Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Peluang Bisnis Makanan Ringan untuk Anak Sekolah

Zhinkadiary.com – Bisnis makanan ringan untuk anak sekolah merupakan salah satu peluang untuk menghasilkan omzet besar. Pasalnya, jika Anda dapat menjual atau titip di kantin sekolah setidaknya bisnis Anda memiliki target pasar yang jelas. Meskipun anak-anak sekolah membawa bekal dari rumah, biasanya mereka akan jajan di kantin sekolah.

Asalkan Anda dapat menjual jajanan dengan harga yang sesuai dengan uang jajan anak sekolah, makanannya enak alias digemari anak-anak, dan memperhatikan standar kesehatan, maka peluang bisnis makanan ringan di sekolah akan laris manis.

Di samping itu, dari beragam makanan ringan Anda juga dapat mempertimbangkan jenis makanan ringan yang sedang viral atau makanan ringan jadul yang tetap memiliki peminat hingga saat ini. Berikut ini Zhinkadiary.com ulas satu per satu makanan ringan yang dapat dijual di sekolah.

Bisnis Makanan Ringan untuk Anak Sekolah

1. Donat maizena

Donat maizena merupakan jenis makanan ringan atau camilan yang cukup populer dijajakan di kantin sekolah. Camilan ini selain harganya murah, juga rasanya enak. Di jam istirahat tentu para siswa ingin menikmati makanan ringan sebelum jam makan siang. Nah, donat ini cocok banget dijual untuk anak sekolah.

Selain menjadi camilan, donat ini juga bisa menjadi makanan pengganti sarapan pagi anak-anak sekolah jika mereka belum sempat makan nasi. Pasalnya, donat maizena ini cukup mengenyangkan dan cocok dijadikan bekal bagi siswa.

2. Siomay dimsum ayam

Dimsum ialah makanan ringan khas Cina. Jenis dimsum berbeda-beda dan amat beragam, karena di negeri asalnya kue atau makanan pembuka juga disebut dimsum. Meski khas Cina, masyarakat Indonesia sudah mengenal makanan ini dan cukup populer karena bentuk dan rasanya yang khas.

Harga dimsum juga beragam, dari yang murah hingga yang mahal. Tapi karena tampilannya unik, hal itu membuat anak sekolah juga tertarik membelinya. Apalagi dimsum ayam juga rasanya cukup nikmat dan sekalipun termasuk makanan ringan juga dapat mengenyangkan serta bisa menjadi bekal untuk ke sekolah.

3. Risoles

Risoles adalah camilan yang tidak asing lagi kita dengar karena masyarakat kita juga menggemari jenis makanan ringan ini. Aslinya risoles berisi daging cincang dan sayuran, dan kemudian digoreng setelah dilapisi tepung panis dan kocokan telur. Di Indonesia dikenal dua jenis risoles, yakni risoles berisi sayuran bercampur daging dan risoles berisi ragout.

Risoles berisi ragout ini bisa dijual di kantin sekolah atau dititip di warung. Harganya cukup murah, dimulai dari Rp 1.000. Dari segi modal juga sedikit, alias murah. Rasanya enak dan bikin nagih. Anak-anak sekolah pastinya suka camilan ini.

4. Martabak telur mini

bisnis makanan ringan martabak mini
Source: rikirisnandar/Pixabay

Martabak telur mini bisa menjadi pilihan berbinis makanan ringan yang dijual di sekolah. Makanan ini bisa dijadikan makanan di jeda istirahat atau sebagai camilan. Selain itu, juga bisa menjadi lauk untuk makan nasi.

Dari segi harga, martabak telur mini juga ekonomis sehingga cocok untuk kantong anak sekolah. Rasanya gurih dan lezat. Biasanya dimakan sembari menggigit cabai rawit sehingga lebih enak dan bikin ketagihan.

5. Cilok bumbu kacang

Anak-anak sekolah tentunya familiar dengan cilok. Cilok bumbu kacang bisa menjadi pilihan bisnis makanan ringan di sekolah. Soal rasa, jangan diragukan lagi karena bumbu kacang akan membuat jadi lebih gurih. Cilok berbentuk bola dan ketika dikonsumsi kenyal sehingga disukai anak-anak.

Cilok dapat ditemukan hampir di setiap tempat, dari mulai pinggir jalan, di sekolah atau kantin kantor, hingga di mal. Soal harga juga termasuk murah serta cara pembuatannya juga simpel. Cilok ada banyak variannya, dari mulai cilok bakar, isi telur, cilok kuah, dan sebagainya,

6. Donat isi selai

Donat isi selai bisa berisi bermacam-macam rasa selai seperti cokelat, kacang, stroberi, bluberi, keju, dan sebagainya. Donat ini digemari anak-anak sekolah karena rasanya manis dan beraneka ragam rasanya.

Saat ini terdapat donat packzi, yakni donat goreng yang memiliki isian manis seperti cokelat, custard, atau selai. Bagian luar donat ini diberi gula bubuk. Donat ini dapat dijual langsung ataupun menjadi makanan beku/frozen.


7. Donat topping meses

Donat topping meses ini merupakan camilan yang bisa dinikmati saat waktu istirahat, untuk sarapan, atau untuk mengganjal perut karena belum makan nasi. Agar lebih lembut meskipun sudah dingin, Anda bisa tambahkan campuran kentang.

