Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Awet Muda secara Alami dengan Mudah dan Murah

Awet muda dengan cara yang alami merupakan salah satu gaya hidup sehat yang kini banyak menjadi pilihan orang-orang. Tampil awet muda selain menjadikan diri kita sehat, juga membuat orang-orang merasakan perbedaan antara kemudaan dan usia yang tak muda lagi. Hal seperti ini adalah impian setiap orang, baik wanita maupun pria.

Tak mengherankan jika kita melihat orang yang usianya bisa dibilang berumur, tetapi wajahnya memperlihatkan kemudaan, tentunya ia menjalankan pola hidup sehat. Berbeda halnya pada orang yang berusia serupa, tetapi tidak menjalankan pola hidup sehat dengan cara mengonsumsi makanan apa saja, tidak pernah berolahraga, suka begadang, dan lain-lain yang dapat terlihat lebih tua dibanding usia yang sebenarnya.

Tips Awet Muda

Dalam artikel ini, Zhinkadiary.com akan menyuguhkan cara untuk tetap awet muda tanpa efek samping, tanpa biaya besar, dan mudah dilakukan untuk siapa saja. Yuk, dibaca artikel selengkapnya untuk informasi selengkapnya.

1. Jauhi sinar matahari untuk tampil awet muda

Gunakan selalu tabir surya setidaknya dengan tingkat 30 SPF dan spektrum yang luas atau mampu menghalangi sinar UVA dan UVB ke kulit. Perhatikan juga bahwa cuaca yang cerah atau berawan tetap ada sinar UV. Kamu dapat selalu menggunakan tabir surya setiap beberapa jam sekali agar kulit terlindung secara sempurna.

Kamu harus tahu bahwa sinar ultraviolet UVA dan UVB dapat merusak kulit kamu sekitar 90% dengan memperlihatkan tanda-tanda penuaan. Sinar UV juga dapat memecah elastin yang merupakan jaringan memberikan elastisitas kulit, menghasilkan kulit yang kusam dan kendur, dan menyebabkan kerutan kulit dan bintik-bintik penuaan yang tidak merata. Kerusakan memang tidak langsung terlihat, tetapi berlangsung selama bertahun-tahun. Dengan kata lain, tindakan pencegahan dini harus segera kamu lakukan.

Radiasi yang berbahaya pada sinar UV dapat kamu perhatikan dengan melihat sejumlah faktor berikut ini:
  • Sinar UV paling kuat saat tengah hari antara pukul 10.00 hingga 16.00
  • Sinar UV lebih kuat selama musim semi dan musim panas, tak terkecuali pada wilayah yang dekat Khatulistiwa
  • Paparan sinar UV akan turun ketika semakin menjauhi garis Khatulistiwa
  • Paparan sinar UV lebih kuat pada dataran yang lebih tinggi
  • Sinar UV dapat tetap menembus pada cuaca berawan
  • Sinar UV dapat memantul pada permukaan seperti air, pasir, salju, atau trotoar
Mungkin sebagian orang berpikir bahwa perlindungan kulit dari sinar matahari ketika berada di danau, pantai, atau kolam renang saja. Tidak. Pasalnya, paparan sinar matahari bertambah dari hari ke hari dan akan terus terjadi setiap kali kamu berada di bawah sinar matahari.

Meskipun sinar matahari adalah sumber utama sinar UV, kamu tidak harus menghindari sepenuhnya. Adalah tidak bijaksana jika kamu tetap berada pada ruangan dan tidak aktif, karena aktivitas fisik tetap penting untuk menjaga kesehatan. Yang perlu dihindari adalah terlalu banyak mendapatkan paparan sinar matahari.

2. Perbanyak makan buah dan sayur-mayur agar awet muda

Masalah makanan yang kita konsumsi adalah faktor penting keberhasilan untuk hidup sehat dan tetap awet muda. Makanan yang penting untuk menjaga kesehatan adalah buah-buahan dan sayur-mayur yang dilengkapi dengan protein tanpa lemak dan biji-bijian.

Makanan seperti itu dapat memberikan nutrisi penting yang mendukung kesehatan luar dan dalam. Buah dan sayur-mayur juga dapat meningkatkan asupan fitonutrien penting yang membantu mempertahankan diri dari kerusakan akibat radikal bebas.

Beberapa jenis buah dan sayuran ini bisa menjadi makanan yang membuatmu sehat dan awet muda:
  1. Stroberi. Tidak hanya bluberi yang wajib dikonsumsi, buah sejawat berwarna merah lain, stroberi, terbukti memperlambat penuaan lantaran kandungan polifenolnya. Penelitiaan dari Food Chemistry, menemukan bahwa konsumsi stroberi berguna untuk menjaga fungsi mitokondria yang merupakan kunci agar tetap awet muda.
  2. Ubi ungu. Ubi berwarna ungu ini mungkin tidak sepopuler ubi merah atau putih, tetapi ternyata memiliki manfaat besar. Ubi ini mengandung sewanya antosianin, yakni senyawa yang terbukti mengurangi  risiko penyakit kanker. Berdasarkan penelitian terbaru dari The Journal of Cancer Protection, diet menggunakan ubi ungu ini dapat menurunkan frekuensi diagnosis kanker.
  3. Kacang kenari. Kacang ini mempunyai reputasi yang baik sebagai makanan otak, tetapi manfaatnya tidak hanya untuk itu saja. Berdasarkan penelitian dari Nutrients, kacang kenari dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (buruk) sembari menjaga kadar kolesterol HDL yang lebih sehat. Kacang kenari juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.
  4. Kacang almond. Makanan yang kaya akan vitamin E dan lemak sehat akan membantu kamu bersinar dari dalam dan luar. Di sinilah peran kacang almond dalam membuatmu awet muda. Kadungan multivitamin almond seperti biotin, vitamin E, temaga, lemak tak jenuh tunggal, yang kesemunya akan membuat kulit lebih kenyal, bersih, dan bebas kerutan.
  5. Wortel. Wortel adalah jenis sayuran yang kaya akan karotenoid, yakni senyawa yang dapat memperlambat penuaan. Menurut penelitian Nutrients, peningkatan konsumsi makanan yang kaya akan karotenoid berkaitan dengan peningkatan produksi kolagen. Kolagen merupakan syarat penting bagi kulit agar selalu sehat dan bersinar.
  6. Jeruk. Jeruk kaya akan vitamin C yang dapat membantu kulit terlihat segar dan cerah. Buah ini juga mengandung senyawa karotenoid yang sama dengan wortel yang berperan penting dalam produksi kolagen.

