Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk! Eksplorasi Usaha Keripik Singkong dengan Aneka Rasa

Zhinkadiary.com – Umbi singkong adalah salah satu produk pertanian terbesar di Indonesia. Karena itu, wajar saja jika usaha keripik singkong terdapat di wilayah-wilayah penghasil umbi singkong. Tak jarang setelah panen raya, masyarakat menjadikan singkong sebagai penganan sekaligus ladang bisnis. Dengan membuat keripik, singkong akan lebih tahan lama dan menghasilkan pundi-pundi pendapatan.

Keripik singkong memiliki beraneka rasa dan varian sehingga tingkat persaingan bisnis ini sangat tinggi. Bahkan di kota-kota besar, keripik singkong masih menjadi camilan yang laris-manis. Sebagian besar keripik singkong tersebut diproduksi dari daerah penghasilnya. Bagi pengusaha keripik singkong yang sukses dan memiliki brand terkenal, produknya dipasarkan tak hanya di warung-warung dan toko kelontong, melainkan juga minimarket dan swalayan.

Bagi Anda yang sedang berbisnis keripik singkong, adakalanya perlu melakukan terobosan dalam menyajikan “cita rasa” keripik yang berbeda, seperti menjual aneka rasa keripik singkong agar konsumen bisa memilih sesuai dengan seleranya. Berikut ini, Zhinkadiary.com ulas lima varian rasa keripik singkong yang dijual di pasaran.

Usaha Keripik Singkong Aneka Rasa

1. Keripik singkong rasa manis

Keripik singkong manis adalah varian yang paling umum, di samping rasa asin dan original. Bagi penyuka camilan manis, keripik singkong jenis ini sangat tepat dijadikan teman untuk mengisi waktu kosong dan pergi jalan-jalan.

Biasanya potongan keripik singkong manis agak lebih besar karena akan direndam dengan gula merah sehingga tidak mudah patah. Rasa manis ini menggunakan gula merah sebagai bumbu utama, dengan sedikit garam dan air.

2. Keripik singkong rasa pedas manis

Bosan dengan rasa manis, setidaknya Anda perlu membuat varian keripik singkong rasa pedas manis. Cemilan ini dapat mengusir rasa kantuk dan membuat konsumen ketagihan karena campuran rasa manis dan pedas. Perhatikan juga tingkat kepedasannya, jangan sampai mengalahkan rasa manisnya.


3. Keripik singkong rasa balado

Pernah mendengar keripik singkong sanjai? Nah, ini merupakan varian keripik rasa balado dan di Bukittinggi diberi nama demikian: sanjai. Dari segi potongan keripiknya lebih tebal dan dibalut bumbu balado yang lengket. Rasanya beragam: manis, pedas, gurih, dan renyah!

Di pasaran terdapat tiga jenis varian keripik rasa balado:
  • Varian keripik balado dengan warna kekuningan dan bumbu merah sedikit oranye. Cita rasa baladonya lebih kuat dan pedas. Bentuknya tidak terlalu tebal dan renyah.
  • Varian keripik balado dengan warna oranye pucat. Cita rasanya kurang mirip balado, tetapi condong pada rasa manis dan dibumbui lada hitam. Bentuknya tebal dan teksturnya keras.
  • Varian keripik balado dengan warnya putih dan bumbu agak kemerahan. Rasa baladonya seperti bubuk. Rasa tidak terlalu pedas dan agak manis. Bentuknya tipis dan renyah.
Dari tiga varian balado ini, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen: mereka paling berminat pada varian yang mana?

4. Keripik singkong rasa cokelat

Keripik singkong tidak hanya bisa dipadukan dengan rasa manis, pedas, dan gurih saja, tetapi juga bisa dicampur rasa cokelat. Karena rasa cokelat disukai berbagai kalangan, keripik rasa cokelat juga kemungkinan besar disukai anak-anak. Dengan kata lain, pangsa pasar keripik singkong cokelat lebih luas lagi.

Untuk varian rasa cokelatnya umumnya terdapat dua jenis:
  • Varian keripik cokelat yang berbalut bubuk cokelat. Ketika dikunyah terdapat butir-butir cokelatnya
  • Varian keripik cokelat yang berbalut cokelat lumer. Ketika dikunyah akan terasa sensai gurih sekaligus cokelat manis.
Anda tinggal memilih varian apa yang lebih tepat untuk keripik singkong rasa cokelat. Dilihat dari kedua jenis varian tersebut, varian kedualah (keripik berbalut cokelat lumer) yang lebih premiun ketimbang keripik yang berbalut bubuk.


5. Keripik singkong rasa keju

Tak hanya kue saja yang menggunakan keju sebagai bahan campurannya, bahkan keripik singkong pun dapat dibalut dengan rasa gurih keju. Penggemar makanan berbasis keju bisa menjadi pangsa pasar keripik singkong rasa keju. Oleh karena itu, Anda dapat membuat varian keripik rasa keju ini untuk mempertimbangkan pangsa pasar, misalnya, masyarakat kota.

Dari kelima varian keripik singkong itu sebenarnya bisa dibuat varian baru lagi dengan menggunakan campuran rasa manis, asin, pedas, dan gurih. Itu kembali lagi pada kreasi produsen keripik singkong, mau menggunakan varian yang ada di pasaran atau membuat varian kreasinya sendiri. Semoga membantu…..

Posting Komentar untuk "Yuk! Eksplorasi Usaha Keripik Singkong dengan Aneka Rasa"

Berlangganan via Email