Jangan Anggap Sepele, Inilah Fungsi Tanda Segitiga pada Ban Mobil

Iklan 728x90

Jangan Anggap Sepele, Inilah Fungsi Tanda Segitiga pada Ban Mobil

Ban mobil adalah salah satu komponen terpenting dalam sebuah mobil. Namun sering kali sebagian orang masih menganggap kurang penting bagian ini. Apakah kamu kerap mengabaikan ban mobil?

Pernahkah kita berpikir bahwa ban mobil tidak selamanya melewati jalanan kering saja, melainkan kadangkala mau tak mau lewat jalanan yang basah atau tergenang air? Apalagi ketika melewati medan tersebut, mobil kita berada pada kecepatan tinggi.

Apakah ban mobil kita sudah siap untuk melewati kondisi medan genangan air dengan kecepatan tinggi? Apakah patokan ban layak atau tidak berdasarkan pada periode ban, tread wear indicator, atau jarak tempuh?

Fungsi Tanda Segitiga Ban Mobil
Sumber gambar: otto.ie

Dikutip dari Gooto.com, menurut Management Trainee Bambang Hermanuhadi, patokan utama kelayakan ban tetap merujuk pada TWI (tread wear indicator). Apabila batas aman TWI sudah kena, maka ban harus segera diganti.

Ciri-ciri ban yang harus diganti adalah munculnya tonjolan-tonjolan pada permukaan ban. Artinya, ban kurang mampu lagi dalam membuang air. Bagian ban yang terdapat tonjolan menjadi indikator bahwa blok-blok sudah habis.

Baca juga: Penyebab kenapa AC Mobil tidak Dingin

Menurut Bambang, semakin dalam blok-blok tersebut, maka daya buang air semakin besar. Sebaliknya, makin rendah blok-bloknya, maka kemampuan ban membuang air jadi berkurang.

Pasalnya, jika ban tak mampu membuang empat liter air per detik dengan kecepatan 80 km per jam di atas kondisi jalanan yang tergenang air satu sentimeter, maka ban dapat mengambang. Alhasil, mobil akan sulit direm.

Cara melihat ban yang tidak layak pakai

Setidaknya, kamu harus mengecek kondisi TWI minimal dua minggu sekali. Setiap ban mempunyai titik aman (TWI) yang berbeda-beda.

Tips untuk melihat ban yang sudah tidak layak adalah dengan melihat tanda segitiga di bagian sidewall ban. Jika terdapat aus pada ban yang menyentuh tanda segitiga tersebut, maka batas aman TWI sudah kena. Berbeda halnya dengan ban baru, posisi tanda TWI letaknya tersembunyi.

Baca juga: Sepeda Motor Terendam Banjir dan Cara Mengatasinya

Dengan demikian, ban mobil adalah komponen yang sangat penting. Soalnya ban mobil akan menentukan kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Selain itu, ban juga berfungsi untuk mengefisienkan konsumsi bahan bakar dan menunjang komponen kaki-kaki.

Apalagi ketika musim hujan tiba, maka kamu harus memperhatikan dengan cermat kondisi tanda segitiga pada ban tersebut. Jika tampak aus, maka gantilah segera. Semoga membantu!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post