Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Usaha Sampingan yang lagi Trend dan Cocok untuk Karyawan

Usaha sampingan adalah peluang emas bagi siapa saja yang ingin menghasilkan uang di luar gaji sebagai karyawan. Sebagai seorang karyawan, jika Anda menginginkan pendapatan yang besar setiap bulan tentunya tak hanya bisa mengandalkan gaji dari perusahaan saja, melainkan harus mencari tambahan di luar pekerjaan utama. Uang tambahan ini bisa dihasilkan dari usaha sampingan.

Sampai saat ini terdapat banyak sekali usaha sampingan yang bisa menjadi ceruk-ceruk pendapatan bagi seorang karyawan. Namun tidak semua usaha sampingan tersebut mudah dilakukan, karena mungkin kurangnya bekal pengalaman dalam berbisnis dan mungkin juga kurangnya modal. Tapi di zaman sekarang ini rasanya untuk memulai suatu bisnis tidak hanya sekadar membicarakan modal saja, tetapi juga “tekad” untuk memulainya.

Usaha sampingan untuk karyawan
Source: Buttonguy52/Pixabay

Berikut ini Zhinkadiary.com rangkum beberapa pilihan bisnis yang bisa menjadi usaha sampingan Anda. Usaha ini sangat cocok diperuntukkan bagi seorang karyawan. Namun jika Anda seorang karyawan perlu juga memperhatikan apakah pekerjaan sampingan ini tidak mengganggu pekerjaan utama atau tidak. Selengkapnya bisa dibaca list berikut ini.

1. Usaha makanan ringan

Usaha kuliner akan selalu eksis selama masih ada manusia. Peluang usaha ini akan selalu menempati urutan teratas dalam bisnis. Tapi pengusaha kuliner juga harus paham dan mengikut trend yang ada agar produknya tidak ketinggalan zaman. Dengan kata lain, selalu harus ada inovasi dalam memproduksi makanan ringan.

Beberapa pilihan produk makanan ringan yang selalu laris manis adalah keripik dan snack. Jenis makanan ringan ini disukai hampir setiap kalangan, dari muda hingga tua. Dalam soal modal pun dapat disesuaikan dengan budget yang ada. Cara berjualannya juga cukup mudah, bisa dititipkan di warung, menjual di rumah, atau menjualnya di media sosial.

2. Usaha minuman kemasan

Selain makanan ringan, usaha minuman kemasan juga masih naik daun sampai detik ini. Bahkan mereka yang berjualan minuman kemasan tidak harus mendaftar menjadi mitra franchise tertentu. Hanya cukup bermodalkan bubuk minuman, booth, dan peralatan pendukung, Anda sudah bisa menjual minuman kemasan dan membuat brand Anda sendiri.


Namun jika Anda adalah seorang kemasan, maka perlu memperkerjakan orang lain sebagai anak buah dan menggaji secara bulanan. Untuk pembagian keuntungan, misalnya, juga bisa disepakati. Yang terpenting usaha Anda bisa berjalan terlebih dahulu dan ada tambahan uang di luar gaji. Anda juga bisa menjual minuman kemasan dengan menjadi mitra Gofood atau Grabfood di rumah. Jadi Anda bisa mengandalkan orang rumah untuk membantu usaha sampingan Anda.

3. Usaha kedai kopi

Jika Anda pulang kerja sore hari, ini bisa menjadi kesempatan bagus untuk membuka kedai kopi di malam hari. Apalagi memang lokasi rumah Anda berada tepat di pinggir jalan. Orang-orang akan dengan mudah menemukan kedai Anda.

Usaha kedai kopi memang lagi trend dan anak-anak muda menyukai minum kopi sembari kongkow. Dengan harga terjangkau dan rasa kopi yang enak di lidah, kedai kopi sederhana Anda akan memiliki banyak peminat. Usaha kedai kopi ini akan lebih cocok jika Anda sendiri adalah penggemar kopi, tetapi bukan berarti yang tak menyukai kopi tak bisa membuat kedai kopi.

4. Usaha frozen food

Menjual makanan beku/frozen food juga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi karyawan. Makanan beku termasuk jenis makanan yang dibutuhkan terutama bagi orang-orang yang sibuk. Misalnya pegawai kantoran atau para orang tua yang tak sempat membuat masakan di pagi atau malam hari bisa menjadikan frozen food sebagai makanan instan bagi keluarga. Celah ini bisa Anda manfaatkan, misalnya menjual ke para tetangga atau menjual secara online.


5. Usaha desain grafis

Bagi Anda yang piawai dalam membuat desain, ini bisa menjadi peluang bisnis sampingan Anda. Apalagi memang pekerjaan utama Anda adalah seorang desainer grafis, maka Anda dapat mencari kesempatan di luar kantor untuk menggaet klien atau ikut gabung dalam situs yang mempekerjakan para freelancer.

Di zaman media sosial ini tentunya jasa seorang desainer grafis sangat dihargai. Anda bisa mencoba mencari peruntungan dengan bekerja freelance di sebuah perusahaan dan membuatkan desain untuk konten media sosial mereka.

Demikianlah lima usah sampingan yang lagi trend yang bisa menjadi inspirasi Anda dalam mencari rezeki tambahan di luar gaji bulanan. Semoga membantu…

Posting Komentar untuk "5 Usaha Sampingan yang lagi Trend dan Cocok untuk Karyawan"

Berlangganan via Email