7 Penyebab kenapa AC Mobil Tidak Dingin

AC mobil tidak dingin padahal cuaca sedang panas-panasnya merupakan hal yang sangat menjengkelkan. Apalagi mobil yang sedang kita kendarai berada pada kawasan macet seperti Kota Jakarta. Ibarat pepatah sudah jatuh, tertimpa tangga juga. AC mobil tidak berfungsi dengan baik dan cuaca di luar lagi panas-panasnya.

AC Mobil Tidak Dingin
Sumber gambar: Pixabay/kaboompics

Sebagaimana AC di rumah, begitu pun di mobil, keberadaan alat ini sangat penting untuk menunjang kenyamanan berkendara. Adakalanya AC pada mobil tidak berfungsi optimal seperti hanya mengeluarkan angin saja tanpa rasa dingin.

Jika AC mobil kamu memiliki ciri seperti di atas, maka kamu harus waspada. Mengetahui lebih awal ada sesuatu yang tidak beres di AC adalah langkah yang tepat agar dapat segera diperbaiki. Nah, Zhinkadiary.com akan berbagi mengatasi masalah AC yang kurang dingin pada mobil. Yuk disimak selengkapnya!

1. Filter AC mengalami penyumbatan

Saringan AC atau filter berguna untuk menyaring debu dan kotoran. Jika saringan AC tersebut tidak pernah dibersihkan, maka debu dan kotoran akan menempel di filter sehingga menjadi tersumbat. Apabila sudah tersumbat, tentu saja sirkulas udara jadi tidak berjalan dengan baik.

Itu sebabnya, jika filter AC mobil kamu kotor dan tersumbat, meskipun AC hidup, maka tak ada udara yang keluar dari blower. Nah, inilah yang menyebabkan AC mobil kamu terganggu dan tidak dingin.

2. Masalah pada freon

Masalah pada AC yang paling sering terjadi adalah habis atau berkurangnya freon. Padahal sebenarnya freon pada AC tidak akan habis, kecuali mengalami kebocoran pada komponennya. Penyebab bocornya bisa beraneka ragam, seperti bagian karet yang getas karena faktor usia serta masalah pada valve kompresornya.

Kamu bisa mengecek pada bagian freonnya jika AC mobil tidak menghasilkan dingin seperti biasa. Jadi sekalipun AC-nya hidup, maka tetap saja tidak akan menghasilkan udara dingin karena masalah yang terjadi pada freon.

Baca juga: Sepeda Motor Terendam Banjir dan Cara Mengatasinya

3. Motor extra fan mati

Motor extra fan yang mengalami masalah akan menyebabkan proses kondensasi di kondensor tidak berjalan dengan maksimal, sehingga udara dingin tidak masuk ke kabin.

Masalah pada motor extra fan ini bisa karena dua hal, yakni mati dan masih berjalan tetapi putarannya lemah. Jika motor extra fan kamu mati, maka mau tak mau kamu harus menggantinya dengan yang baru.

4. Kotoran di kondensor

Karena letaknya di bagian depan yang dekat dengan radiator, maka tak pelak lagi ini menjadi masalah jika ada banyak kotoran menempel di bagian tersebut.

Nyatanya kondensor yang kotor secara langsung akan menyebabkan sistem kerja AC jadi tidak optimal. Jika di bagian kondensor tersebut ada banyak kotoran yang menempel maka proses kondensasi jadi tidak berjalan sempurna.

5. Evaporator kotor

Masalah utama dari evaporator adalah debu. Jika debu mengotori evaporator AC mobil, maka sumbatan tersebut menyebabkan sirkulasi AC jadi tidak berjalan dengan baik karena ada yang menghalangi.

Jadi kalau kamu mengecek evaporator dan menemukan banyak debu yang menempel maka bersihlanlah. Pasalnya, debu yang terdapat pada evaporator adalah debut yang tidak dapat terfilter lantaran terlalu banyak kotoran/debu di bagian filternya.

Baca juga: Situs Online Jual Beli Mobil Bekas/Baru

6. Drive belt putus

Drive belt atau yang lebih dikenal fan belt jika mengalami masalah seperti terputus, maka tentunya akan menyebabkan AC mobil kamu tidak dingin. Pasalnya, fan belt ini berfungsi untuk menyalurkan putaran mesin ke putaran kompresor AC.

7. Kerusakan pada field coil/spul magnetic clutch

Spul magnetic clutch yang mengalami kondisi terputus, mati, atau terbakar akan menyebabkan armature asembly tak terhubung dengan puli kompresor AC. Akibatnya, kompresor AC tidak akan berputar ketika AC mobil dihidupkan.

Jika masalah-masalah tersebut sudah diatasi tetapi masalah AC tak kunjung selesai, maka bawalah ke bengkel resmi karena perlu ditangani oleh orang yang ahli. Untuk perawatan, setidaknya cek bagian AC 3-6 bulan sekali atau berbarengan dengan jadwal servis mobil.

Belum ada Komentar untuk "7 Penyebab kenapa AC Mobil Tidak Dingin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel