Harga Lebih Murah, Inilah Spesifikasi Samsung Galaxy Note 10 Lite

Iklan 728x90

Harga Lebih Murah, Inilah Spesifikasi Samsung Galaxy Note 10 Lite

Rilisnya Samsung Galaxy Note 10 Lite dan Galaxy S10 Lite membuat produk gadget tersebut dapat bersaing lebih baik dengan merek seperti OnePlus dan Galaxy S.

Pasalnya, Samsung Galaxy S dan Galaxy Note kerap kali dianggap menjadi contoh gadget Android kelas atas. Dan lagi, perangkat gadget tersebut selalu mendapat penghargaan.

Namun cerita tersebut setidaknya berubah dengan kehadiran Galaxy Note 10 Lite yang baru meluncur belum lama ini. Kabar yang paling membahagiakan adalah bahwa smartphone ini dibanderol sekitar delapan jutaan rupiah. Masih masuk kantong, bukan?

Tapi ada hal yang perlu digarisbawahi: Samsung telah meninggalkan banyak fitur premium, seperti peringkat IP untuk tahan debu dan air serta pengisian nirkabel untuk menekan harga yang lebih murah pada gadget ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 10 Lite
Sumber gambar: 9to5google.com

Namun Galaxy Note 10 Lite ini masih memiliki S Pen Stylus yang membedakannya dari seri Note dan masih memiliki baterai yang lebih besar.

Dengan demikian, apakah Samsung dianggap berlebihan dalam memotong budget produksi atau apakah Galaxy Note 10 Lite cukup pantas diberikan dengan harga tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan itu, Zhinkadiary.com sudah menyusun rangkuman spesifikasi gadget ini sebagai berikut.

Desain Galaxy Note 10 Lite

Meskipun dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah, untungnya Samsung tidak sampai mengorbankan tampilan AMOLED-nya!

Dengan begitu, kamu masih bisa mendapatkan layar Super AMOLED 6,7 Inchi dengan resolusi full-HD+ (2080x2400 piksel) dan dukungan HDR.

Tapi gadget ini tidak menggunakan pemindai sidik jari ultrasonik seperti Galaxy Note 10+, melainkan pemindai sidik jari CMOS yang standar.

Desain Galaxy Note 10 Lite
Sumber gambar: 9to5google.com

Galaxy Note 10 Lite ini memiliki lubang di tengah bagian atas layar yang mirip dengan yang kita lihat pada Galaxy S10 Lite dan Galaxy A51.

Gadget ini juga memiliki bezel tipis di sekelilingnya yang membantu memberikan tampilan premium. Selain itu, kamu juga akan melihat layar yang cukup cerah ketika digunakan di luar ruangan dengan sudut pandang yang bagus.

Bicara soal bingkai/frame, Galaxy Note 10 Lite memiliki bingkai seperti logam dan dingin ketika disentuh di ruangan ber-AC. Tombol daya dan volume ada di bagian kanan dan cukup terjangkau ketika tangan menggenggamnya.

Pada bagian kiri ponsel terdapat baki SIM Galaxy Note 10 Lite. Baki ini memiliki port USB Type-C, jack headphone 3,5 mm, grille loudspeaker, dan S Pen di bagian bawah.

Baca juga: Microsoft Rilis Aplikasi Android untuk Excel, Word, PowerPoint

Selanjutnya, bagian belakang ponsel ini terasa "plasticky" ketika disentuh dan tidak dimodifikasi premium seperti panel kaca pada Galaxy Note 10+. Bagian belakang ini juga ketika terkena noda, maka akan cukup mudah dilap.

Bagian belakang ponsel ini memiliki modul kamera berbentuk persegi panjang yang mirip dengan apa yang kita lihat pada smartphone Galaxy A-series. Modul kamera ini hampir rata dengan panel belakang. Dengan demikian, ketebalan ponsel ini 8,7 mm dan berat 199 gram.

Galaxy Note 10 ini dikemas dengan baterai 4.500 mAh dan kamu juga mendapatkan pengisi daya sebesar 25W di boks. Pengisi daya ini memiliki output USB Type-C, beserta USB Type-C ke kabel Type-C di dalam boks. Kamu pun juga mendapatkan headphone, tetapi ini bukan termasuk unit AKG premium.

Spesifikasi dan perangkat lunak Samsung Galaxy Note 10 Lite

Samsung Galaxy Note 10 Lite ditenagai oleh Exynos 9810 SoC, bukan Qualcomm Snapdragon 855 SoC sebagaimana Galaxy S10 Lite. Exynos 9810 SoC adalah prosesor yang serupa dengan yang dipakai Samsung untuk seri Galaxy S9.

Opsi konektivitas pada Galaxy Note 10 Lite di antaranya Bluetooth 5, dual-band Wi-Fi ac, NFC, dan empat sistem navigasi. Semua sensor ini terpasang dalam Note 10 Lite yang dikemas dalam baterai 4,500mAh.