Agar tampilan donat lebih menarik, Anda bisa menambahkan taburan meses warna-warni. Ini agar menarik perhatian anak-anak sekolah untuk membelinya.

8. Hamburger sederhana

bisnis makanan ringan burger sederhana
Source: pashminu/Pixabay

Burger adalah makanan yang berasal dari Amerika Serikat yang berisi dua potongan roti bundar dengan patty berupa daging, sayur-sayuran seperti tombat, bawang bombay, dan selada serta saus tomat, mayones, dan mustard. Meski demikian, varian burger ada banyak, terutama disesuaikan dengan selera dan lidah orang Indonesia.

Namun jika isi burger daging maka harganya akan mahal. Anda bisa menyiasatinya dengan mengganti daging dengan telur. Harga bisa dimulai dari Rp 2.500.

9. Kue cubit

Kue cubit adalah jajanan populer di Indonesia. Terbuat dari bahan utama tepung  terigu dengan campuran susu. Kue ini sangat unik karena bisa bentuknya tergantung dari bentuk cetakannya, sehingga akan lebih menarik perhatian anak-anak sekolah.

Biasanya kue cubit kita temukan di pinggiran jalan yang dijual oleh abang-abang. Tapi kue ini jika dijual di sekolah juga akan laku karena memang pada dasarnya rasanya enak dan cocok sebagai makanan camilan anak-anak.

10. Mie lidi

Mie lidi adalah jajanan anak SD tahun 1990-an. Meski sudah terlihat jadul, makanan ringan ini masih ditemukan sampai saat ini. Bahkan di kantin-kantin sekolah juga masih ada yang menjual camilan yang memiliki rasa gurih dan berbumbu ini. Tak hanya itu, di swalayan atau supermaket juga mie lidi dijual.

Soal harga, mie lidi termasuk jajanan yang murah dan terjangkau kantong anak sekolah, sehingga sangat tepat dijual di kantin sekolah. Anda dapat menjual mie lidi dengan varian rasa berbeda, seperti rasa pedas, balado, original, jagung bakar, BBQ, dan keju.

11. Telur gulung

Ada yang pernah beli jajanan telur gulung? Makanan ringan ini terkenal murah meriah dan rasanya yang gurih. Meskipun kelihatan mudah membuat telur gulung, tak jarang orang yang baru mencobanya sering kali gagal.

Telur gulung biasa dinikmati dengan baluran saus atau mayonaise. Anak-anak sekolah sangat menggemari telur gulung. Bahkan karena rasanya enak dan lezat tak jarang mereka bisa membeli berkali-kali.

12. Rambut nenek

Generasi 1990-an pasti tahu jenis makanan yang diberi nama "rambut nenek". Makanan ringan yang terbuat dari gulali gula pasir ini disebut demikian karena rupanya seperti rambut yang memiliki beragam warna, seperti merah, kuning, dan hijau.

Cara menikmati rambut nenek juga unik, yakni dengan setangkup wafer renyah yang ketika digigit akan menciptakan sensasi yang garing dan gulali rambut nenek lumer di mulut. Anak-anak terutama sekolah dasar sangat menggemari camilan manis ini.


13. Es kue gabus

Es kue gabus juga termasuk ragam jajanan kuliner era 90-an. Tekstur es ini lembut dan agak kenyal sehingga lebih mirip dengan gabus busa. Camilan ini sangat nikmat dikonsumsi saat cuaca terik. Warna warni pada kue gabus ini menjadi terlihat menarik bagi anak-anak sekolah. Pun dari soal harga terbilang cukup murah.

Seiring berjalannya waktu, es gabung mengalami modifikasi dan muncul banyak variannya. Es ini terbuat dari bahan dasar tepung hunkwee. Jajanan ini mungkin jarang kita temui lagi, tetapi faktanya es kue gabus akan selalu disukai anak-anak sekolah.

14. Gulali

Gulali ada banyak jenisnya di Indonesia, tetapi yang paling populer adalah gulali kembang. Gulali kembang ini termasuk jajanan era 90-an. Permen ini bisa dibentuk sesuai dengan selera, sehingga akan menarik minat anak-anak sekolah, terutama sekolah dasar, untuk membelinya.

Karena bahan utamanya adalah gula, makanya gulali selalu laris manis diserbu anak-anak kecil. Umumnya bentuk gulali di Indonesia seperti bentuk bunga, terompet, burung, buaya, ikan, naga, hingga ikan lumba-lumba.

15. Sosis bakar

Sosis bakar adalah makanan yang disukai tak hanya oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Rasa sosis bakar yang enak bergantung pada pilihan sosisnya. Begitu pun soal rasa sausnya akan menentukan nikmat tidaknya sosis ini. Rasa bumbu yang cukup disukai orang-orang adalah bumbu saus tiram, bumbu jamur, bumbu kecap manis, bumbu barbeque, dan bumbu pedas manis.

Sosis bakar dapat menjadi peluang bisnis andalan di kantin sekolah. Namun jenis sosisnya harus disesuaikan agar tidak terlalu mahal agar anak-anak sekolah dapat membelinya. Asalkan Anda mampu meracik bumbunya, sosis bakar tersebut akan jadi lezat ketika dinikmati.

Demikianlah beberapa jenis peluang bisnis makanan ringan untuk anak sekolah yang dapat Anda coba. Semoga membantu...

Posting Komentar untuk "15 Peluang Bisnis Makanan Ringan untuk Anak Sekolah"

Berlangganan via Email