Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Rekomendasi Sertifikat SSL Terbaik Demi Keamanan Website

Sertifikat SSL merupakan saran untuk memverifikasi sumber halaman web, domain, dan membuka pintu untuk melakukan pertukaran informasi atau transaksi keuangan elektronik.

Dalam artikel sebelumnya yang berjudul "Pengertian SSL, Fungsi dan Cara Kerjanya" kita sudah membahas tentang pengertian sekaligus tujuan dan bagaimana SSL bekerja dalam melindungi user ketika membuka halaman sebuah web.

Kini kita tidak akan mengulas cara kerja SSL lagi, melainkan bagaimana memilih penyedia SSL yang bagus dan terbaik.

Sebenarnya, penyedia sertifikat SSL ada banyak karena menawarkan harga dan fitur yang berbeda. Pasalnya, kebutuhan setiap web juga tentunya berbeda-beda, misalnya penggunaan sertifikat SSL pada web e-commerce dan blog artikel.

Tapi setidaknya sebelum memilih penyedia SSL yang terbaik dan paling cocok dengan web kamu, Zhinkadiary.com telah merangkum satu per satu daftar penyedia SSL.

Rekomendasi Sertifikat SSL Terbaik
Sumber gambar: Pixabay/kreatikar

1. Comodo SSL

Comodo SSL merupakan penyedia layanan SSL dengan harga yang sangat terjangkau. Pengguna Comodo SSL ada banyak, mulai dari blogger hingga perusahaan e-commerce.

Comodo SSL juga menawarkan enksipsi 256-bit dan dipercaya hampir semua browser. Mereka memberikan lisensi server tanpa batas, support dari para ahli, dan jaminan mulai dari $500.000.

Paket Sectigo SSL DV dimulai dari $79 per tahun dan kamu dapat mengaturnya hanya dalam beberapa menit. Sedangkan paket validasi diperpanjang mulai $228 per tahun.

Comodo SSL menjadi salah satu otoritas sertifikasi paling terkemuka dan tepercaya di dunia. Dahulu pernah terjadi insiden peretasan pada Comodo SSL dengan pembuatan sertifikat palsu yang digunakan untuk memata-matai beberapa orang di Iran.

2. DigiCert

Setelah beroperasi secara mandiri selama beberapa tahun, DigiCert pada tahun 2017 telah menyelesaikan akuisisi situs web Symantec dan PKI (Public Key Infrastructure). Akuisisi ini didasarkan atas keberhasilan Symantec meyakinkan 90% perusahaan Fortune 500 untuk membayar Norton Secured Seal.

DigiCert telah dipercaya oleh pengguna di seluruh dunia. Di antaranya digunakan IBM, Verizon, dan sebagian besar Fortune 100. Mereka antara lain menawarkan hingga 4096-bit sertifikat SSL dengan harga yang sesuai.

Misalnya, sertifikat Wilcard SSL DigiCert yang dapat melindungi seluruh domain kamu diberi harga kurang dari $700 dan kamu bisa mendapatkan paket termurah dengan harga $207 per tahun.

3. Thawte

Thawte telah berhasil mengukuhkan lebih dari 40% pasar global untuk sertifikat SSL. Sejauh ini, Thawte telah mengeluarkan hampir satu miliar sertifikat di 240 negara seluruh dunia.

Kelebihan dari Thawte adalah kompatibilitas pada hampir semua browser, manajemen tools sertifikat yang baik, dan enkripsi 256-bit. Jika kamu membutuhkan sertifikasi level EV, harga yang dipatok $179 per tahun. Selain harga terjangkau, sudah banyak pelanggan yang puas dengan performa Thawte.

4. GoDaddy

Umumnya orang-orang hanya tahu GoDaddy adalah perusahaan registasi domain terbesar sekaligus penyedia paket hosting. Namun GoDaddy juga menawarkan sertifikat SSL dengan harga $79,99 untuk paket dasar. Alih-alih menawarkan sertifikat DV, OV, dan EV dengan harga berbeda, semuanya berbiaya sama dengan relatif terjangkau.

Kekhasan yang ditawarkan GoDaddy adalah pemasaran layanan SSL baru relatif murah, sedangkan pembaruannya bisa lebih mahal. Apabila kamu cukup terorganisasi melakukan pemasangan baru setiap tahun, maka kamu dapat menghemat biaya ketimbang memperbaruinya. Keunggulan GoDaddy adalah kamu memiliki akses support yang kompeten selama 24 jam/7 hari.

5. RapidSSL

RapidSSL adalah salah satu opsi paling murah ketika berlangganan penyedia sertifikat SSL. Layanan sertifikat SSL ini cukup memiliki jam terbang dengan pengalaman lebih dari 400 ribu situs web dan empat perusahaan besar yang diakui secara global.

Kamu dapat memilih sertifikat berdasarkan kebutuhan pribadi, meliputi kode perlindungan, satu situs, banyak situs, atau semua sub-domain. Kamu juga memiliki opsi untuk mencari sertifikat SSL berdasarkan nama merek atau jenis SSL.

Layanan sertifikat RapidSSL dibanderol $17,95 per tahun. RapidSSL akan memberikan sertifikat domain tunggal dengan enkripsi 128/256-bit yang dipercaya hampir 99% browser. Support gratis diberikan 24 jam/7 hari melalui web dan e-mail.

6. SSL.com

SSL.com menawarkan perlindungan dengan jaminan terbaik untuk satu situs atau beberapa situs serta sub-domain. Layanan sertifikat SSL ini dapat bekerja pada 99% browser.

SSL.com memberikan layanan langganan untuk domain tunggal mulai dari $49 per tahun, tetapi bisa lebih rendah dengan harga $36,75 per tahun jika berlangganan selama 5 tahun. Pihak SSL.com akan mengembalikan uang dan support dukungan 24 jam/7 hari selama 30 hari dan menyediakan penerbitan ulang sertifikat seumur hidup secara gratis.

Jika kamu memiliki bisnis kecil yang mencari sertifikasi, SSL.com barangkali menjadi tempat yang baik untuk memulainya.

Demikianlah enam perusahaan penyedia sertifikat SSL yang dapat kamu pilih untuk menunjang performa situs web kamu bagi user. Namun sampai di sini, apakah kamu masih bingung mau menggunakan sertifikat SSL yang mana?

Sebenarnya., memilih sertifikat SSL yang paling andal dan terbaik barangkali adalah soal kepercayaan.

Kamu mungkin saja mendapatkan penyedia layanan SSL yang memberikan sertifikat murah tetapi tidak terkenal. Tetapi pada saat yang bersamaan, beberapa sertifikat yang lebih murah hanya dapat diandalkan seperti yang dibanderol dengan harga mahal.

Namun yang perlu digarisbawahi adalah penyedia sertifikat SSL yang disebutkan di atas adalah produk-produk yang terkenal dan tepercaya dengan paket yang memungkinkan situs kamu mendapatkan tingkat keamananan yang dibutuhkan dengan harga yang bisa dijangkau.

Semoga artikel ini membantu dan jika bermanfaat silakan share di media sosial.

Posting Komentar untuk "6 Rekomendasi Sertifikat SSL Terbaik Demi Keamanan Website"

Berlangganan via Email