Software Samsung Galaxy Note 10 Lite
Sumber gambar: pcmag.com

Gadget ini tersedia dalam dua varian:
  1. Varian dasar memiliki RAM 6GB dan penyimpanan 128GB serta dibanderol dengan harga kisaran harga tujuh jutaan rupiah.
  2. Varian yang lebih tinggi memiliki RAM 8GB dan penyimpanan 128GB yang sama untuk harga pada kisaran delapan jutaan rupiah.
Dalam soal perangkat lunak (software), gadget ini menjalankan One UI 2.0 menggunakan Android 10. Seperti diketahui bahwa One UI berjalan dengan sangat cepat dan tidak memiliki masalah dalam soal navigasi menu. Kamu pun memiliki opsi mengaktifkan navigasi berbasis swipe.

Sebagian besar fitur S Pen dari seri Galaxy Note masih tersedia pada ponsel ini. S Pen dapat digunakan untuk jarak jauh ketika mengambil foto dan beralih antara kamera utama dan selfie.

Gadget ini juga dilengkapi dengan beberapa aplikasi yang sudah diinstal, seperti Facebook, Netflix, semua rangkaian Google Apps, dan beberapa aplikasi Microsoft. Smartphone ini juga memiliki fitur ‘Tautan ke Windows ' yang juga terlihat di Galaxy Note 10+.

Performa Samsung Galaxy Note 10 Lite

Smartphone Galaxy Note 10 Lite ini menghadirkan pengalaman yang baik bagi pengguna karena “lancar” tanpa adanya gangguan lag. Kita bahkan dapat melakukan banyak tugas tanpa harus menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Performa Samsung Galaxy Note 10 Lite
Sumber gambar: trustedreviews.com

Kamu dapat melihat pemindai sidik jari di layar lebih lambat daripada pemindai ultrasonik pada Galaxy Note 10+. Fitur gadget ini juga terdapat pengenalan wajah yang menggunakan kamera selfie yang terletak di hole-punch agar dengan cepat memindai wajah dan membuka kunci smartphone.

Dalam pengujian loop video HD, smartphone ini mampu bertahan selama 17 jam dan 35 menit yang terhitung sebagai waktu yang wajar. Dalam sebuah uji coba pemakaian yang menggunakan beberapa permainan, menjelajahi Internet dan menggunakan Google Maps untuk navigasi, ternyata baterai bisa bertahan selama sekitar satu setengah hari.

Kamera Samsung Galaxy Note 10 Lite

Modul kamera pada Galaxy Note 10 Lite terdiri atas tiga kamera berukuran 12 megapiksel. Yang utama memiliki aperture f/1.7, kamera wide-angle memiliki aperture f/2.2, dan kamera telefoto memiliki aperture f/2.4.

Namun di bagian depan, ada shooter 32 megapiksel dengan aperture f/2.2. Karena itu, tidak ada autofokus dual-pixel seperti yang kita lihat pada smartphone andalan Samsung. Aplikasi kamera akan jadi familier bagi pengguna Samsung dan ada beberapa mode pemotretan termasuk Food, Night, Super Slow-Mo, dan mode Pro. Menariknya, smartphone ini juga menyediakan AR Emojis yang membuat komunikasi jadi lebih menghibur.

Kamera Samsung Galaxy Note 10 Lite
Sumber gambar: phonearena.com


Galaxy Note 10 Lite ini menghasilkan gambar yang bagus saat memotret di siang hari. Foto yang diambil pada siang hari/bercuaca cerah memiliki detail yang baik dan tulisan/teks dari kejauhan pun mampu terbaca. Juga pada kamera wide-angle dapat menghasilkan warna yang sama dengan kamera utama. Kamu pun akan melihat distorsi pada tepi foto wide-angle.

Untuk close-up, Galaxy Note 10 Lite ini berhasil mengambil bidikan yang tajam dengan beberapa warna lebih tegas. Lalu, mode potret dapat memberi kamu pilihan untuk memotret dengan kamera utama maupun kamera jarak jauh. Hal inilah yang memungkinkan kamu mengatur level blur sebelum mengambil bidikan.

Kamera selfie Samsung Galaxy Note 10 Lite ini akan memberikan tampilan yang dapat diperbesar secara default. Namun untuk opsi berganti ke bingkai yang lebih luas perlu menggunakan toggle di viewfinder.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Android Paling Keren dan Terbaik

Sedangkan untuk merekam, gadget ini dapat melakukan rekaman video maksimal pada 4K 60fps untuk kamera utama dan 4K 30fps untuk selfie shooter. Hasil output-nya stabil ketika memotret pada ukuran 4K dan 1080p. Karena itu, kamu memiliki opsi untuk berganti di antara tiga kamera belakang saat memotret.

Galaxy Note 10 Lite ini juga dapat melakukan pekerjaan yang baik untuk menstabilkan video. Mode Super Steady gadget ini menggunakan kamera sudut lebar yang berfungsi untuk merekam video serta pemotongan frame agar stabil dan hasilnya lebih baik. Namun kualitas video akan menurun ketika cahaya ruang tidak terang.

Nah, demikianlah review singkat mengenai spesifikasi dari Samsung Galaxy Note 10 Lite. Semoga informasi ini dapat membantu!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a comment

Iklan Tengah Post