Tips Memilih Durian yang Bagus, Manis, dan sudah Matang

Iklan 728x90

Tips Memilih Durian yang Bagus, Manis, dan sudah Matang

Ketika musim durian tiba, di pinggir jalanan dan tempat-tempat keramaian pasti akan mudah dijumpai berbagai macam buah durian. Aroma durian yang khas akan membuat siap saja tergiur untuk mencobanya. Apalagi rasa nikmat dan gurih buah durian yang membuat banyak orang ketagihan. Hanya sebagian kecil saja orang Indonesia yang tidak menyukai buah yang berkulit duri ini.

Buah durian ini adalah salah satu tumbuhan tropis yang berasal dari Asia tenggara dan disebut sebagai raja buah. Tak hanya di Indonesia, durian juga populer di Thailand, Malaysia, dan negara tetangga lainnya. Musim panen durian biasanya pada September hingga Februari. Namun kamu tak usah khawatir di bulan-bulan lain tetap dapat kok mengonsumsi durian dengan membeli, misalnya, ke durian Ucok di Medan yang seolah tak pernah kehabisan stok sepanjang tahun.

Tips Memilih Durian yang Bagus, Manis, dan sudah Matang
Sumber gambar: Pixabay/PublicDomainPictures

Namun tak semua pecinta durian tersebut tahu trik memilih durian yang bagus, manis, dan matang. Pasalnya, ada saja orang yang tidak puas setelah membelinya justru mendapatkan buah durian yang kurang memuaskan, entah masih mentah atau rasanya kurang manis. Oleh karena itu, ada pula penjual yang memperbolehkan pembeli menukar duriannya jika memang rasanya kurang memuaskan.

Tapi setidaknya kamu dapat mempelajari bagaimana memilih buah durian yang layak dikonsumsi serta nikmat di lidah. Soalnya buah durian ini tergolong sebagai buah yang harganya mahal. Jadi, jangan sampai pilihan durian kamu salah. Berikut ini Zhinkadiary.com membuat ulasan agar kamu lebih piawai lagi dalam memilih durian yang gurih dan enak.

1. Bentuk durian bulat penuh

Sebelum membeli, kamu harus cermat dalam memilah bentuk durian. Lebih baik memilih durian yang berbentuk bulat penuh lantaran di setiap bagian buah tersebut mengandung daging. Sebaliknya, jika kamu memilih buah durian yang tak bulat penuh alias agak melengkung biasanya di bagian ujung buah tersebut tak terdapat daging.

2. Beraroma khas

Berada di tempat penjual durian, pasti kita akan dibuat bingung mau memilih yang mana. Apalagi aroma durian hampir seragam dan menyengat. Lalu bagaimana trik membedakan durian yang bagus atau tidak? Tipsnya adalah dengan menjauhkan buah durian yang kamu pilih dari tumpukan durian lainnya. Kemudian, ciumlah aromanya. Apabila buah durian yang kamu pilih mengeluarkan aroma khasnya, maka dapat dipastikan buah durian tersebut telah matang sempurna.

3. Perhatikan komposisi durinya

Cara lain untuk menentukan matang atau tidaknya buah durian adalah dengan memperhatikan komposisi durinya. Apabila kamu melihat buah durian tersebut durinya jarang-jarang, maka daging buah durian itu telah memadat. Sebaliknya, jika duri buah durian rapat, maka buah tersebut bisa jadi belum matang.

4. Cermati tangkai durian

Biasanya durian yang enak adalah buah yang matang pohon atau durian yang matang lalu jatuh ke tanah. Tapi ketika durian sudah dijual dan ditumpuk, lantas bagaimana cara membedakan buah durian yang matang di pohon dan yang tidak? Kamu dapat mengecek hal tersebut dari tangkainya. Apabila tampak bekas sayatan pisau di ujung tangkainya, maka buah durian itu tidak matang di pohon.

Baca juga: Cara Memilih Durian Montong yang Bagus dan Manis

Sedangkan durian yang matang di pohon memiliki ujung tangkai yang lebih kasar. Untuk memastikan, kamu potong saja ujung tangkai tersebut, kemudian jilatlah. Apabila terasa manis, buah durian itu sudah matang dan manis.

5. Timbul suara "buk-buk-buk" ketika ditepuk

Pernah melihat tukang buah durian atau pembeli menepuk-nepuk buah durian menggunakan punggung golok atau pisau? Itu tandanya mereka sedang mengecek apakah buah durian tersebut telah matang atau belum. Jika muncul bunyi "buk-buk-buk" ketika ditepuk, maka tandanya buah durian tersebut telah matang karena terdapat perekahan di dalam buah durian.

6. Menekan durinya

Untuk membuktikan buah durian sudah matang atau belum, kamu dapat mencoba menekan durinya. Caranya adalaj demgan menekan duri dengan dua jari antara telunjuk dan jempol. Lalu cubit durinya. Jika terasa fleksibel, tandanya telah matang. Sebaliknya, jika kulitnya masih keras artinya artinya buah durian itu belum cukup matang.

7. Pilih durian yang belum terbuka

Jangan pernah mau memilih atau membeli buah durian yang sudah terbuka atau retak. Pasalnya, buah durian yang sudah dibuka akan kemasukan angin. Alhasil rasanya jadi tawar dan hambar.

Demikianlah beberapa cara untuk mengetes dan membuktikan dalam memilih buah durian yang bagus dan sudah matang. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a comment

Iklan Tengah Post