10 Usaha Makanan Ringan dengan Harga Serba 500 Rupiah

Zhinkadiary.com – Usaha makanan itu sangat beragam dalam soal harga. Ada makanan yang harganya mahal dan ada pula yang murah meriah. Harga juga menentukan rasa makanan. Tapi kadangkala harga makanan murah juga memiliki rasa yang premium. Apakah Anda pernah berpikir untuk mencoba usaha makanan dengan harga 500 rupiah? Barangkali jenis makanan ringan serba 500 dapat Anda coba untuk usaha karena modalnya tidak sebesar makanan seharga belasan hingga puluhan ribu rupiah.

Usaha makanan ringan termasuk dalam industri skala kecil. Industri bertaraf kecil ini bisa kita temukan di mana-mana. Dari yang dijual di pinggir jalan hingga di marketplace. Industri kuliner makanan ringan mencakup snack atau camilan seperti keripik, kerupuk, mie, makaroni. Pengolahan makanan ringan di Indonesia biasanya produknya banyak yang diproses dengan cara digoreng. Contoh makanan yang digoreng tersebut digemari tidak hanya orang dewasa, tetapi juga anak kecil, seperti lidi-lidian atau keripik.

Meskipun dibilang skala industri kecil, bisnis makanan ringan ini memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Anda bisa mendaftar berbagai jenis merek makanan ringan sampai yang tidak memiliki merek tetap memiliki pelanggan setia. Yang paling penting dalam industri makanan ringan adalah Anda tahu kebutuhan pasar seperti apa. Produk makanan ringan keripik untuk orang dewasa berbeda dengan yang dikonsumsi anak kecil, misalnya, orang dewasa cenderung suka rasa pedas, sedangkan anak-anak menyukai keripik yang rasanya gurih dan manis.

Sumber: piviso/Pixabay

Daftar jenis makanan ringan serba 500 rupiah untuk jualan

1. Mie lidi

Siapa sih yang tidak suka makanan ringan yang satu ini: mie lidi. Yup, mie lidi ini umumnya digemari semua kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa. Sensasi mie lidi ini memang berbeda dari jenis makanan ringan lainnya karena bentuknya seperti lidi yang jika dikunyah kriuk-kriuk.

Pilihan rasa mie lidi juga beragam. Ada rasa keju, bbq, pizza, jagung bakar, jagung manis, sapi panggang, ayam bakar, pedas manis, hingga sambal balado. Untuk orang dewasa dan anak kecil memiliki pilihan rasa berbeda. Anda hanya perlu menjual mie lidi dengan berbagai jenis citarasa.

2. Pisang molen mini

Pisang molen adalah jajanan yang terbuat dari bahan dasar pisang dan dibalut dari kulit terbuat dari tepung terigu. Anda bisa berkreasi dengan membuat pisang molen mini agar harganya jauh lebih murah dan bisa memproduksi banyak pisang molen.

Pisang molen ini bisa sebesar jempol orang dewasa sehingga dikunyah dalam satu caplokan saja. Meski demikian, rasa pisang yang manis dan kriuk kulit terigu akan membuat konsumen menyukainya.

3. Keripik kaca

Keripik kaca ini unik karena juga dinamai keripik beling. Memang jika dilihat keripik ini lebih transparan dan tipis seperti kaca. Biasanya keripik kaca ini memiliki rasa cenderung pedas atau rasa gurih dan asin. Tapi orang-orang lebih suka rasa yang pedas.

Bahan dasar keripik kaca adalah tepung tapioka. Cara membuatnya juga sederhana serta modal keripik kaca lebih murah dibanding keripik singkong.

Baca juga: Usaha Makanan paling Laris dan Enggak Ada Matinya sampai Saat Ini

4. Kacang tolo goreng

Kacang tolo merupakan jenis kacang-kacangan yang digunakan sebagai campuran untuk sayur krecek. Kacang tolo ini juga menjadi camilan ringan dengan cara digoreng. Tingkat lemaknya rendah dan berprotein nabagi sehingga camilan ini bisa dibilang menyehatkan.

