Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Ide Bisnis Terbaik di Tengah Pandemi Corona

Pandemi Corona yang terjadi pada kuartal pertama hingga memasuki kuartal kedua tahun 2020 ini mengakibatkan senjakala pada bisnis-bisnis di Indonesia. Dalam waktu tidak kurang dari enam bulan, banyak perusahaan-perusahaan gulung tikar dan karyawan yang terpaksa dirumahkan alias di-PHK. Keadaan ini sungguh di luar prediksi karena sebelumnya kondisi bisnis tengah berkembang.

Beberapa bidang bisnis terpaksa merugi atau bahkan gulung tikar. Sebut saja misalnya bisnis perhotelan, maskapai penerbangan dan transportasi, pariwisata, serta jual beli kendaraan terpaksa merugi. Skala bisnis tersebut terjun bebas mulai dari yang skala besar hingga skala kecil. Karena itu, masa-masa new normal ini adalah fase yang berat karena para pebisnis harus memulai semuanya lagi.

Bisnis laris di tengah pandemi corona
Source: Free-Photos/Pixabay

Apakah Anda juga mengalami hal yang serupa? Dengan kata lain, bisnis Anda terdampak pandemi Corona. Mungkin Anda ingin mencoba ranah bisnis yang bisa berkembang di saat pandemi Corona seperti sekarang ini. Tentunya, sektor bisnis di tengah Corona ini berbeda dari sebelumnya. Atau mungkin saja sektor bisnis ini dulu kurang diminati tetapi kini terbuka lebar. Semua kemungkinan tersebut bisa saja terjadi karena kepastian bisnis ke depan memang tidak dapat diterka.

Lalu apa saja ide bisnis yang tepat di saat pandemi Corona seperti sekarang ini? Zhinkadiary.com sudah merangkumnya untuk Anda.

1. Makanan beku (frozen food)

Frozen food adalah satu di antara bidang bisnis yang laris manis di masa pandemi. Orang-orang tentu lebih menyukai membeli makanan beku yang bisa diantar menggunakan jasa ojek online. Selain itu, makanan beku juga sangat simpel, mudah disajikan, dan bisa bertahan lama.

2. Jualan jamu atau empon-empon

Bisnis empon-empon atau jamu sangat laris manis di tengah pandemi. Ramuan ini biasanya dijadikan minuman ini terbuat dari berbagai macam tanaman yang menyehatkan, seperti kunyit, jahe, temulawak, dan jahe. Minuman kesehatan ini memang dipercayai masyarakat dapat meningkatkan imunitas dan kesehatan. Banyak orang yang membeli empon-empon atau jamu secara online.


3. Jualan masker

Pemberlakuan social distancing dan physical distancing membutuhkan masker sebagai alat yang dapat melindungi diri dari serangan virus. Ketika keluar rumah, hampir setiap orang selalu mengenakan maskter. Nah, masker ini dapat menjadi ide bisnis andalan pada masa pandemi ini. Tapi jika Anda ingin memproduksinya sendiri, maka perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat masker agar nyaman dan berfungsi sebagaimana mestinya.

4. Jualan face shield

Selain masker, produk pelindung diri dari virus adalah face shield. Alat ini dapat melindungi sekitaran wajah dari terpaan virus. Kini orang-orang mulai menggunakan face shield jika keluar rumah atau bekerja. Face shield ini jika Anda membelinya langsung di distributor, harganya sangat murah dan Anda dapat menjualnya di pasaran berkali lipat.

5. Jualan dan bengkel sepeda

Di masa pandemi ini, sepeda dan bengkel sepeda menjadi tempat favorit orang-orang. Mungkin saja karena saat sekarang ini kita harus menjaga kesehatan, maka orang-orang lebih memilih sepeda, karena olahraga yang paling mudah dan menyenangkan. Begitu pun orang-orang yang memiliki sepeda yang rusak banyak yang diservis sehingga tokoh sepeda ataupun bengkel sepeda sangat laris manis di masa covid-19 ini.

6. Mainan anak

Mainan adalah juga termasuk bisnis yang ramai di tengah pandemi ini. Terutama mainan yang dijual online. Karena orang tua yang bekerja lebih banyak di rumah, juga karena anak-anak lebih sering berada di dalam rumah, maka untuk menghilangkan kebosanan anak, orang tua membelikan mainan. Untuk bisnis mainan anak, Anda dapat menyesuaikan dengan tipe mainan dan rentang usia si anak.


7. Menjadi blogger

Anda suka menulis? Ini adalah kesempatan Anda untuk menghasilkan pundi-pundi uang dengan menjadi seorang blogger. Memang menjadi blogger itu memerlukan perjalanan panjang dan mungkin kesabaran. Tapi jika dilihat dari konteks saat ini, maka orang akan lebih banyak menggunakan ponselnya di rumah. Orang-orang akan lebih sering mencari informasi menggunakan ponsel mereka masing-masing.

8. Menjadi youtuber

Selain menjadi blogger, Anda dapat menjadi seorang youtuber dengan penghasilan besar. Apabila Anda lebih suka berbicara di depan kamera ketimbang melalui tulisan, maka profesi youtuber ini lebih tepat. Apalagi di tengah pandemi ini setiap orang berada di rumah dan lebih sering menggunakan ponselnya untuk membaca artikel atau menonton film.

Nah, demikianlah delapan ide bisnis yang bisa kamu tekuni di tengah pandemi corona. Semoga membantu!

Posting Komentar untuk "8 Ide Bisnis Terbaik di Tengah Pandemi Corona"

Berlangganan via Email