Cara Memilih Durian Montong yang Bagus dan Manis

Iklan 728x90

Cara Memilih Durian Montong yang Bagus dan Manis

Penggemar durian di mana pun berada, siapa yang enggak tahu durian montong? Pada kelasnya, durian montong ini sering kali disebut sebagai rajanya durian. Ciri yang melekat pada durian ini adalah dagingnya super tebal dan rasanya manis.

Durian montong ini diklaim berasal dari Thailand. Meski Indonesia setiap tahun mengimpor durian montong dari Thailand, bukan berarti asal usul durian ini berasal dari Negeri Gajah Putih tersebut. Berdasarkan penelitian, bibit asli montong berasal dari Indonesia.

Lalu mengapa bisa tersebar hingga ke luar Indonesia? Karena plasma nutfah montong dibawa dan dikembangkan ke negara lain, sehingga muncul banyak varian dari montong ini.

Cara memilih durian montong
Sumber gambar: Pixabay/SpencerWing

Di negara kita terdapat 20 jenis dari total 27 jenis durian lain yang ada di dunia. Wah, bukan main betapa Indonesia pusat dari "buah surgawi" ini. Bahkan di Kalimantan terdapat lebih dari 18 jenis durian. Namun karena dalam skala produksinya tidak sebagus Thailand, jadi Indonesia masih tertinggal dalam soal mutu dan produksi durian.

Bagi kamu yang hobi banget mengonsumsi durian, harus pintar nih dalam memilih durian montong yang rasanya manis, daging tebal, dan buahnya bagus. Karena harganya jelas lebih mahal ketimbang jenis durian lain, setidaknya kamu harus cermat. Berikut ini Zhinkadiary.com uraikan beberapa poin penting ketika memilih durian montong.

1. Bentuk buah bulat

Jika berada di tempat jualan durian yang melimpah, pertama-tama kamu jangan terkecoh. Apalagi euforia ingin segera menyantap durian membuat kamu kurang cermat dalam memilih. Karena itu, pilihlah buah durian yang bentuknya bulat. Hindari memilih durian yang bentuknya tak beraturan. Soalnya, bentuk yang tak beraturan biasanya isi buahnya sedikit.

2. Kulit agak empuk

Setelah memilih bentuk yang paling bulat, kamu tekan kulitnya. Apabila kulit durian montong tersebut keras, tandanya masih muda. Sebaliknya, jika ditekan kulitnya terasa lembek, kemungkinan besar durian tersebut busuk. Nah, jika bingung, kamu bisa bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman atau pembeli untuk memastikan bahwa durian yang kamu pilih benar-benar matang sempurna.

3. Hindari buah yang memiliki lubang berdiamter 1-2 mm

Setelah poin kedua, perhatikan lubang di kulit durian montong. Jika terdapat lubang berdiamter 1-2 mm atau lebih besar, dikhawatirkan di dalam buah durian ada ulat.

Baca juga: Tips Memilih Durian yang Bagus, Manis, dan sudah Matang

4. Warna daging kuning dan tak berair

Jika buah durian terbuka bagian bawahnya, coba perhatikan warna dagingnya. Jika berwarna kuning dan tidak berair, maka itu termasuk buah yang bagus. Perhatikan juga jika warna daging kuning agak bening, bisa jadi rasanya hambar.

5. Jangan pilih yang terbuka lebar

Buah durian mana pun, termasuk durian montong, jika sudah terbuka lebar, maka tak patut kamu beli. Pasalnya, rasanya asam.

Jika kamu masih pemula dalam hal memilih buah durian montong, maka mintalah bantuan dari penjual durian tersebut. Biasanya, si penjual akan membuka kulit durian dan mencongkel sedikit daging buahnya untuk kamu coba. Selamat berburu durian dan semoga artikel ini membantu!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

  1. Terimakasih ka infonya, aku beli tapi suka zonk :(


    UEU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Harus cermat pilih durian biar ga zonk :)

      Delete

Post a comment

Iklan Tengah Post