5 Tips Optimasi Gambar (Images) di Blog agar SEO Friendly

Iklan 728x90

5 Tips Optimasi Gambar (Images) di Blog agar SEO Friendly

Optimasi gambar agar lebih SEO? Apa bisa gambar dalam artikel kita kita optimasi dan meningkatkan traffic pengunjung di blog? Jawabnya adalah "sangat bisa"! Namun sayangnya masih bannyak sekali gambar-gambar yang terdapat dalam blog tidak dioptimasi, mulai dari ukuran panjang-lebar, size, dan yang paling penting adalah mengoptimasi agar lebih ramah SEO dan juga mudah ditemukan di Google Images.

Masih banyak blogger yang hanya mengoptimalkan teks artikel dan mengabaikan SEO images. Bukan berarti teks tidak penting ya. Pasalnya, gambar juga dapat membantu mempopulerkan blog kamu, di samping tentunya ulasan artikel yang panjang lebar dan kaya akan informasi.

Membuat gambar/images lebih SEO di Google
Gambar oleh Sophie Janotta dari Pixabay



Nah, untuk mengoptimalkan gambar ini, mesin pencari Google harus terlebih dahulu mampu membaca gambar kamu dengan cara menambahkan properti dan atribut. Dalam CMS apa pun, sebagaimana platform blogger yang gratisan, ada cara tersendiri untuk mengoptimasi gambar supaya lebih SEO friendly.

Dalam artikel ini, Zhinkadiary.com akan membuat tutorial membuat gambar yang ramah SEO di blogger dengan memanfaatkan properti dan atribut yang ada. Berikut ini penjelasannya. Oiya, jika kamu ingin mendapatkan artikel-artikel keren lainnya dari Zhinka Diary, jangan lupa isi e-mail kamu di kotak “subscribe to get free updates” ya!

1. Mengompres gambar sebelum diposting

Langkah pertama dalam mengoptimasi gambar adalah dengan mengompresnya terlebih dahulu. Kenapa? Hal yang harus diperhatikan adalah kecepatan situs sebuah web/blog itu sangat bergantung pada ukuran gambar. Jadi logikanya kecepatan blog bergantung dari banyak dan ukuran gambar. Apabila ukuran gambar besar dan tidak dicrop serta dikompres, maka otomatis blog kamu jadi berat. Sebaliknya, jika semua gambar yang ada di blog sudah kamu kompres, maka kecepatan blog kamu akan lebih baik.

Soalnya, masalah kecepatan ini adalah unsur paling penting bagi Google. Bisa jadi peringkat blog kamu akan menurun di mesin pencari karena loading-nya lama banget. Sedangkan blog lain yang menulis artikel yang serupa naik di atas peringkat blog kamu karena ternyata lebih cepat dalam mengakses artikel. Bahkan ada studi yang menunjukkan 40% pengunjung akan memutuskan keluar dari blog jika mengakses artikel membutuhkan waktu lebih dari tiga detik.

Padahal 3 detik itu bukanlah waktu yang lama bukan? Yups, tapi memang dalam menggunakan koneksi internet gadget, menunggu selama 3 detik itu termasuk lama!


Dengan demikian, sudah jelas bahwa ukuran gambar itu sangat penting keberadaannya dalam blog. Jadi jika kamu menggunakan hosting berbayar, tidak perlulah menghabiskan ruang dengan ukuran gambar yang besar. Begitupun dalam platform blogger, meski gratis bukan berarti seenaknya kamu mengunggah ukuran gambar yang besar.

Dalam CMS seperti Wordpress ada banyak plugin untuk mengurangi ukuran gambar. Begitu pun dalam platform Blogger, ada tool yang secara manual dapat mengoptimalkan gambar dalam artikel.

Lalu berapa ukuran yang ideal gambar dalam artikel blog?

Untuk seberapa besar KB ukuran gambar, maka tidak perlu yang besar, apalagi sampai berukuran MB. Kamu dapat mengompresnya, misalnya, dari ukuran 100 kb ke ukuran 40-50 kb. Sekarang ada banyak kok tools gratis kompres gambar yang terbaik, seperti tinyjpg.com.

2. Mengubah ukuran gambar sebelum mengunggah

Di awal sudah dijelaskan bahwa ukuran gambar itu sangat penting dalam kecepatan situs web. Untuk mengoptimalkan kecepatan situs blog, maka kamu perlu mengubah ukuran gambar yang benar.

Menurut situs 1dogwoof.com, ukuran gambar blog lebih baik disesuaikan dengan lebar konten blog. Misalkan, jika area konten blog memiliki lebar 600 piksel, maka kamu tidak perlu lagi menggunakan ukuran foto yang lebih lebar dari 600 piksel. Pasalnya gambar 900 piksel secara otomatis akan menyusut ketika ditampilkan di layar.

3. Mengganti nama gambar sebelum mengunggah

Masalah nama pada file gambar ini sering kali juga dibaikan oleh banyak blogger. Misalnya, jika kamu mengunduh sebuah gambar dari situs Pixabay.com, maka misalnya hasil unduhan kamu memiliki nama blog-684748_640.jpg maka akal sukar dilacak oleh mesin pencari bukan? Apalagi terdapat campuran huruf dan angka seperti itu. Maka kamu dapat mengganti nama pada gambar tersebut dengan frase atau kalimat yang bagus dan sedikit deskriptif seperti optimasi-gambar.jpg.

Jangan lupa juga gunakan tanda hubung (-) di antara kata-kata pada nama gambar kamu, seperti misalnya jika menggunakan kalimat panjang: cara-optimasi-gambar-agar-ramah-seo.jpg dan hindari penulisan seperti ini: caraoptimasigambaragarramahseo.jpg.

4. Menambahkan Alt dan judul Tag

Dalam platform blogspot, terdapat tool untuk optimasi gambar dengan cara menambahkan Tag Alt dan Tag Judul. Tag Alt ini merupakan teks alternatif dari gambar yang menggambarkan isi gambar tersebut. Teks Alt ini memberikan informasi penting ke mesin pencari.


Intinya dalam menuliskan Tag Judul, terutama Tag Alt jangan terlalu panjang, misalkan hingga 20 kata, karena justru akan terdeteksi spam oleh Google. Sebaiknya, masukkan kata kunci/keyword dan ditambahkan frase penjelasan sebagaimana contoh di poin 3, jika kamu menargetkan keyword “optimasi gambar”, maka di galam Tag Alt dapat kamu tuliskan: “Cara optimasi gambar agar lebih SEO”.

5. Menambahkan keterangan

Nah selain Tag Alt dan Tag Judul, kamu juga dapat menambahkan keterangan pada gambar blog. Cara ini juga dapat membantu artikel dapat mendapatkan menafaat SEO. Bahwa teks yang menarik tentu dapat meningkatkan keterlibatan pengunjung dan mengurangi rasio pentalan (bounce rate). 

Setidaknya informasi pada gambar dapat memudahkan pembaca dalam memahami informasi pada gambar atau jika gambar tersebut bukan milikmu, bisa kamu sertakan di mana sumber gambar tersebut. Jadi jangan sampai ada gambar yang tidak memiliki keterangan di bawahnya. Meskipun gambar sendiri dapat ditebak oleh pembaca, tetapi alangkah lebih baiknya diberikan keterangan.

Demikian tips membuat gambar yang ramah SEO. Semoga membantu!
Baca Juga
SHARE
LATEST Older

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a comment

Iklan Tengah Post