Cara Menjadi Pakar Digital Marketing secara Otodidak

Iklan 728x90

Cara Menjadi Pakar Digital Marketing secara Otodidak

Cara Menjadi Pakar Digital Marketing secara Otodidak



Mau jadi pakar digital marketing secara otodidak, tanpa ikut kursus, atau sekolah formal? Artikel ini akan menjawab hal tersebut.


Digital marketing, menurut Neil Patel, adalah semua bentuk produk atau layanan pemasaran yang melibatkan perangkat elektronik. Patel menjelaskan bahwa pemasaran digital sudah ada beberapa dekade lalu dan tidak terkait dengan content marketing, iklan Google, atau media sosial. Ia juga menambahkan, strategi pemasaran digital bisa dilakukan baik secara online maupun offline.

Pada masa sekarang, ketika teknologi berkembang pesat, terminologi digital marketing memang semakin menanjak ke atas. Dengan begitu, istilah ini berkaitan erat dengan pemasaran yang berbasis internet atau perangkat elektronik modern. Bisnis demikian juga dicirikan bergerak pada ranah digital yang memanfaatkan mesin pencari (search engine), media sosial (Facebook, Instagram, Youtube, dan sebagainya), e-mail marketing, dan website yang terhubung dengan pelanggan ataupun calon pelanggan.

Seorang digital marketer tentu harus memahami dengan baik fenomena penggunaan internet saat ini. Salah satu contoh paling jelas ialah banyak konsumen yang menghabiskan waktu dengan internet dan mengurangi penggunaan saluran lain. Karena itu, pengiklan juga wajib mengikuti tren semacam ini. Pendek kata, iklan sendiri harus berada pada “posisi” di mana mata pengguna mengakses internet.

Paling ideal, pemasaran digital setidaknya dilakukan secara mandiri dan tidak memberikan tugas demikian ke agen pemasaran digital karena sejumlah alasan praktis. Itu sebabnya mengapa sekarang ini pakar-pakar pemasaran digital di mana pun selalu dibutuhkan karena meningkatnya jumlah permintaan. Kiranya ke depan profesi digital marketing tampaknya menjadi profesi yang menjanjikan.

Kalau Anda berlatar belakang sebagai seorang marketing dan ingin menjadi ahli dalam digital marketing, maka pada titik ini Anda mungkin masih bingung dan bertanya soal bagaimana cara terbaik belajar digital marketing. Nah, sebenarnya ada banyak kursus digital marketing yang berbentuk workshop, webinar, atau program-program serupa lainnya.

Bahkan ada pula program MBA yang menjurus ke spesialisasi digital marketing, seperti NYU Stern MBA Digital Marketing. Selain itu, ada juga ujian sertifikasi seperti dalam program HubSpot Inbound dan Google Adwords. Apakah Anda tertarik untuk mengikuti salah satu kursus tersebut?

Akan tetapi, apakah dengan mengikuti kursus-kursus dan memiliki sertifikat dapat menjadi jaminan bahwa Anda merupakan seorang pakar digital marketing? Jawabannya adalah "tidak".
Baca juga: Manfaat Google Search Console untuk Bisnis Online
Keahlian dan kesuksesan Anda bergantung pada diri Anda sendiri. Untuk Anda yang ingin mencoba belajar secara mandiri, mungkin artikel ini dapat sedikit membantu Anda dalam memahami dasar-dasar dan konsep yang terdapat dalam dunia digital marketing.

Tips terbaik menjadi seorang pakar digital marketing adalah berlatih dari hal yang kecil mulai detik ini!

Cara mudah untuk memulainya, Anda bisa membuat sebuah proyek berskala kecil. Anda hanya butuh komputer atau laptop dan koneksi internet—juga tambahan biaya untuk menggunakan hosting. Jika sudah siap, Anda bisa melakukan pemasaran digital dengan proyek pribadi Anda. Inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Proyek digital marketing berskala kecil

  • Anda bisa memilih topik yang Anda sukai dan mulailah menggarap niche tersebut. Anda bisa menggunakan blog gratisan dengan domain agar terlihat lebih profesional atau dengan mengeluarkan biaya tambahan dengan hosting
  • Pelajari sedikit mengenai SEO dan tulislah artikel yang SEO friendly agar bidikan keyword Anda tepat sasaran di mesin pencari
  • Tambahkan kode pelacakan Google Analytic dan lihatlah apakah terdapat lalu lintas di blog Anda. Jelajahilah Google Analytic lebih jauh
  • Buat akun Adwords dan lakukan riset kata kunci untuk melihat kata kunci (keyword) yang paling sering dicari di Google serta menemukan informasi penting yang terkait niche blog Anda
  • Tulislah lebih banyak artikel dan publikasikan melalui blog Anda
  • Sematkanlah formulir pendaftaran e-mail di blog dan kumpulkan pelanggan. Pelanggan ini akan mendapatkan kiriman e-mail setiap kali Anda publikasikan artikel di blog
  • Promosikan blog menggunakan Adwords. Sebagian besar akun Adwords baru akan mendapatkan kredit gratis sebesar $ 100 untuk promosi. Kalau Anda tak mendapatkannya bisa menghubungi tim Adwords
  • Daftarkan blog ke Google Adsense dan masukkan kode iklan di blog Anda
  • Ingat juga bahwa blog Anda harus ramah terhadap pengguna seluler dan iklan. Jangan sampai blog Anda kurang mobile friendly

Komponen yang terdapat dalam digital marketing

Jika Anda mengikuti semua langkah di atas, secara tidak langsung Anda telah mendapatkan sedikit pengalaman dalam bidang-bidang yang terdapat dalam dunia digital marketing seperti berikut ini:

  • Web analytic and reporting
  • Content marketing
  • Search engine optimization (SEO)
  • E-mail marketing
  • Paid search (PPC)
  • Social media marketing
  • Digital display marketing (Ad Ops)
  • Mobile marketing

Bidang-bidang di atas merupakan unsur-unsur yang terdapat dalam pemasaran digital. Kalau misalnya blog Anda yang awalnya belum memiliki pengunjung dan menerapkan langkah-langkah di atas terlihat hasilnya, maka Anda sudah melakukannya dengan benar.

Jika Anda semakin tertarik dengan dunia digital marketing dan ingin menjadi seorang pakar, Anda bisa mencoba ke langkah yang profesional, seperti mengikuti kursus-kursus baik formal maupun informal. Semoga artikel ini membantu Anda dan selamat mencoba!
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post