3. Perbanyak minum air putih agar awet muda

Ingin tahu cara terlihat lebih muda secara alami? Kamu perlu meminum 7-8 gelas air putih per hari untuk menjaga kulit tetap kenyal dan mendukung kesehatan yang optimal.

Kekurangan air atau dehidrasi dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan keriput. Sedangkan hidrasi yang tepat dapat memastikan jaringan dan sel-sel kulit terisi kembali dan memungkinkan kulit tampak lebih muda dan sehat.

Sebagian besar atau sekitar 70% dari tubuh kita terbuat dari air. Maka tak mengherankan jika kita disarankan meminum air per hari sebanyak 7-8 gelas untuk memenuhi total kebutuhan cairan.

Air seperti diketahui sangat baik untuk kulit. Air dianggap sebagai pelembab sekaligus mengurangi garis-garis halus pada kulit. Selain itu, air juga dapat membantu seseorang untuk terlihat lebih muda dan ramping.

Baca juga: Tak Hanya Bikin Sehat, Jeruk Bali juga Bikin Cantik!

Sebaliknya, jika kita kekurangan air akan menyebabkan kelainan seperti eksim, psoriasis, kulit kering, kulit bengkak, keriput, dan bintik-bintik.

Kekurangan air tidak hanya membuat dehidrasi, tetapi jika berlangsung lama akan merusak kulit kamu. Kelebihan air lainnya dapat menghilangkan racun dan sebagian besar limbah dari tubuh manusia. Air juga dapat membantu meringankan sakit kepala. Nah, meski penyebab sakit kepala bisa karena hal lain, tetapi dehidrasi adalah salah satu alasan yang paling umum. Itu sebabnya, minum air adalah cara terbaik dan efektif agar kita tetap sehat.

Karena manfaat luar biasa dari air, maka lupakanlah krim atau perawatan mahal, karena air merupakan cara terbaik untuk menjaga kulit agar terlihat muda dan bersinar sepanjang tahun. Apabila kamu terus-menerus menggunakan lotion tanpa hasil, maka minumlah lebih banyak air setiap hari.

Ke mana pun kamu pergi, maka bawalah sebotol air mineral dan jangan menunggu tubuh kita mengalami dehidrasi. Jadikanlah air putih sebagai minuman yang paling penting dalam kehidupan kita.

4. Meningkatkan aktivitas fisik/olahraga agar awet muda

Setiap hari atau setidaknya seminggu tidak kali pastikan bahwa kamu melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Menurut penelitian baru-baru ini, olahraga yang menekankan pada intensitas fisik ternyata dapat memperlambat penuaan. Olahraga juga dapat meningkatkan aliran darah, memindahkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh, termasuk kulit, untuk memperlihatkan dan menjaga penampilan kamu yang lebih muda.

Manfaat olahraga juga dapat mempertahankan massa dan kekuatan otot serta mempertahankan volume otak di area yang mempengaruhi kontrol dan koordinasi motorik, meningkatkan memori dan fungsi otak seiring bertambahkan usia, dan dapat menambah 5 tahun masa hidup kamu.

Berdasarkan penelitian dari Human Performance Laboratory di Ball State University di Muncie, kondisi fisik orang berusia 70-an yang tetap berolahraga secara teratur selama beberapa dekade memiliki kesehatan tubuh yang lebih baik. Bahkan mereka yang berusia 75 tahun mempunyai kesehatan jantung yang serupa dengan mereka yang berusia 40-45 tahun.

5. Batasi konsumsi alkohol dan kafein agar awet muda

Konsumsi alkohol dan kafein secara berlebihan akan berdampak negatif pada kesehatan dan penampilan fisik kamu. Kedua zat tersebut dapat mengeringkan dan menguras nutrisi penting di tubuh kamu.

Alkohol dapat menyebabkan pembuluh darah di wajah membesar dan efek ini akan berlangsung secara permanen jika mengonsumsi dalam jangka waktu lama. Apabila ingin terlihat lebih muda, lebih baik hindari mengonsumsi alkohol atau kafein secara berlebihan.

Itulah beberapa hal yang kamu harus perhatikan jika ingin selalu tampil muda dan tentunya hidup lebih sehat sepanjang tahun dan usia. Semoga membantu! Jika artikel ini bermanfaat silakan share.

Posting Komentar untuk "Tips Awet Muda secara Alami dengan Mudah dan Murah"

Berlangganan via Email