Rekomendasi Microphone Eksternal HP/Smartphone Terbaik untuk Merekam Suara

Microphone eksternal HP dapat menjadi pilihan bagi kamu untuk ngevlog. Pasalnya, microphone bawaan HP saja tidak cukup untuk merekam suara kamu lantaran kualitasnya tidak begitu bagus. Hal ini sangat disayangkan jika kamu memang ingin serius menjadi youtuber meskipun tak menggunakan kamera standar.

Jangan berkecil hati karena Zhinkadiary.com akan memberikan rekomendasi microphone eksternal HP yang layak bagi kamu untuk merekam suara. Tak hanya untuk keperluan ngevlog, mikrofon ini juga dapat kamu gunakan untuk mendukung pekerjaan yang lain. Semua akan dipaparkan berdasarkan mereka dan kegunaan mikropon berikut ini. Yuk, baca artikelnya aja!

1. Boya BY-M1 3.5 Mm Lavalier Microphone

Boya Microphone

Boya ini termasuk microphone murah dan portable yang bisa digunakan untuk ngevlog atau podcasting. Microphone ini sangat tepat untuk merekam video tutorial. Kenapa? Karena dapat bergerak dengan mudah sembari merekam suara.

Microphone Boya ini akan memberikan kualitas suara yang cukup bagus dan bisa mengatasi suara berisik di sekitar sehingga perekaman suara dapat berjalan dengan lancar. Jika kamu bertanya: di mana saja bisa menggunakan mikrofon ini? Maka jawabannya adalah: di mana saja.

Keunggulan microphone ini adalah sangat ringan dan kabel yang dihubungkan ke peralatan rekaman kamu memiliki panjang sekitar 6 meter. Dengan demikian terdapat ruang gerak yang cukup jika kamu membutuhkan mikrofon yang dihubungkan ke laptop atau kamera atau camcorder dari jarah yang cukup jauh.

Baca juga: Aplikasi Edit Video Android Offline Terbaik dan Gratis

Selain untuk ngevlog atau bikin podcast, Boya juga dapat dipakai untuk melakukan wawancara dengan meletakkannya di atas meja. Pasalnya, mikrofon Boya ini akan mengambil suara secara merata dari semua arah.

Sementara itu, dalam soal pengaturan yang tepat untuk mikrofon ini, Boya dapat digunakan dengan smartphone, kamera DSLR (Nikon dan Canon), perekam audio, PC/laptop, dan sebagainya.

Untuk harganya, mikrofon ini dibanderol Rp 160-an ribu.

2. Rode SmartLav+

Rode SmartLav+

Rode SmartLav+ adalah microphone yang dapat kamu gunakan untuk merekam suara ketika ngevlog. Tak hanya untuk ngevlog, microphone ini juga dapat digunakan untuk siaran dengan kualitas audio yang cukup baik.

Kamu hanya perlu memasang mikrofon pada smartphone yang menghubungkannya ke headset smartphone atau tablet dan merekam menggunakan aplikasi Rode. Dengan menggunakan kapsul kondensor omni-directional berkualitas profesional, Rode SmartLav+ dapat mengambil suara secara merata dari seluruh bagian mikrofon.

Pelindung mirofon berupa pop busa disediakan untuk meminimalkan suara angin dan bersik sekitar. Rode SmartLav+ kompatibel dengan aplikasi audio jenis apa pun yang menerima input dari koneksi headset yang telah dirancang untuk berpasangan sempurna dengan aplikasi Rec Rode. Untuk harga dibanderol sekitar Rp 700 ribuan.

3. Rode VideoMic Me

Rode VideoMic Me

Rode VideoMic Me adalah microphone kecil yang diciptakan untuk gawai yang dilengkapi dengan port lightning. Mikrofon ini ditujukan bagi vlogger, pewawancara, atau musikus yang ingin merekam suara dengan kualitas tinggi ketimbang menggunakan mikrofon bawaan ponsel.

Menggunakan Rode VideoMic Me kamu akan terlihat seperti menggunakan mikrofon profesional dan berkualitas premium. Mikrofon ringan ini dapat bekerja baik dengan beragam perangkat seperti smartphone, tablet, dan kamera DSLR.

Bahkan mikrofon ini dapat terhubung ke socket mikrofon atau mic iPhone secara langsung tanpa adanya gangguan. Mikrofon ini memiliki jack headphone 3,5 mm di bagian belakang untuk memutar audio ketika merekam serta untuk memastikan pemutaran audio berjalan dengan mudah tanpa harus melepaskan mikrofon.