Pilihan rasa kacang tolong goreng juga beragam. Ada rasa manis pedas, rasa pedas, dan gurih. Tapi yang paling laku adalah kacang tolo pedas.

5. Keripik sukun

Keripik sukun termasuk camilan yang populer dengan rasa yang khas. Buah sukun ini bisa diolah dengan cara dikukus atau digoreng. Tapi untuk menjadi makanan ringan yang awet dan tahan lama dapat diolah menjadi keripik sukun.

Keripik sukun memiliki rasa yang gurih dan renyah. Pasalnya, pada dasarnya rasa buah sukun sudah enak sehingga olahan buah ini pun rasanya lezat. Bahkan buah sukun disebut sebagai “buah roti” oleh Ratu Inggris yang pernah mencobanya.

6. Kacang kedelai goreng

Kacang kedelai tidak hanya menjadi bahan baku pembuatan tahu dan tempe. Kacang kedelai juga dapat menjadi camilan yang renyah dan gurih. Anda bisa memodifikasi kedelai goreng dengan pilihan rasa yang menarik agar tidak monoton.

Misalnya, rasa barbeque, pizza, keju, balado, sapi panggang, jagung bakar, dan sebagainya. Untuk pilihan rasa pedas, Anda bisa membuat levelnya, seperti tidak pedas, sedang, pedas, dan ekstra pedas.

Baca juga: Bisnis Kuliner yang Menguntungkan dengan Omzet Puluhan hingga Ratusan Juta

7. Makaroni goreng

Makaroni merupakan pilihan camilan yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Bentuk makaroni mirip dengan camilan usus goreng. Makaroni juga enak dinikmati dengan berbagai rasa, baik pedas, manis, atau asin.

Bumbu-bumbu taburlah yang memberikan citarasa pasa makaroni goreng. Anda dapat menjajakan makaroni dengan berbagai pilihan rasa agar mencakup semua kalangan.

8. Keripik pare crispy

Pare adalah tumbuhan menjalar denga buah-buah yang berbentuk lonjong. Pare terkenal dengan rasa yang pahit. Meski demikian, banyak pula masyarakat yang menggemari pare, baik sebagai lauk maupun sebagai camilan.

Pare dapat dibuat camilan berupa keripik pare crispy. Bermodalkan tumbuhan pare di halaman atau kebun akan membuat ongkos produksi keripik pare lebih murah. Agar tak dominan rasa pahitnya, Anda bisa memberikan bumbu pedas atau bumbu tabur rasa lainnya.

9. Onde-onde ketawa

Pernah mendengar camilan onde-onde ketawa? Nah, ini termasuk camilan yang unik dan enak untuk dijadikan teman bersantai. Berbahan baku tepung terigu, camilan ini renyah ketika dikunyah.

Sudah tentu harganya tidak mahal karena dari segi bentuknya imut dan Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Di warung Anda dapat menjual secara satuan camilan onde-onde ketawa ini.

10. Kuaci

Kuaci adalah camilan yang terbuat dari biji buah labu, matahari, atau biji semangka. Camilan biji-bijian ini juga digemari masyarakat Indonesia karena rasanya yang gurih dan manis yang khas.

Kesepuluh makanan ringan tersebut bisa menjadi inspirasi bisnis kuliner Anda. Tinggal pilih produk yang sesuai dengan pilihan Anda. Biasanya di warung harga camilan seharga 500 rupiah menggunakan plastik panjang yang diberi batas-batas sehingga bentuk seperi renteng kopi kemasan. Tujuannya untuk mengurangi ongkos packaging. Semgoa 10 jenis usaha makanan ringan serba 500 rupiah tersebut menginspirasi Anda!

Leave a Comment