5 Barang yang Cocok dan Cepat Laku Dijual Online

Iklan 728x90

5 Barang yang Cocok dan Cepat Laku Dijual Online

Berjualan barang secara online kini bukan lagi hal yang baru. Era berjualan secara konvensional mulai banyak ditinggalkan orang-orang. Tapi berjualan offline tentu saja belum sepenuhnya berakhir karena masih ada barang-barang yang tetap dijual secara offline. Paling tidak, jualan secara online memudahkan kita sebagai penjual untuk memasarkan produk lebih praktis dan murah. Begitupun bagi pembeli tidak perlu keluar rumah dan hanya perlu menggunakan smartphone untuk mencari barang-barang yang diinginkan.

Keserbapraktisan tersebut menjadikan julaan online lebih diminati masyarakat saat ini. Platofrm yang digunakan dalam berjualan online sebenarnya juga banyak dan gratis. Kamu hanya perlu menyesuaikan platform dan produk yang akan kamu jual. Misalnya, kamu ingin berjualan produk baju atau sepatu, maka kamu dapat membuat akun di Instagram. Kamu harus memposting produk-produk dan menggunakan hastag (#) tertentu untuk memudahkan calon pembeli menemukan daganganmu.

Barang yang Cocok dan Cepat Laku Dijual Online
Sumber gambar: coffeebeanworks/Pixabay

Selain menggunakan media sosial, sekarang ini juga banyak muncul e-commerce, seperti Tokopedia atau Bukalapak, yang pada dasarnya sangat membantu pedagang kecil yang tidak punya tempat untuk memasarkan dagangannya. Jika berdagang secara offline membutuhkan modal besar, mulai dari sewa tempat hingga pemasaran, maka melalui media online kamu kamu tak perlu mengeluarkan modal sewa tempat. Dan lagi jangkauan calon pembeli kamu juga lebih banyak. Apalagi jika toko online kamu sudah populer, maka pembeli pun akan berdatangan dari mana-mana.

Tapi jika kamu baru ingin memulai bisnis online dan bingung mau jual produk apa, maka kamu sudah membaca di artikel yang tepat. Berikut ini Zhinkadiary.com sudah merangkum beberapa produk yang cepat laku jika dijual secara online.

1. Menjual pakaian

Barang cepat laku dijual online
Sumber gambar: sferrario1968/Pixabay

Salah satu produk yang paling laris manis dijual secara online adalah pakaian. Bisnis pakaian sebenarnya tidak akan pernah mati karena merupakan kebutuhan setiap orang. Sekalipun setiap orang tidak harus belanja pakaian setiap hari, setidaknya masih ada orang yang suka atau hobi berbelanja pakaian. Apalagi mode pakaian tersebut sedang trend. Biasanya, kaum hawa yang paling suka berbelanja pakaian.

Celah ini dapat kamu jadi sebagai peluang untuk memulai bisnis pakaian. Tapi sebelum terjun langsung menjual pakaian, kamu harus tahu pangsa pasar yang kamu tuju. Sebelum berjualan ketahuilah segmentasi pasar kamu. Bisa dilihat dari indikator, misalnya usia, gender, dan kalangan menengah ke bawah atau menengah ke atas. Dari gambaran ini saja, jenis produk pakaian yang akan kamu jual berbeda-beda.

Baca juga: Usaha yang Bakal Berkembang dan Menjanjikan di Masa Depan

Setelah mengetahui target pasar secara spesifik, hal yang harus kamu lakukan adalah membuat tokoh online. Nah, toko online berbeda dengan toko offline. Pasalnya toko online itu gratis, seperti di media sosial atau di salah satu marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak. Kalau ingin memiliki toko secara mandiri, seperti website tentu kamu membutuhkan dana. Jika ingin menggunakan platform media sosial kamu juga harus tahu apakah media sosial tersebut digemari anak muda atau kelompok yang lebih luas.

2. Menjual produk kecantikan

Barang cepat laku dijual online
Sumber gambar: Katrina_S/Pixabay

Penjualan produk kecantikan terus menunjukkan peningkatan. Berdasarkan data, pendapatan dari sektor produk kecantikan pada 2019 mencapai 6,9 miliar dollar Amerika. Keinginan alamiah perempuan ingin tampil cantik inilah yang membuat produk kecantikan banyak dibutuhkan kaum hawa tersebut. Bahkan setiap tahun, penjualan produk kecantikan selalu meningkat.

Karena tingginya peminat dalam produk kecantikan, maka persaingan berbisnis kosmetik juga tinggi. Untuk itu, diperlukan strategi agar produk yang kamu jual laris manis di pasaran, seperti:
  • Membuat video tutorial untuk pengaplikasian produk kecantikan. Ini bertujuan agar kamu sekaligus mengedukasi calon pembeli megnenai manfaat dan tips penggunaan produk tersebut
  • Buatlah kemasan yang menarik dari kosmetik yang kamu jual. Packaging juga berperan penting dalam pemasaran produk karena pemilihan pacaking menunjukkan kreativitas dan kepedulian kamu terhadap isu tertentu (misalnya, lebih prefer pada kertas ketimbang plastik)
  • Jika belum memiliki produk sendiri, kamu dapat menjadi reseller. Tapi jika sudah waktunya membuat produk sendiri, maka buatlah brand kamu
  • Berikan diskon pada pembeli, misalnya di hari-hari khsus, seperti hari Valentine.

3. Menjual produk herbal

Barang cepat laku dijual online
Sumber gambar: Skitterphoto/Pixabay

Selain bisnis di bidang fashion dan kecantikan, peluang bisnis yang bisa kamu coba adalah menjual produk herbal. Pada dasarnya, segala sesuatu yang terkait dengan kesehatan itu amat dibutuhkan manusia. Termasuk produk herbal seperti suplemen atau obat adalah produk yang akan selalu dibutuhkan masyarakat.

Meskipun bukan kebutuhan primer, produk herbal tetap laku dan laris manis di pasaran. Produk herbal seperti kebutuhan sekunder yang selalu dicari-cari masyarakat. Apalagi bangsa Indonesia sejak dahulu kala sudah mengenal produk herbal seperti jamu dan minuman kesehatan lainnya. Jadi sudah tidak asing lagi dengan penggunaan produk herbal.

Jika ingin berjualan produk herbal, kamu harus tahu jenis-jenisnya apa saja, seperti:
  • Produk herbal suplemen kesehatan
  • Produk herbal penambah berat badan
  • Produk herbal pelangsing tubuh
  • Produk herbal spa
  • Produk herbal sabun
  • Produk herbal kopi
  • Produk herbal teh

4. Menjual produk gadget

Barang cepat laku dijual online
Sumber gambar: DariuszSankowski/Pixabay

Keberadaan gadget sudah tidak disangsikan lagi, karena orang-orang zaman sekarang begitu ketergantungan dengan gadget. Gadget menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Apalagi di kota-kota besar, tidak dapat melepaskan rutintias dari gadget. Hampir segala hal dilakukan menggunakan gadget, mulai dari bayar tagihan, berkomunikasi, berbelanja hingga bekerja.

Baca juga: Usaha Sampingan di Rumah yang Menguntungkan dan Bisa Dilakukan Siapa Saja

Permintaan yang tinggi dari gadget ini bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan. Lihat saja baik di toko offline dan online gadget ini tetap memiliki peluang besar karena hampir setiap saat selalu bermunculan merek baru dari brand-brand terkenal dan semakin lama fungsi gadget juga semakin canggih sehingg dapat membantu dalam berbagai hal. Namun kamu tak hanya menjual gadget saja, melainkan juga produk-produk turunannya, seperti power bank, charger, casing, tongsis, tomsis, armband dan smartwatch, screen guard, gameklip, dan sebagainya.

Sebelum menjual produk gadget, ada baiknya kamu dapat menjawab hal berikut:
  • Melakukan riset pasar: gadget apa yang dibutuhkan pasar kamu? Produk-produk gadget apa saja yang dibutuh masyarakat? Berapa kisaran harganya?
  • Apakah kamu akan membangun tokoh online dengan website atau menggunakan platform marketplace yang gratis?

5. Menjual produk elektronik

Barang cepat laku dijual online
Sumber gambar: mohamed_hassan/Pixabay

Selain produk gadget dan turunannya, produk elektronik juga merupakan salah satu barang yang laku jika dijual secara online. Coba kamu lihat di rumah ada berapa banyak barang elektronik. Dalam setahun, ada berapa banyak barang elektronik yang kamu beli? Setiap rumah tentu membutuhkan barang elektronik dan dari rumah kamu sendiri sebenarnya ini bisa menjawab barang elektronik apa yang sangat dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Seperti biasa, jika ingin berbisnis dengan berjualan barang elektronik, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut:
  • Tentukan target pasarmu? Siapa pemakainya dan kira-kira ada berapa banyak?
  • Bagaimana kualitas produk yang akan kamu jual?
  • Bagaimana cara kamu melakukan promosi dengan budget yang kamu miliki?
  • Apakah kamu akan berjualan online menggunakan website atau menggunakan platform gratis marketplace?
Demikianlah beberapa contoh barang yang cocok dan laris manis jika dijual secara online. Semoga membantu!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a comment

Iklan Tengah Post