Cuan Besar dari Peluang Usaha Susu Murni Varian Rasa

Zhinkadiary.com – Susu murni varian rasa menjadi salah satu ceruk kategori bisnis minuman. Betapa tidak, susu termasuk jenis minuman kesehatan yang penting bagi tubuh. Selain berkhasiat bagi kesehatan, susu murni juga memiliki nilai jual.

Bisnis susu murni sebelumnya bisa dikatakan monoton karena susu hanya dijual begitu saja. Dalam arti kata, tidak ada modifikasi dari susu tersebut. Namun semenjak susu murni dimodifikasi dengan varian rasa, animo masyarakat terhadap susu murni jadi lebih meningkat.

Bisnis minuman memang beragam saat ini. Para pebisnis banyak yang melakukan inovasi agar produk minumannya tidak itu-itu saja. Begitu pun pada produk susu murni dengan varian rasa. Saat ini, bisnis susu murni varian rasa bertumbuhan di mana-mana.

Karena bisnis susu murni ini masih berpeluang besar untuk siapa pun, maka Anda setidaknya perlu memperhatikan beberapa poin penting berikut ini. Zhinkadiary.com sudah merangkumnya untuk Anda.

Sumber: teguhsugi/Pexels

Varian susu dan strategi bisnisnya

Susu murni dengan varian rasa biasanya dijual di gerai-gerai yang letaknya di wilayah yang ramai. Bisa di pinggir jalan atau di dekat pusat-pusat keramaian. Varian susu murni bisa menggunakan campuran telur, kopi, madu, jahe, hingga berbagai aroma buah-buahan.

Sebelum memulai usaha susu murni ini, Anda perlu mencari pemasok yang secara rutin menyuplai susu murni. Jika Anda memulai usaha tanpa ikatan kemitraan atau franchise, maka Anda perlu belajar membuat varian dari susu murni.

Perhatikan pula botol-botol atau packaging agar lebih menari bagi pelanggan. Jika Anda menjualnya di pinggir jalan, maka jangan lupa pasang spanduk atau banner agar orang-orang yang lewat bisa mengetahui produk susu Anda.

Baca juga: Peluang Bisnis Minuman Sehat Kekinian yang Menggiurkan

Strategi penting usaha susu murni adalah Anda dapat memastikan bahwa susu yang Anda tawarkan kepada penjual selalu dalam keadaan yang segar. Pasalnya, pangsa pasar susu murni itu sangatlah luas. Dari mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Kemudian cara lain agar pelanggan tidak bosan dengan produk Anda adalah dengan memberikan menu-menu alternatif olahan susu.

Tak kalah pentingnya adalah selalu menjaga kebersihan pada susu yang Anda jual karena tak jarang konsumen tidak akan membeli lagi karena penjual tak menjaga kebersihan.

Hambatan dan tips bisnisnya

Hambatan akan selalu menghadang bisnis Anda. Untuk bisnis susu adalah pasokan susu murni terkadang terhambat karena beberapa faktor, misalnya, sapi perah dalam keadaan tidak sehat atau memang hasil perahan susu tidak banyak.

Untuk tipsnya Anda perlu banyak melakukan inovasi. Pasalnya, penjual susu murni varian rasa sudah banyak yang menjamur dan banyak yang lebih dulu berjualan. Anda dapat memberikan sesuatu yang berbeda, misalnya, memberikan jasa antar untuk wilayah pelanggan yang masih bisa dijangkau. Atau Anda juga bisa membagikan brosur dari pintu ke pintu.

Baca juga: Tips Jitu Mengawali Bisnis Minuman Kemasan

Kisah sukses Eco Moo Susu

Sebagai gambaran, kami akan mengisahkan sedikit cerita dari pengusaha susu sapi varian rasa yang sudah sukses. Pengusaha itu bernama Sukidi yang berasal dari Jakarta Timur.

Hingga tahun 2018, ia sudah membuat gerai cabang hingga 63 unit. Jumlah gerai tersebut ternyata naik 100% sejak tahun 2015. Gerai ini ia bangun beradarkan sistem kerja sama kemitraan.

Ia membuka tawaran paket investasi dengan harga tidak terlalu mahal, yaitu 13 juta rupiah.

Dari waktu ke waktu, ia selalu menciptakan varian rasa. Hingga saat inim varian rasa yang sudah ia ciptakan sebanyak 30 varian susu.

Untuk harga susu sapi di pasaran, ia jual dengan harga 8.000-10.000 rupiah per gelas. Ia menceritakan bahwa ada salah satu mitra bisa mendapatkan omzet hingga 30-45 juta per bulan.

Bahkan gerai-gerai susu yang ada di Jakarta dalam satu hari bisa mendapatkan omzet 1-1,5 juta rupiah.

Sukidi menyebutkan bahwa bisnis minuman susu murni varian rasa ini naik-turun. Jadi tidak selalu di atas atau fluktuatif. Hal itu bisa bergantung pada lokasi gerai di daerah yang strategis atau tidak.

Demikian informasi singkat mengenai usaha susu murni varian rasa. Semoga membantu!

Leave a Comment