Yuk Ketahui 4 Hal yang Menyebabkan Pompa Air Mengeluarkan Asap

Mesin pompa air yang bermasalah salah satu cirinya adalah mengeluarkan asap. Pernahkan kamu mengalami kejadian tersebut? Saat sedang mengisi air tiba-tiba dari bagian dinamo mengeluarkan asap atau tercium bau hangus/gosong terbakar? Jika terlihat kepulan asap dan bau hangus, maka segera matikan mesin pompa tersebut agar meminimalkan risiko kerusakan.

Pasalnya, jika kamu membiarkan mesin tetap menyala padahal mengeluarkan asap hingga tercium bau terbakar, bisa saja dinamo mesin jadi rusak parah. Jika sudah demikian halnya, ongkos yang kamu keluarkan juga akan lebih mahal. Untuk itu, kamu harus lebih cermat lagi dalam memahami tanda-tanda kerusakan mesin pompa air.

Pompa air mengeluarkan asap
Sumber gambar: Zhinkadiary.com

Pada intinya, kamu akan lebih piawai dalam mengenali tanda-tanda tersebut berdasarkan pada pengalaman. Biasanya, jika kamu sudah memiliki rumah sendiri yang memiliki mesin pompa, maka segala kerusakan yang terjadi mau tak mau harus segera diatasi. Dan bagi kamu yang baru saja mengalami kejadian pompa air mengeluarkan asap, Zhinkadiary.com akan berbagi tentang beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut.

Yang perlu kamu ingat adalah jangan pernah menunda service mesin pompa jika terlihat tanda-tanda kerusakan. Selain mesin pompa adalah benda yang paling penting di dalam rumah, perawatannya juga harus kamu perhatikan.

1. Dinamo terbakar

Dinamo yang basah juga bisa menjadi penyebab keluarnya asap saat mesin pompa dinyalakan. Khusus untuk daerah rumah yang pernah mengalami kebanjiran, maka cek terlebih dahulu, apakah mesin pompa terendam? Nah, jika terendam, maka segera di servis saja. Dinama harus dalam keadaan kering. Jika ada air digulungan dinamo, maka ketika berputar akan mengeluarkan asap dan menyebabkan bau gosong. Jika besi pada mesin pompa disentuh maka akan terasa sangat panas.

Selain penyebab khusus karena terendam banjir, dinamo mesin pompa yang bermasalah memang sering kali disebabkan karena dinamo terbakar. Jika setelah dicek ternyata dinamo mesin pompa kamu terbakar, maka kabel tembaga dinamo harus digulung ulang. Biaya untuk menggulung ulang dinamo biasanya berkisar antara Rp 300 - 500 ribu atau bisa lebih mahal dari itu. Hal ini lagi-lagi bergantung pada harga yang diberikan teknisi.

2. Kapasitor meleleh

Selain gulungan dinamo yang keluar asap karena terbakar, kamu juga harus mengecek bagian kapasitor yang biasanya berada di atas dinamo. Kadang-kadang bau terbakar juga disebabkan kapasitor yang meleleh.

Jika memang penyebabnya adalah kapasitor, maka segera ganti dengan kapasitor yang baru. Harga kapasitor tergantung dari tipe dan merek mesin pompa di rumah. Untuk pompa air Shimizu 8 uf/450 vac harganya berkisar Rp 50.000 dan Shimizu 20 uf/450 vac harganya berkisar Rp 95.000.

3. Bearing/klaher macet

Bearing/klaher yang macet juga dapat menyebabkan timbulnya asap ketika menahan dinamo yang tak berputar dalam waktu cukup lama. Apakah kamu pernah mengalami ketika mesin pompa air dinyalakan tetapi mesin tidak bekerja seperti biasanya dan malah diam? Nah, kalau kamu diamkan selama beberapa menit, bisa jadi asap akan keluar.

Baca juga: Yuk Ketahui Penyebab Mesin Pompa Air Mengeluarkan Asap

Asap yang keluar itu bukan dari bagian klaher, melainkan dari dinamo yang overheating. Karena itu, jika suara mesin pompa berisik atau sangat bising, maka lebih baik ganti klahernya atau service.

4. Korsleting instalasi kabel

Instalasi kabel yang cenderung asal-asalan dan semrawat juga dapat menyebabkan kabel hangus terbakar. Apakah mesin pompa di rumah kamu kabelnya tak beraturan? Nah, segera diperbaiki dan dirapihkan. Jika ukuran kabel terlalu kecil, juga lebih baik ganti yang ke ukuran normal agar tidak gampang terjadi korsleting.

Korsleting lisrik akan membuat kabel cepat panas dan tak jarang membuatnya melelah. Cek juga bagian terminal, apakah kendor? Ini bisa menyebabkan terjadinya percikan api. Kemudian pada bagian sambungan yang kendor, lapisi kembali dengan isolasi agar rapat kembali. Bila perlu belilah alat-alat instalasi yang memiliki SNI agar lebih awet dan aman.

Demikianlah empat hal yang sering menyebabkan mesin pompa air rusak dan mengeluarkan asap. Jika artikel ini membantu, jangan lupa share di akun media sosial kamu!

Belum ada Komentar untuk "Yuk Ketahui 4 Hal yang Menyebabkan Pompa Air Mengeluarkan Asap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel