Cara Mudah agar Artikel Blog Muncul di Google

Menulis adalah satu perkara, tetapi artikel muncul di halaman penelusuran Google merupakan perkara lain. Jika kamu adalah seorang penulis dan biasa mengirimkan tulisan di website orang lain, artikel kamu biasanya langsung terposting oleh tim editor. Berbeda halnya jika kamu memiliki blog personal yang dikelola sendiri, maka harus membuat artikel yang ditulis muncul di Google secara mandiri.

Sebenarnya ketika kamu membuat blog, misalnya, blog gratisan .blogspot.com, maka artikel yang kamu posting dengan sendirinya akan muncul di search engine. Namun masalahnya, kapan munculnya? Umumnya tidak langsung terindex Google kecuali kamu sudah mengindeksnya melalui Google Search Console.

Artikel blog dapat muncul di halaman pencarian Google dengan mengoptimasinya
Sumber gambar: Pixabay/viarami

Jika kamu ingin artikel yang baru diposting segera muncul di halaman pencarian, maka harus menggunakan Google Search Console. Dengan kata lain, ada cara khusus yang harus kamu lakukan agar artikel kamu muncul di halaman pencarian. Dan jika tiba-tiba bisa nongol di page one Google itu bisa dibilang kado istimewa dari Google. Tapi dalam artikel ini, kami tidak membuat tutorial artikel muncul di halaman pertama, melainkan agar artikel muncul di halaman pencarian saja.

Sebenarnya teknik ini tidak sulit, karena bisa dilakukan setiap orang. Orang yang baru menggunakan blog sekalipun dapat melakukan hal ini. Langsung saja Zhinkadiary.com berikan tutorialnya ya. 

1. Mendaftarkan blog ke Google Search Console

Setelah membuat blog, katakanlah blog gratisan .blogspot.com, kamu perlu mendaftarkan blog di Google Search Console. Alamat untuk mendaftarnya: http://webmaster.google.com/.  Setelah masuk ke halaman tersebut, kamu bisa langsung mendaftarkan blog secara gratis.

Jika sudah terdaftar, maka terlebih dahulu posting artikel di blog. Lalu setelah posting, copy link/URL artikel kamu dan masukkan ke “URL Inspection”. Kemudian tekan tombol Enter. Tunggu hingga proses indexing sampai selesai, kurang lebih satu/dua menit. Jika sudah, maka kamu hanya perlu menunggu sampai artikel terindeks di halaman Google. Untuk setiap blog berbeda-beda. Biasanya jika blog kamu adalah blog baru, maka membutuhkan waktu lebih lama ketimbang blog lama.


Jika kamu hendak mengecek artikel apakah sudah terindeks atau belum, kamu bisa menggunakan cara ini: site:https://www.zhinkadiary.com/2020/06/cara-ternak-kelinci-lokal.html

Jika langsung muncul, maka artikel kamu sudah terindeks oleh Google. Nah, jika kamu hendak mengecek keseluruhan artikel di blog apakah sudah terindeks atau belum bisa menggunakan cara tersebut. Misalnya, site:zhinkadiary.com

2. Artikel menggunakan kata kunci yang tepat

Artikel yang kamu buat tidak hanya sekedar artikel yang diposting saja lho. Tetapi ada hal penting yang harus kamu terapkan dalam menulis artikel. Hal paling penting ini adalah menggunakan kata kunci/keyword pada artikel. 

Misalnya, kamu hendak menulis artikel tentang “ternak kelinci lokal”, maka kata kunci tersebut harus kamu masukkan ke dalam:
  1. Judul artikel
  2. URL artikel
  3. Isi artikel
Tetapi juga jangan sampai setiap paragraf menggunakan kata kunci tersebut karena terkesan dipaksakan dan seperti spam. Gunakanlah secara natural sehingga artikel tetap enak dibaca. Kata kunci pada tiga poin di atas harus ada karena memang tujuan kamu membuat artikel tersebut adalah agar pembaca yang mencari informasi tentang ternak kelinci lokal mampir dan membaca artikel kamu. Mesin pencari Google juga akan lebih mudah mengindeks artikel kamu karena strukturnya jelas dan sesuai dengan target kata kunci.

3. Membuat artikel yang berkualitas

Agar artikel kamu selalu dikunjungi pembaca dan bahkan menempati urutan pertama halaman Google, maka kamu harus membuat artikel yang berkualitas. Meskipun dalam dunia blogging ada faktor offpage yang juga harus diterapkan dalam blog, setidaknya dengan artikel yang berkualitas, halaman artikel kamu bisa saja direkomendasikan Google di halaman pertama.


Artikel yang kaya akan informasi akan pada dasarnya juga lebih disukai pembaca dan mungkin saja pembaca tersebut akan lebih sering mengunjungi blog kamu karena mempunyai artikel-artikel yang berkualitas. Syukur-syukur, pengunjung blog tersebut menjadi langganan tetap membaca artikel kamu.

Kiranya tiga poin di atas adalah cara termudah membuat artikel kamu muncul di halaman Google. Semoga membantu!

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah agar Artikel Blog Muncul di Google"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel