Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Recent Posts yang Sederhana

Keberadaan widget recent post di blog berpengaruh pada keindahan dan kenyamanan pembaca. Ada banyak sekali pilihan recent post yang bisa kamu pakai untuk blog. Masing-masing bentuk widget bergantung pada selera kamu. Namun jangan sampai mengorbankan kecepatan blog hanya untuk mendapatkan widget yang indah.

Cara membuat recent post

Percuma saja memiliki widget yang bagus tetapi pengunjung blog Anda langsung kabur karena blog Anda menjadi lemot. Jadi, sebelum menggunakan widget recent post, pertimbangkanlah dahulu, apakah widget tersebut cocok dengan tata letak blog Anda? Apakah widget tersebut membuat pengunjung jadi tak nyaman?

Bagi saya sendiri pun lebih baik menggunakan widget recent post yang sederhana. Pasalnya, di samping tampilannya tidak berlebihan, juga tak mempengaruhi kecepatan blog secara signifikan. Kalau kamu ingin memasang widget recent post yang sederhana, maka kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Baca juga: Cara Memasang Tool SEO Keywords Everywhere

Cara Membuat Recent Posts yang Sederhana

  • Login terlebih dahulu ke blogger
  • Arahkan kursor ke bagian Layout
  • Pilih Add a Gadget
  • Lalu pilih Javascript
  • Masukkan kode di bawah ini ke kotak HTML/Javascript

<ul id="recent-posts"></ul>
<script>
//<![CDATA[
var homePage = "Tulis Link Blog Kamu di Sini",
numPosts = 10;
function recentPosts(a){if(document.getElementById("recent-posts")){var e=a.feed.entry,title,link,content="",ct=document.getElementById("recent-posts");for(var i=0;i<numPosts;i++){for(var j=0;j<numPosts;j++){if(e[i].link[j].rel=="alternate"){link=e[i].link[j].href;break}}var title=e[i].title.$t;content+='<li class="recent-posts"><strong><a href="'+link+'" title="'+title+'" target="_blank">'+title+'</a></strong></li>'}ct.innerHTML=content}}var rcp=document.createElement('script');rcp.src=homePage+'/feeds/posts/summary?alt=json-in-script&orderby=published&max-results='+numPosts+'&callback=recentPosts';document.getElementsByTagName('head')[0].appendChild(rcp);
//]]>
</script>

Keterangan:
  • Tulisan bold warna merah "Tulis Link Blog Kamu di Sini" kamu ganti dengan URL blog kamu
  • Tulisan numPosts=10 adalah berapa banyak judul artikel yang akan kamu munculkan di recent posts. Kamu tinggal mengganti angka 10 sesuai dengan selera kamu
  • Tulisan target="_blank" sebaiknya kamu hapus saja karena ketika diklik, halaman akan terlempar di tab baru lagi

Kesimpulan

Sebenarnya, cukup mudah membuat tambahan widget recent post di blog kamu. Hal paling penting yang harus kamu pertimbangkan dalam penambahan widget recent post ialah sejauh manakah widget tersebut tidak menghilangkan unsur user friendly dan kecepatan loading blog. Kalau dua hal tersebut tidak mendapatkan tempat di blog kamu, lebih baik pikirkan lagi tentang penggunaan widget tersebut.

Baca  juga: Tips Optimasi SEO Blog Terbaru

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Recent Posts yang Sederhana"