Cara Gampang Memberikan akses Google Drive kepada Orang Lain

Iklan 728x90

Cara Gampang Memberikan akses Google Drive kepada Orang Lain

Google Drive adalah tempat penyimpanan file berbasis cloud yang dapat digunakan secara gratis. Setiap pengguna akun Gmail terhubung langsung dengan Google Drive. Batas penyimpanan file di Google Drive hanya 15 GB, kecuali kamu meng-upgrade dengan berbayar sehingga ruang penyimpanan bisa lebih dari itu.

Semua data-data penting bisa kamu simpan dalam Google Drive semudah memindahkan secara drag dan drop. Keuntungan penyimpanan berbasis cloud ini dapat memungkinkan kamu mengakses file di mana pun dan kapan pun. Asalkan ada internet dan bisa login Gmail, maka kamu dapat membuka Google Drive.

Google Drive

Pada era teknologi seperti sekarang, sepertinya setiap orang “wajib” memiliki penyimpanan data secara online. Masalahnya, jika sewaktu-waktu kita membutuhkan data berbentuk PDF, image, atau video, maka kita hanya perlu mengunduhnya. Selain mengunduh data secara langsung, kamu pun dapat memberikan akses Google Drive kepada orang lain agar bisa membuka data yang dibutuhkan.

Dalam dunia pekerjaan, penggunaan Goolge Drive akan sangat membantu. Apalagi bidang pekerjaan seperti desainer grafis atau seorang penulis, misalnya, hampir setiap waktu harus menyetorkan hasil pekerjaan kepada atasan atau klien. Maka, adanya Google Drive, kamu dapat mengirimkan hasil pekerjaan dengan cepat kilat.

Baca juga: Cara Membaca, Mengirim, dan Membalas Gmail yang Benar

Apalagi jika data yang akan kamu kirim lebih dari 25 megabyte, maka kamu harus menggunakan Google Drive lantaran keterbatasan pengiriman data melalui e-mail. Kalau kamu belum pernah menggunakan layanan Google Drive, Zhinkadiary.com akan membagikan tips mudah untukmu. Yuk, disimak tutorialnya berikut ini.

Langkah-langkah menggunakan Google Drive

1. Login ke akun Gmail. Jika belum membuatnya, kamu bisa membaca artikel "Cara Mudah Membuat Akun Gmail di Komputer"

Google Drive

2. Setelah masuk ke Gmail, klik tombol menu kanan atas dekat foto profil Gmail hingga muncul berbagai layanan aplikasi Google. Lalu pilih dan klik Google Drive

Google Drive

3. Selanjutnya buka File Explorer dan drag file ke "My Drive". Tunggu hingga file selesai ter-upload

4. Klik kanan pada file yang sudah ter-upload di Google Drive, lalu klik "Share"

Google Drive

5. Di tabel "Share with others", tuliskan nama e-mail di kolom "People", tuliskan catatan di "Add a note" (opsional), dan klik "Send"

6. Kamu juga dapat membagikan link file kepada orang lain tanpa harus memasukkan nama e-mail-nya. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengklik "Copy link" atau "Get shareable link". Jika sudah di-copy, klik “Done”. Link tersebut langsung menuju file yang tersimpan di Google Drive

Google Drive

7. Selesai

Demikianlah tutorial singkat dalam menggunakan Google Drive untuk berbagi file kepada orang lain. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ya. Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Mengamankan Akun Gmail dari Hacker
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post