Tampilan Rode VideoMic Me memiliki bagian depan berbulu yang berfungsi merekam video di luar ruangan atau dalam situasi cuaca ekstrem yang kemungkinan menghasilkan suara berombak jika tak menggunakan mikrofon khusus. Mikrofon ini juga punya aplikasi yang bernama Reporter yang dapat digunakan untuk mengedit file audio.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Android paling Terbaik dan Keren

Rode VideoMic Me dibuat menggunakan aluminium padat sehingga dapat mencegah gangguan audio yang mempengaruhi sebagian besar mikrofon pada kamera. Di samping itu, lapisan bodi keramiknya dapat memastikan bisa bertahan di lingkungan yang ekstrem. Misalnya, jiak sewaktu-waktu mikrofon terjatuh, maka Rode VideoMic Me tidak mudah rusak.

Rode VideoMic Me dirancang untuk semua jenis ponsel, tetapi akan berfungsi lebih mudah dengan ponsel iPhone dan beberapa ponsel Android kelas atas. Namun kamu harus mempertimbangkan jika ingin menggunakan mikrofon ini bersamaan dengan perangkat lain seperti DSLR. Pasalnya, kamu harus menggunakan adaptor karena mikrofon ini paling tidak dirancang untuk smartphone.

Spesifikasi

  • Prinsip akustik: pressure gradient
  • Elektronik aktif: konverter impedansi JFET
  • Kapsul: 0,50
  • Polar pattern: cardioid
  • Tipe alamat: end
  • Rentang frekuensi: 100Hz - 20hHz
  • SPL maksimum: 140dB SPL
  • Level kebisingan setara dengan 20dB-A
  • Berat: 42 gram
  • Dimensi: 21 mm x 21 mm x 80 mm
  • Outuput: minijack output
Harga Rode VideoMic Me dibanderol 600 – 700 ribuan rupiah.

4. Ampridge Mightymic Mic-S

Ampridge Mightymic Mic-S

Ampridge Mightymic Mic-S sering disebut sebagai mikrofon shotgun yang dapat berfungsi melalui perangkat iPhone, iPad dan perangkat lainnnya. Mikrofon ini memiliki jack headphone built-in yang bagus dan dilengkapi dengan kaca depan yang mampu mengurangi kebisingan angin ketika mereka di luar ruangan.

Ampridge Mightymic dapat juga kamu gunakan untuk merekam saat latihan band, pengambilan suara atau notasi musik, pengambilan video dari iPhone. Keunggulan mikrofon ini, selain mudah dibawa dan digunakan, juga dapat melakukan banyak rekaman video dengan hasil rekaman yang bagus.

Untuk harga Ampridge Mightymic dibanderol Rp 1.000.000-an.

5. Apogee Mic 96k

Apogee Mic 96k

Apogee Mic 96k adalah microphone perekam suara terbaik yang dirancang khusus untuk iPad, iPhone, dan Mac. Di balik tampilan sederhana Apogee Mic 96k, mikrofon ini akan menghadirkan pengalaman yang sempurna bagi pengguna produk Apple, seperti iPhone, iPad, Mac, dan iPod.

Sebagaimana nama produknya, mikrofon ini mendukung pengambilan sampel hingga 96k melalui DAC 24 bit. Dipasangkan dengan antarmuka Core Audio akan menghasilkan latensi yang sangat rendah dan memberikan pengguna keuntungan yang luar biasa. Apabila ada yang bernama mikrofon USB "profesional", maka Apogee Mic 96k dapat disematkan dengan kategori tersebut.

Perlu kamu tahu bahwa Apogee 96k merupakan mikrofon yang merekam dengan hasil yang terdengar jernih. Mikrofon ini juga menggunakan beberapa kapsul cardiodid menengah yang berkualitas dan lebih mudah dipakai daripada LDC.

Meskipun harga Apogee lebih mahal, tetapi kualitasnya tentunya di atas par. Salah satu hal yang paling menarik tentang mikrofon ini adalah bagian antarmuka. Selain tingkat pengambilan sampel yang unggul dan latensi yang rendah, mikrofon ini dapat berfungsi tanpa harus menginstal driver.

Spesifikasi

Kapsul mikrofon
  • Kondensor electret cardioid
  • Diameter kapsul 19mm
  • Dua lapisan jaring logam sebagai pelindung
A/D Converter
  • 24 bits, 96 ksps
Konektor output
  • Ada, termasuk kabel
Kekuatan
  • Didukung perangkat iOS atau USB yang terhubung
Mic Stand Threads
  • Thread tripod standar ukuran 1/4 x 20 per inci
  • Adaptor terpasang di dudukan mikrofon standar
Berat
  • 190 gram (hanya mikrofon)
Panjang
  • 114 mm
Lainnya
  • Mikrofon 96k
  • Kabel iOS lightning
  • Kabel USB Mac
  • Dudukan tripod atas meja
  • Adaptopr penyangga mikrofon
Harga Apogee Mic 96k dibanderol 4 jutaan rupiah.

Demikianlah review pada beberapa mikrofon eksternal HP/smartphone yang dapat kamu gunakan untuk menunjang aktivitas keseharian kamu. Semoga membantu!

Belum ada Komentar untuk "Rekomendasi Microphone Eksternal HP/Smartphone Terbaik untuk Merekam Suara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel