolnya lebih trendi dan menarik dan ada label serta logo brand/merek produksinya. Salah satu merek jamu modern tersebut adalah Suwe Ora Jamu. Sejak berdiri sepuluh tahun silam, hingga kini brand Suwe Ora Jamu telah merajai penjualan baik secara online maupun offline.


Suwe Ora Jamu menjual bukan hanya jamu siap minum, tetapi juga jamu seduh. Dalam soal rasa, mereka membuat rasa yang lebih kekinian seperti rosella, sereh telang, temulawak rempah, kayu manis sitrus. Ini juga bertujuan agar kaum milenial yang tak terbiasa dengan rasa jamu tradisional tidak kaget dengan rasa “pahit”-nya. Jamu milik Suwe Ora Jamu juga tidak hanya disajikan saat panas, melainkan juga dingin, bahkan bisa dicampur dengan es batu. 

Omzet Suwe Ora Jamu pada tahun 2015 Rp 7,5 juta - Rp 15 per hari. Rinciannya sebagai berikut: setiap hari pengunjung yang datang sekitar 150 orang pda hari kerja dan 300 orang pada akhir pekan. Tiap-tiap pengunjung mengeluarkan kocek paling tidak Rp 50.000. Dari angka tersebut, tentunya hingga tahun ini pertumbuhan omzet bisnis Suwe Ora Jamu akan terus tumbuh positif, seperti yang dikatakan oleh Nova Dewi Setiabudi, founder Suwe Ora Jamu, dalam salah satu wawancara di CNBC Indonesia tahun 2020.

Nova sendiri memberikan tips dan tantangan dalam berbisnis minuman jamu:
  • Anda harus mengenal filosofi produk jamu dan menjaga nilai dan tradisi dari jamu indonesia
  • Pemilihan packaging atau kemasan adalah hal utama dalam minuman jamu. Paling baik menggunakan botol kaca
  • Tantangan bisnis jamu adalah ketersediaan bahan baku. Mungkin salah satu jalan keluarnya adalah menjalin kerja sama dengan para petani sebagai penyedia bahan baku
  • Tantangan lainnya adalah biaya distribusi dan logistik cukup besar 
Tapi misalkan Anda ingin memulai bisnis jamu menggunakan kemasan botol plastik juga bisa. Pasalnya, Anda hanya memproduksi dalam skala kecil, sehingga tidak perlu menjalin kerja sama dengan petani, melainkan bisa mendapatkan bahan baku di pasar. Perlu Anda ketahui bahwa market pasar untuk minuman sehat seperti jamu tidak hanya di indonesia, bahkan di luar negeri juga besar. Ini akan menjadi kesempatan emas yang juga sayang jika dilewatkan.

Semoga artikel ini membantu….

Posting Komentar untuk "Peluang Bisnis Minuman Sehat Kekinian yang Menggiurkan"

Berlangganan via Email