Cara Mengamankan Akun Gmail dari Hacker

Iklan 728x90

Cara Mengamankan Akun Gmail dari Hacker

Mengamankan akun Gmail dari peretasan merupakan kewajiban kita sebagai pemilik email. Pada saat ini, email merupakan bagian yang penting bagi setiap orang.

Dengan email, kita bisa melakukan pengiriman pesan ataupun mendapat pesan dari orang lain di mana pun dan kapan pun dengan sangat mudah. Sekali klik saja, pesan tersebut sudah sampai ke Inbox email kita dalam hitungan detik. Betapa semakin canggihnya teknologi sekarang ini hingga umat manusia tidak mempergunakan cara konvensional lagi dalam mengirimkan pesan.

Cara Mengamankan Akun Gmail dari Hacker

Selain kemudahan pengiriman, kita pun secara cuma-cuma bisa membuat akun, misalnya, Gmail tanpa dipungut biaya apa pun. Di dalam akun Gmail itu juga tidak hanya kemudahan dalam mengirimkan pesan, tetapi juga ada banyak fasilitas-fasilitas gratis lainnya yang diberikan oleh Google. Salah satu contohnya ialah Google Drive yang versi gratisannya memberikan ruang kosong 15 GB bagi setiap akun pengguna, sehingga semua pesan kita yang berbentuk PDF atau video yang kapasitasnya besar bisa langsung kita simpan di Google Drive.

Namun di balik semua kemudahan itu, kita harus senantiasa waspada terhadap peretasan akun Gmail. Yup, jangan sampai data-data penting kita berpindah tangan ke orang yang tidak bertanggung jawab.

Apalagi, misalnya, akun Gmail tersebut merupakan akses kamu untuk membuka Google Adsense. Ini bisa menjadi masalah besar bagi kamu!

Untuk itu, secepat mungkin kalau kamu punya akun Gmail, alangkah baiknya jika kamu amankan terlebih dahulu untuk menjauhkan hal yang tak kamu inginkan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengamankan akun Gmail kamu.

Langkah-langkahnya:


Cara Mengamankan Akun Gmail dari Hacker


1. Masuk ke akun Gmail
2. Klik foto profil akun Gmail atau gambar kubus kotak-kotak yang terletak di pojok kanan atas
3. Lalu klik Akun Google


Cara Mengamankan Akun Gmail dari Hacker

4. Setelah itu, kamu akan masuk di myaccount Gmail. Di bagian kiri ada beberapa pilihan tentang settingan akunmu. Tetapi untuk urusan keamanan akun, kamu klik saja pilihan Keamanan yang ada gambar gemboknya

Cara Mengamankan Akun Gmail dari Hacker

5. Di bagian Keamanan, kamu bisa scroll agak ke bawah. Kemudian kamu cari pilihan Login ke Google. Nah, Kamu bisa mengklik Verifikasi 2 Langkah yang berfungsi untuk mengamankan akun Gmail kamu dari serangan hacker
6. Setelah masuk ke halaman Verifikasi 2 Langkah, kamu klik saja tombol Mulai. Maka sebelumnya kamu akan dimintai password untuk masuk ke akun Gmail. Ini untuk menjaga agar tidak sembarang orang bisa masuk ke Gmail kamu.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Privacy Policy

7. Di halaman baru Verifikasi 2 Langkah, kamu tinggal memasukkan nomor ponsel. Tetapi sebelumnya kamu ganti terlebih dahulu jika terdapat gambar bendera Amerika dengan bendera Indonesia. Kamu tak perlu memasukkan seluruh nomor. Misalnya, dimulai dari 0812345678. Maka, kamu hanya perlu memasukkan dari angka 812345678.8.
8. Selanjutnya, jika ada pilihan Bagaimana Anda ingin mendapatkan kode?, Maka kamu tinggal memilih saja, mau dengan pesan SMS atau lewat panggilan telepon. Kemudian, yang harus kamu lakukan ialah klik tombol "Selanjutnya" yang terletak di bagian paling bawah.
9. Tunggulah beberapa saat, nanti smartphone kamu akan bergetar menerima pesan berupa kode angka yang harus kamu masukkan untuk memverifikasi nomor ponsel kamu. Jika sudah, klik lagi tombol Selanjutnya

Cara Mengamankan Akun Gmail dari Hacker

10. Jika kode yang kamu masukkan benar, maka kamu tinggal mengklik tombol Aktifkan, maka mulai sekarang akun Gmail kamu jauh lebih aman daripada sebelumnya. Alhasil, hacker tidak akan mudah membobol akun Gmail kamu. Selamat mencoba!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post